Comscore Tracker

5 Kunci Hubungan LDR Bebas Rasa Khawatir, Bikin Hubungan Makin Awet

Merawat hubungan jarak jauh memang butuh effort

Hubungan Long Distance Relationship (LDR) tentu bukan hubungan yang mudah. Kendala jarak kadang kala jadi alasan berakhirnya sebuah hubungan. Walau begitu, bukan berarti hubungan ini tidak bisa dijalani. Jarak bahkan bisa jadi salah satu alasan cinta semakin bertumbuh. 


Oleh karena itu, apa saja hal yang perlu diperjuangkan agar hubunganmu dan pasangan saat LDR bisa bertahan lama? Simak yang berikut ini.

1. Atur ekspektasi masing-masing

5 Kunci Hubungan LDR Bebas Rasa Khawatir, Bikin Hubungan Makin Awetilustrasi virtual talk (pexels.com/Mikhail Nilov)

Sering-seringlah berdiskusi dengan pasangan tentang hal yang disukai dan hal yang tidak disukai, hal yang diinginkan dan tidak diinginkan. Hal-hal mendasar ini bisa membantu meminimalisir konflik, lho.

Dengan mengatur ekspektasi bersama, maka gak perlu ada "kode-kode" yang tak sampai karena sudah saling paham. Yuk, jangan malas berkomunikasi!

2. Sempatkan waktu untuk quality time

5 Kunci Hubungan LDR Bebas Rasa Khawatir, Bikin Hubungan Makin Awetilustrasi video call (pexels.com/RODNAE Productions)

Di tengah digitalisasi yang semakin meningkat, jarak bukan lagi alasan untuk tidak bisa berjumpa. Bagi pejuang LDR, pertemuan adalah saat yang dinanti-nanti. Sekalipun belum dapat bertemu langsung, selalu sempatkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan di antaranya nonton film bersama secara virtual, dinner virtual, dan melakukan aktivitas-aktivitas lain bersama. Melakukan kegiatan bersama bisa mempererat hubungan kalian, lho. Sekalipun jauh tapi tetap hangat. 

3. Kenali bahasa kasih pasanganmu

5 Kunci Hubungan LDR Bebas Rasa Khawatir, Bikin Hubungan Makin Awetilustrasi bahasa kasih sentuhan (pexels.com/Josh Willink)

Ada lima macam bahasa kasih yaitu sentuhan fisik, menerima atau memberi hadiah, quality time, pujian, dan act of service. Tiap orang tentu memiliki setidaknya satu bahasa kasih.

Nah, cobalah untuk kenali bahasa kasih pasanganmu. Ini bertujuan supaya perasaan cinta bisa tersampaikan dengan tepat. Apalagi dengan kendala jarak, memahami bahasa kasih pasangan bisa membantu untuk meminimalisir konflik dan kesalahpahaman dalam menjalani hubungan. Kamu sudah tahu bahasa kasih pasanganmu belum?

4. Kalau ada masalah selesaikan saat itu juga

5 Kunci Hubungan LDR Bebas Rasa Khawatir, Bikin Hubungan Makin Awetilustrasi menyelesaikan masalah (pexels.com/cottonbro)

Masalah dalam hubungan adalah hal yang sering dan wajar terjadi. Justru adanya masalah akan mendewasakan satu sama lain. Kebanyakan masalah yang terjadi adalah hasil dari miskomunikasi. Dalam hubungan jarak jauh, ketika ada konflik hindari berkomunikasi lewat text karena akan memunculkan banyak persepsi.

Jangan tunda tunda menyelesaikan masalah karena masalah hanya bisa selesai ketika dibicarakan. Sebaliknya membiarkan masalah menumpuk akan menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja.

5. Jangan cuma 'say hi', sesekali sempatkan deep talk

5 Kunci Hubungan LDR Bebas Rasa Khawatir, Bikin Hubungan Makin Awetilustrasi video call (pexels.com/RODNAE Productions)

Sekalipun selalu punya jadwal untuk video call tiap hari, belum tentu bisa mengenal pasangan hingga kedalam. Seringlah melakukan deep talk, berbicara dari hati ke hati, membicarakan impian dan harapan, kesulitan dan tantangan yang dialami, tantangan dalam hidup. Hal-hal itulah yang bakal meningkatkan kualitas hubungan kalian. Sekalipun jauh tapi ga mengurangi kualitas sebagai pasangan.

Hubungan jarak jauh memang banyak hambatannya. Rasa kepercayaan satu sama lain terus diuji. Tanpa kepercayaan dan komunikasi yang baik, mustahil hubungan bisa berjalan lancar. Terapkan pula lima hal diatas biar hubungan kalian bisa terus berlanjut ke tahap yang lebih serius. Semangat ya para pejuang LDR!

Stephanie Priyanka Photo Verified Writer Stephanie Priyanka

A daily learner. Menulis untuk mengurai pikiran rumit di kepala

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya