Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Terlihat Tidak Profesional

Dunia kerja itu bukan dunia untuk main-main #IDNTimesLife

Kebiasaan buruk di tempat kerja bukanlah hal yang langka. Kalian mungkin melihatnya setiap hari entah dari kolega atau diri sendiri. Jika kalian melihat diri sendiri dalam salah satu poin berikut, inilah saat yang tepat bagi kalian untuk memperbaikinya. Jika tidak, kalian mungkin tidak akan terlihat profesional di tempat kerja.

1. Membuat banyak lelucon

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Terlihat  Tidak Profesionalilustrasi pria lucu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin, setiap kantor memiliki beberapa orang yang selalu suka bercanda. Beberapa setidaknya membatasi diri hanya pada humor secara verbal sementara yang lain dapat bertindak lebih jauh dengan mempermainkan rekan kerjanya sendiri.

Humor memang sangat penting dalam hidup dan lelucon yang bagus bisa berguna untuk lingkungan kerja yang positif. Tetapi menjadi bahan bercandaan di kantor tentu bukan hal yang diinginkan oleh orang-orang.

2. Berpakaian tidak tepat

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Terlihat  Tidak Profesionalilustrasi wanita serius (pexels.com/cottonbro)

Perusahaan, bos, dan manajer yang modern mengizinkan etika berpakaian yang lebih kasual di zaman seperti sekarang ini. Namun, bukan berarti kalian harus mengenakan sesuatu yang terlihat seperti piyama saat bekerja.

Bukan rahasia lagi bahwa wanita yang berpakaian terlalu terbuka untuk bekerja, menimbulkan banyak keraguan dalam hal profesionalisme mereka. Cobalah untuk tidak terlihat eksentrik.

3. Terlambat

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Terlihat  Tidak Profesionalilustrasi pria terlambat (pexels.com/Ono Kosuki)

Terlambat untuk bertemu dengan teman itu baik-baik saja,  terlambat untuk bertemu dengan pacar juga bisa diterima. Namun, selalu terlambat datang bekerja itu tidak profesional dan tidak sopan.

Para pekerja yang selalu datang terlambat mungkin tidak begitu populer di kalangan manajer mereka karena jika kalian tidak dapat datang bekerja tepat waktu, bagaimana mereka bisa yakin bahwa kalia akan menyelesaikan tugas tepat waktu?

Baca Juga: 5 Tips Mengembangkan Karier sebagai Makeup Artist ala Bubah Alfian

4. Berusaha menyenangkan setiap orang

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Terlihat  Tidak Profesionalilustrasi wanita kantoran (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manajer kalian ingin ini, sedangkan bos kalian ingin itu. Kalau kalian profesional, kalian akan tahu apa yang paling terbaik dari situasi tersebut. Mencoba menyenangkan semua orang dan melakukan hal kurang tepat walau sesuai untuk orang-orang tersebut bukanlah pilihan terbaik untuk seorang yang profesional.

5. Mengeluh

5 Kebiasaan yang Membuat Kamu Terlihat  Tidak Profesionalilustrasi pria stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada satu orang di setiap kantor atau perusahaan yang selalu saja mengeluh. Selalu ada hal yang bisa membuat mereka mengeluh bahkan di saat sempurna sekalipun. Tentu kadang kalian butuh untuk mengeluhkan satu atau dua hal supaya bisa merasa lebih baik, tapi kalian harus tahu batasannya dan jangan sampai kelewatan.

Bekerja itu tidak mudah memang. Kadang lebih banyak duka daripada suka. Tapi, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk kalian bersikap tidak profesional, ya!

Baca Juga: 5 Tips Tetap Profesional dalam Bekerja Pasca Putus Cinta, Anti Baper!

YOOL Photo Verified Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya