Comscore Tracker

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!

Ngaku, siapa yang kalo WFH begini? 

Semenjak pandemi terjadi di seluruh penjuru dunia, manusia mau tidak mau dipaksa beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru, salah satunya adalah work from home, atau bekerja dari rumah. Cara bekerja satu ini tentunya berguna menekan penyebaran virus COVID-19.

Namun, meski banyak dampak positifnya, salah dalam menerapkan kebiasaan bekerja ini justru bisa merugikan seseorang lho. Berikut, ada setidaknya 9 toxic habits atau kebiasaan buruk yang pasti banyak kita lakukan selagi WFH. Merugikan, kamu harus perhatikan dan stop kebiasaan-kebiasaan buruk di bawah ini! 

1. Langsung menyalakan komputer setelah bangun tidur

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/Thought Catalog

Bangun tidur mungkin bagi kita adalah saat di mana pikiran dan tubuh sedang fresh, karena tubuh telah beristirahat semalaman. Bahkan, banyak juga orang yang merasa inspirasi lebih mengalir sesaat setelah bangun tidur. 

Namun, hal ini tidak lantas membenarkan kamu untuk langsung menghadap komputer setelah bangun. Kebiasaan satu ini sangat beracun untuk memulai hari, dan membuatmu malah tertekan. Selain itu, hal tersebut juga mengindikasikan bahwa kamu tidur dalam keadaan terbebani kerjaan nih.. 

2. Memulai hari tanpa rencana 

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/STIL

Karena bekerja dari rumah berarti tak ada yang mengawasi, kemungkinan besar seseorang jadi kerap memulai hari tanpa rencana, tanpa jadwal yang jelas.

Kebiasaan bekerja satu ini membuatmu melakukan apa pun secara acak, tanpa memperhitungkan pekerjaan yang perlu diprioritaskan. Alhasil, bisa-bisa kamu gak mampu on time mengerjakan proyek sesuai tenggat yang seharusnya. 

3. Standby 24 jam pada ponsel

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/Tirza van Dijk

Saat bekerja di kantor, kita selalu mengetahui hal-hal yang terjadi terkait pekerjaan. Namun tidak ketika berada di rumah. Cemas tentang update informasi kerjaan, membuat banyak dari kita menjadi tak bisa lepas dari ponsel. 

Karena sosial media atau email adalah satu-satunya penghubung, rasanya seperti kewajiban membawa ponsel dan terus-menerus refresh halaman. Kebiasaan ini pada akhirnya berpengaruh buruk secara mental. Meskipun terkait informasi penting, berilah dirimu waktu untuk mengendur dan bersantai, guys

4. Tidak memberi jeda istirahat

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/Tim Gouw

Sama seperti kantor yang selalu menjadwalkan istirahat, kamu juga harus menjatah waktu untuk berhenti sejenak bekerja. Jangan terus memforsir diri untuk menyelesaikan pekerjaan, karena merasa tidak enak bekerja di rumah. Entah di kantor atau rumah, mengistirahatkan pikiran adalah hal yang sangat penting. 

5. Bekerja di tempat tidur

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/Jornada Produtora

Ngaku siapa yang zona kerja ternyamannya adalah kasur! Mulai sekarang, lebih baik stop kebiasaan tersebut. Kebiasaan satu ini benar-benar gak baik untukmu, karena bukannya pekerjaan terselesaikan, kamu pasti justru tersugesti untuk bermalas-malasan. Selain itu, seharian tidak beranjak dari tempat tidur juga bisa berdampak pada kesehatan fisikmu. 

Baca Juga: Semangat! Ini Tips Agar Mahasiswa Tetap Produktif di Masa Pandemik

6. Melakukan pekerjaan secara multitasking

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/Andrew Neel

Melakukan dua hal atau lebih sekaligus membuat pekerjaan menjadi tidak efektif, tak peduli seberapa baik kamu dalam melakukan multitasking. Cara bekerja seperti ini hanya membuat seseorang kehilangan fokus pada tugas yang dihadapi. 

Lebih dari itu, multitasking mungkin tak kamu sadari telah menimbulkan stres. Ini karena kamu berusaha menangani semua hal lebih dari kapasitas kemampuanmu. 

7. Tidak menjaga kebersihan diri dan rumah

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/Nonbrand

Bekerja dari jarak jauh tentunya menawarkan seseorang fleksibilitas. Sayangnya, banyak juga orang yang akhirnya terbawa kemalasan, sampai-sampai tak memperhatikan kebersihan dirinya. 

Di tengah-tengah pekerjaan yang menumpuk, kamu mungkin lupa tak berbenah sebelum memulai aktivitas. Memakai piyama kusut, bekerja tanpa mandi, dan sebaginya, kebiasaan jorok satu ini perlu kamu hindari demi kesehatan diri ya! 

8. Lebih banyak ngemil daripada olahraga

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/The Creative Exchange

Gak diragukan lagi, camilan menjadi salah satu starter pack paling wajib saat kita bekerja menghadap komputer. Sayangnya, karena bekerja di rumah yang notabene gerak harian kita jadi berkurang, kebiasaan ngemil bisa memunculkan akibat buruk bagi tubuh.  Yup, terutama untuk yang jarang berolahraga!

Maka dari itu, karena ngemil gak bisa dihentikan dan dilarang, paling tidak imbangi dengan latihan-latihan ringan dan teratur setiap hari ya, guys!

9. Jadwal tidur tidak teratur

Merugikan, 9 Kebiasaan Toxic Bekerja dari Rumah Ini Harus Kamu Stop!Unsplash/Victoria Health

Last but not least, kebiasaan satu ini juga paling umum terjadi pada kamu-kamu yang WFH pasti. Mulai dari menunda-nunda pekerjaan, sampai sengaja memindahkan jam kerja di waktu yang gak seharusnya, begadang memang terbukti menyebabkan banyak masalah kesehatan serius. Untuk itu, jangan karena work from home menawarkan fleksibilitas, kamu lantas abai memperhatikan jadwal tidurmu sehari-hari. 

Nah, itu dia 9 kebiasaan toxic saat bekerja dari rumah yang harus dikontrol mulai sekarang. Meski #dirumahaja, tetap perhatikan dan jaga kesehatan diri ya! 

Baca Juga: Selain Laptop, 5 Gadget Penting untuk Menunjang Aktivitas WFH 

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya