Comscore Tracker

5 Tips Menemukan Ide Tulisan untuk Para Creative Writer Pemula

#ANGPOIN Ide itu sebenarnya berhamburan di mana-mana, kok

Creative Writer pemula sering kali banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan ide apa yang hendak mereka tuangkan ke dalam sebuah tulisan. Padahal, jika bisa cepat menemukan sebuah ide, seorang creative writer akan mampu menulis dengan lebih produktif.

Buat kamu yang sedang kebingungan menemukan ide tulisan, berikut ini lima tips untuk kamu.

1. Mulailah menulis dengan tema yang menarik perhatianmu

5 Tips Menemukan Ide Tulisan untuk Para Creative Writer Pemulaunsplash.com/Nick Morrison

Setiap orang pasti punya ketertarikan tersendiri. Ada yang lebih banyak menghabiskan waktu luangnya untuk menikmati acara ragam dan musik Korea. Beberapa mungkin lebih tertarik dengan dunia olahraga ataupun mode.

Nah, jadikan ketertarikanmu pada suatu hal sebagai tema tulisanmu. Biasanya, kita akan cenderung menguasai informasi dan seluk-beluk tentang hal yang memang rutin kita perhatikan. Walhasil, kita akan lebih lancar merangkai kata ketika menuangkannya ke dalam sebuah tulisan.

Jadi, misalnya kamu adalah anggota fandom girl group BLACKPINK yang sudah setia mengikuti mereka bahkan sejak predebut, tulis saja semua yang berkenaan dengan BLACKPINK. Kamu pasti bisa, deh!

2. Jadikan pengalamanmu sebagai ide karya tulismu

5 Tips Menemukan Ide Tulisan untuk Para Creative Writer Pemulaunsplash.com/Doug Robichaud

Karena sudah hidup selama belasan, bahkan puluhan tahun, tentu kamu punya banyak pengalaman hidup, entah pengalaman yang berkenaan dengan pertemanan, percintaan, keluarga, ataupun pekerjaan. Nah, jadikan saja ini sebagai ide karya tulismu.

Menuangkan pengalamanmu dalam bentuk tulisan bisa mempermudah kamu dalam memilih alur dan susunan kata. Hal ini tentu karena ide cerita yang kamu tuliskan bisa sangat kamu hayati sehingga kata per kata mengalir begitu saja.

Jadi, semisal semasa sekolah kamu punya pengalaman dikucilkan, kamu bisa berbagi tentang cara kamu untuk menghadapi situasi yang demikian. Selain menghasilkan karya, menuliskan pengalamanmu juga bisa jadi healing time buat kamu.

Baca Juga: Ingin Jadi Penulis Novel? Ini 5 Tips Apik Menulis Fiksi

3. Cari ide melalui hal-hal di sekitarmu

5 Tips Menemukan Ide Tulisan untuk Para Creative Writer Pemulaunsplash.com/Andrew Neel

Ketika kamu merasa benar-benar stuck untuk menemukan ide tulisan, coba kamu mulai perhatikan hal-hal di sekitarmu. Tidak perlu memikirkan hal yang terlalu rumit, coba saja perhatikan benda di sekitarmu.

Contohnya, pandangan pertamamu jatuh pada alat setrika yang tergeletak di kamarmu. Coba gali hal yang tidak kamu ketahui tentang alat setrika, seperti, “Siapa penemu setrika? Sejak kapan kita pakai setrika listrik? Siapa produsen pertama setrika listrik yang memasarkan produknya di Indonesia?”

Walhasil, kamu bisa mulai menemukan jawabannya dan menjadikannya karya tulis tentang fakta seputar alat setrika. Mudah, kan?

4. Adakah hal yang ingin kamu ketahui? Jadikan itu sebagai tema tulisanmu

5 Tips Menemukan Ide Tulisan untuk Para Creative Writer Pemulaunsplash.com/Timothy L Brock

Kamu terlalu doyan makan mi instan, kemudian kamu merasa khawatir dan mulai mempertanyakan apakah kebiasaan ini baik untuk kesehatanmu. Nah, kamu bisa jadikan rasa ingin tahumu ini sebagai tema tulisanmu.

Dengan melakukan kajian pustaka dan menuliskan jawaban tentang rasa ingin tahumu, kamu bisa menghasilkan karya sekaligus menemukan fakta tentang hal yang selama ini menjadi pertanyaanmu. Sambil menyelam minum air, deh.

5. Perbanyak pengetahuanmu

5 Tips Menemukan Ide Tulisan untuk Para Creative Writer Pemulaunsplash.com/David Iskander

Memperbanyak pengetahuan adalah hal paling penting bagi creative writer. Kamu perlu memperbanyak informasi baru. Kamu bisa mulai memperbaharui pengetahuanmu melalui hal yang kamu suka. Jika kamu suka membaca, perbanyaklah membaca buku.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi baru dari menonton televisi, film, YouTube, mendengarkan musik, ataupun mengobrol dengan teman. Kegiatan ini juga akan banyak memberikanmu inspirasi.

Jadi, ketika kamu sedang stuck dengan ide, tunggu apa lagi, ambil bukumu atau segera pergi keluar dan bercengkeramalah dengan teman-temanmu.

Nah, itu tadi lima tips menemukan ide tulisan untuk kamu yang baru memulai karier sebagai creative writer. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Penulis Baru di Wattpad? Ikuti 7 Langkah Ini agar Tulisanmu Populer!

Shinta Dwi Adinda Photo Community Writer Shinta Dwi Adinda

Cheer up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You