Comscore Tracker

Jangan Merasa Dosa, 6 Tanda Kamu Boleh Mundur dari Pekerjaan Impianmu

Kalau yakin ada yang lebih baik, kenapa nggak?

Impian adalah hal yang sering kali sulit untuk diraih. Karenanya, saat sudah berada di tempat yang selama ini diinginkan, seseorang cenderung tak mudah melepaskan, meskipun sejujurnya ia tak merasa nyaman berada di sana. Begitu pula dalam hal pekerjaan.

Apabila kamu saat ini tengah merasa ada yang salah dengan kehidupanmu, karena pekerjaan impian ternyata tak membuatmu merasa bahagia, gak ada salahnya kok untuk menyerah. Terlepas dari seberapa pun sulit usahamu dahulu mencapai titik tersebut, tidak berarti kamu dilarang melepas posisi yang sempat kamu pertaruhkan dengan jiwa dan raga.

Terutama jika menjumpai 6 tanda berikut, sepertinya gak ada alasan bagi kamu ragu mencari hal baru, dan mundur dari dream job  saat ini.

1. Kamu kehilangan cinta dan antusiasme

Jangan Merasa Dosa, 6 Tanda Kamu Boleh Mundur dari Pekerjaan ImpianmuUnsplash.com/Jonas Leupe

Sebuah impian tak harus hidup selamanya. Ketika mulai ragu apakah antusiasme pada pekerjaan yang dulunya kamu damba-dambakan masih ada atau tidak, bisa jadi itu adalah tanda kamu harus mencoba ke arah yang berbeda. 

Ketika jatuh cinta pada sebuah pekerjaan, banyak anggapan-anggapan bias yang kemungkinan diciptakan pikiranmu. Namun ketika sudah terjun dan merasakannya langsung, kamu menemui banyak hal berbeda dari yang kamu pikirkan. Hal bagus jika kamu bisa mengatasinya.

Namun, saat dream job yang kamu miliki ternyata membuatmu hampa dan kehilangan hasrat, mengubah haluan bukan sebuah kesalahan kok.

2. Visi hidupmu berubah

Jangan Merasa Dosa, 6 Tanda Kamu Boleh Mundur dari Pekerjaan ImpianmuUnsplash.com/Brooke Cagle

Manusia berubah seiring berjalannya waktu. Bertambahnya pengalaman serta wawasan bisa jadi turut mengubah pola pikirmu. Katakan saja sebelum ini kamu sangat mementingkan kehidupan yang stabil, sehingga bagimu tidak ada pekerjaan yang lebih selain menjadi pegawai. Namun saat ini, kamu sadar bahwa kamu lebih bahagia dengan pekerjaan yang membuatmu merasa bebas.

Jika demikian, tak ada yang bisa menyalahkanmu, termasuk dirimu sendiri jika melepas impian yang sudah kamu miliki. Pekerjaan, bagaimana pun baiknya tak membuatmu merasa terbebani. Jadi, jangan ragu mengambil sesuatu yang membuatmu lebih enjoy!

Baca Juga: 8 Cara Atasi Tekanan Kerja, Biar Gak Impulsif Pengen Resign Aja

3. Sahabat atau orang terdekat sadar akan perubahan suasana hatimu

Jangan Merasa Dosa, 6 Tanda Kamu Boleh Mundur dari Pekerjaan ImpianmuUnsplash.com/Adrian Swancar

Saat seseorang bilang bahwa akhir-akhir ini kamu selalu murung, baiknya kamu tak mengabaikan hal tersebut. Boleh jadi kamu selama ini berusaha menampik kenyataan, percaya kamu masih bisa bertahan, padahal nyatanya sudah tak nyaman dengan kehidupan pekerjaanmu.

Walau pekerjaanmu saat ini adalah tipe pekerjaan yang sulit diraih atau berhonor besar, sia-sia jika itu mempengaruhimu secara negatif. Sebaliknya, kesuksesan bisa benar-benar kamu rasakan jika kamu menikmati pekerjaanmu. So, dukung dirimu sendiri mencari dream job yang sebenarnya!

4. Kamu mencari tantangan baru dalam pekerjaan hanya karena ingin "sibuk"

Jangan Merasa Dosa, 6 Tanda Kamu Boleh Mundur dari Pekerjaan ImpianmuUnsplash.com/Luis Villasmil

Kamu tak mengambil sebuah tantangan karena terinspirasi atau terpacu adrenalinmu untuk menaklukkannya, melainkan hanya karena ingin menyibukkan diri. Halus dan tak nampak, pertanda ini sebenarnya justru menunjukkan bahwa kamu tak cocok dengan pekerjaan tersebut. 

Selalu mengajukan diri pada setiap proyek, akhirnya kamu terlalu sibuk dan tak menikmati seluruh proses yang terjadi. Padahal jika benar-benar mencintai pekerjaannya, seseorang pasti meresapi seluruh proses yang semakin memperkaya dan mempertajam sense-nya tentang pekerjaan tersebut. Jika bekerja hanya untuk target dan menyibukkan diri, pada akhirnya kamu tak akan mendapat apa-apa selain rasa lelah.

5. Kamu tidak nyaman membahas pekerjaanmu pada orang lain

Jangan Merasa Dosa, 6 Tanda Kamu Boleh Mundur dari Pekerjaan ImpianmuUnsplash.com/Callum Shaw

Seolah-olah membahas pekerjaan hanya mengingatkanmu tentang beban pekerjaan dan juga rasa lelah, kamu menjadi enggan membicarakannya ketika orang lain bertanya. Padahal saat kamu benar-benar berada dalam pekerjaan impian yang sebenarnya, sebuah pekerjaan yang fit untukmu, kamu akan merasa bersemangat untuk memamerkannya. Bukan malah menghindari topik tersebut.

6. Kamu punya perasaan bisa melakukan sesuatu lebih dari saat ini

Jangan Merasa Dosa, 6 Tanda Kamu Boleh Mundur dari Pekerjaan ImpianmuUnsplash.com/Kazi Mizan

Dengan kata lain, kamu ingin mencapai tempat yang jauh lebih baik dari saat ini, dan kamu tahu kamu memiliki kemampuan meraihnya. Jika jauh di dalam lubuk hati kamu merasa demikian, maka jangan ragu melepas dream job-mu saat ini.  Jangan sekali pun mengabaikan, saat kamu merasa kualitas di dalam dirimu bisa membawa kamu melampaui tempat saat ini.

Bekerja di sebuah perusahaan adalah impianmu. Namun saat yakin dirimu bisa memulai usaha sendiri dari nol, maka yakinlah mengambil langkah. Seperti kata orang, keluar dari zona nyaman jika kamu ingin mendapatkan hal hebat. Termasuk jika itu adalah pekerjaan impianmu dulu. 

Melepaskan hal yang amat kamu impikan bukan hal yang dosa. Mulai sekarang, kamu boleh mundur untuk mendapat sesuatu yang lebih baik dan lebih membuatmu bahagia!

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Akibat Kamu Resign Kerja Hanya Karena Bosan 

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya