Comscore Tracker

7 Cara Cool Sikapi Pertanyaan Wawancara yang Gak Kamu Tahu Jawabannya

Biar nilaimu nggak jatuh di mata interviewer! 

Wawancara kerja tentu menjadi salah satu momen yang cukup mendebarkan. Apalagi, jika posisi yang dilamar adalah pekerjaan impian alias dream job kita sejak lama. Di masa krusial seperti ini, tentu segala cara akan dilakukan seseorang untuk membuatnya direkrut oleh perusahaan tersebut. 

Lantas, bagaimana kalau kamu menghadapi pertanyaan yang jawabannya nggak kamu ketahui sama sekali? Alih-alih langsung bilang "Saya tidak tahu" begini 7 cara cerdas menjawab pertanyaan susah, tanpa bikin nilaimu jatuh di hadapan interviewer. 

1. Bersikaplah setenang mungkin

7 Cara Cool Sikapi Pertanyaan Wawancara yang Gak Kamu Tahu JawabannyaUnsplash.com/You X Ventures

Ketika tak bisa menjawab pertanyaan rumit, seseorang pasti menjadi semakin gugup. Ditambah dengan keheningan yang menyelimuti, situasi satu ini cukup bikin frustrasi pastinya. 

Dibanding menampakkan kegugupanmu, langkah pertama yang harus diambil adalah, tetap tenang. Saat kamu panik, tubuh akan merespon secara fisiologis mulai dari detak jantung meningkat, dan tekanan darah naik. Respon stres ini membuat kamu tak bisa berpikir jernih. Maka dari itu, ambil napas dalam-dalam, tetaplah tampil dan bersikap setenang mungkin!

2. Jangan tergesa mengatakan tidak tahu

7 Cara Cool Sikapi Pertanyaan Wawancara yang Gak Kamu Tahu JawabannyaUnsplash.com/Tim Gouw

Walaupun kenyataannya demikian, sangat pantang bagi pencari kerja menjawab pertanyaan dengan kata tidak tahu, apalagi tanpa perenungan yang matang. Ini menunjukkan bahwa seseorang tak ada usaha sama sekali untuk memecahkan masalah. 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence saat Wawancara Kerja 

3. Ajukanlah pertanyaan terkait persoalan yang dibuat pewawancara

7 Cara Cool Sikapi Pertanyaan Wawancara yang Gak Kamu Tahu JawabannyaUnsplash.com/Headway

Tidak bisa menjawab bukan langsung berarti memang tidak tahu jawabannya. Bisa jadi seseorang hanya tak memahami pertanyaan tersebut.

Maka, usaha selanjutnya yang bisa kamu lakukan, yakni ajukan pertanyaan, dan minta pewawancara menjelaskan lebih detail mengenai pertanyaan tersebut. Masuk lebih dalam, dan lihat apakah detail-detail tersebut bisa membantumu menemukan jawabannya! 

4. Kemudian, beritahu interviewer apa pun yang kamu ketahui

7 Cara Cool Sikapi Pertanyaan Wawancara yang Gak Kamu Tahu JawabannyaUnsplash.com/Linkedin Sales Navigator

Setelah mendengar detail yang ada, sesedikit apapun yang bisa kamu tangkap atau kamu pahami, tak ada salahnya untuk mengutarakan pendapatmu pada pewawancara. Ini bukanlah jawaban finalmu.

Justru, dari bekal jawaban yang hanya sedikit tersebut, kamu mungkin tanpa sadar diajak untuk mengupas satu per satu permasalahan tersebut hingga sampai pada inti jawaban yang dicari. 

5. Utarakan secara jujur proses yang kamu ambil dalam menghadapi pertanyaan sulit tersebut

7 Cara Cool Sikapi Pertanyaan Wawancara yang Gak Kamu Tahu JawabannyaUnsplash.com/Christina Wocintech

Terdengar aneh, namun ini jauh lebih baik di banding langsung menyimpulkan bahwa kamu tak bisa menjawab pertanyaan wawancara. Bahkan saat benar-benar clueless, sampaikan langkah yang kamu ambil sejak mendengar pertanyaan keluar dari mulut interviewer,  hingga saat kamu menjawab sekarang ini. 

Terkadang, para pewawancara menyadari bahwa proses jauh lebih dipenting dibandingkan hasil. Dengan mendengar jawaban darimu, interviewer setidaknya tahu kamu masih berusaha menangani persoalan tersebut. 

6. Ketahui waktu yang tepat untuk berterus terang

7 Cara Cool Sikapi Pertanyaan Wawancara yang Gak Kamu Tahu JawabannyaUnsplash.com/Jonathan Borba

Saat usahamu sudah maksimal, namun tidak juga memiliki jawaban yang menurutmu memuaskan, maka kamu boleh mulai berterus terang tentang keadaan yang kamu hadapi. Sampaikan dengan cara sopan, disertai permintaan maaf karena belum mampu memperoleh jawaban saat ini. Jika bisa, katakan kamu akan menindaklanjuti pertanyaan tersebut seusai wawancara. 

7. Terakhir, kirim surel tindak lanjut mengenai jawaban tersebut

7 Cara Cool Sikapi Pertanyaan Wawancara yang Gak Kamu Tahu JawabannyaUnsplash.com/Christina Wocintech

Ya, walau sesi wawancara sudah usai dan kamu sudah keluar dari ruangan, tak ada salahnya untuk tetap follow-up pertanyaan dengan mengirim jawaban atas hal yang tidak kamu ketahui tersebut. 

Ini bisa menjadi poin plus bagi kamu, karena terlihat memiliki usaha besar dalam menaklukkan tantangan. Katakan, setelah ada lebih banyak proses berpikir, kamu dapat menemukan solusi atas permasalah tersebut. Siapa tahu, kamu bakal diberi kesempatan kedua ya kan? 

Nah, itu dia 7 cara cool dan cerdas menangani pertanyaan yang benar-benar nggak kamu ketahui jawabannya. Biar kualitasmu nambah di mata interviewer, tetap lakukan usaha semaksimal mungkin ya! 

Baca Juga: 5 Jawaban Logis Saat Wawancara Kerja Ketika Ditanya Alasan Resign

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya