Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shift

#ANGPOIN Kamu termasuk, gak?

Bekerja shift memang sangat berbeda dengan pekerjaan statis yang memiliki jam kerja pasti. Di sini, mau gak mau kebiasaan yang kamu miliki pasti akan berubah karena mengikuti jam kerja. Penuh tantangan dan fleksibel, semuanya harus kamu jalani sesuai jadwal yang didapat.

Buat kamu para pekerja dengan sistem shift, tujuh hal di bawah ini pasti kamu rasakan. Yuk, share di kolom komentar pengalamanmu yang paling menyenangkan!

1. Kalau pekerja yang lain menikmati akhir pekan di rumah, kamu bisa jadi di tempat kerja

Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shiftunsplash.com/Gregory Pappas

Paling susah memang kalau sudah waktunya pergi dengan teman-teman, terlebih jika mereka memilih akhir pekan sebagai waktu janjian. Kamu yang akhir minggu harus bekerja, jelas harus merelakan agenda yang biasa orang lakukan di hari tersebut. Jangan bersedih, kamu kuat!

2. Kehidupan sosial berubah, kamu jadi orang yang sudah biasa membatalkan janji temu dengan teman

Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shiftaminoapps.com

Pekerjaanmu yang fleksibel jelas memiliki pengaruh besar terhadap kehidupan sosialmu. Awalnya kamu janjian mau ketemu teman, tiba-tiba harus membatalkan karena ada panggilan kerja. Suka duka yang gak akan bisa kamu hindari kalau jadi pekerja shift, nih!

3. Serunya, kamu bisa mengatur masa rehat sendiri dengan tukar shift

Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shiftunsplash.com/Nathan Dumlao

Gak melulu sebal karena dapat jadwal dadakan, kamu juga bisa mengatur waktu rehatmu dengan minta tukar dengan rekan. Nah, enaknya kamu bisa menentukan akhir pekanmu sendiri. Dapat waktu jalan-jalan, pekerjaan juga aman, deh!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Wawancara Kerja dengan Baik, Perhatikan Ya!

4. Kerja di malam hari dan tidur di siang hari? Sudah biasa!

Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shiftdramabeans.com

Ketika orang lain tidur di malam hari dan bekerja di siang hari, kamu bisa jadi sebaliknya Hal itu yang membuat pekerjaanmu jadi menarik. Siklus ini memang kadang bikin badan jadi drop, tapi kamu yang sudah biasa pasti akan menjalankannya dengan enteng. Jadi, enak kerja malam atau siang, nih?

5. Shift malam dan masuk waktu tanggal merah memang bikin capek, tapi uangmu bakal lebih banyak

Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shiftunsplash.com/Taylor Davidson

Shift malam yang dihitung lembur akan mendatangkan banyak rezeki untukmu, begitu juga dengan masuk waktu tanggal merah. Meski kamu kadang harus merelakan waktu istirahat dan bersenang-senang, demi tabungan masa depan, hal ini oke-oke saja untuk dilakukan.

6. Tanpa kamu sadari, kamu memiliki skill manajemen waktu yang sangat baik

Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shiftkoreandramafashion.com

Kapan kamu main dengan teman, kumpul keluarga, kencan dengan pacar, bekerja, semuanya tanpa disadari sudah kamu tempatkan dalam porsinya masing-masing setiap minggu. Keseharian yang tidak menentu akan bikin kamu belajar mengatur waktu dengan efektif dan adil. Salut, deh, untukmu!

7. Antimembosankan, hidup para pekerja shift selalu dapat tantangan setiap harinya

Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shiftunsplash.com/Patric Thomas

Kamu akan menerima tantangan, misalnya saat rekanmu tiba-tiba sakit, kamu harus menggantikan. Bisa juga kamu akan telat sehingga jam kerjamu jadi lebih panjang dari seharusnya. Setiap hari, kamu dilatih untuk lebih fleksibel soal waktu. Antimembosankan, bekerja dengan shift yang dinamis justru membuat hidup jadi semakin menarik.

Pekerjaan dengan sistem shift memang kadang gak bisa ditebak, tapi ini melatihmu untuk bisa memiliki manajemen waktu lebih baik. Kamu juga gak bakalan bosan karena gak melulu kerja di pagi sampai sore hari. Selain suka duka di atas, masih ada lagi gak sih keseruan yang kamu rasakan? Share yuk!

Baca Juga: 6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahui

Stella Azasya Photo Community Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You