Comscore Tracker

5 Hal yang Sering Terjadi Ketika Kamu Terlalu Banyak Bekerja

Ada saatnya kita juga butuh waktu luang 

Kata kerja keras mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar. Namun terlalu banyak bekerja juga bukan pilihan yang tepat, terlebih lagi jika sampai mengabaikan kesehatan. Menyeimbangkan kehidupan kerja sangatlah penting, namun tidak semua orang berhasil melakukannya. 

Berikut ini adalah lima hal yang sering terjadi ketika kamu terlalu banyak bekerja, yuk simak ulasannya! 

1. Jam tidur yang kurang 

5 Hal yang Sering Terjadi Ketika Kamu Terlalu Banyak BekerjaIlustrasi sedang tidur (unsplash.com/Luxgraves)

Kata kurang tidur karena bekerja, sudah bukan hal jarang lagi kita dengar saat ini. Bukan tanpa alasan, hal ini biasanya di alami ketika pekerjaan terasa menumpuk dan ingin segera diselesaikan. 

Ada juga yang merasa gelisah dan sulit beristirahat, karena pekerjaan mereka belum selesai. Kurang tidur akan membuat kita merasa lelah, bahkan bisa membuat kita kurang fokus. 

2. Melupakan jam makan 

5 Hal yang Sering Terjadi Ketika Kamu Terlalu Banyak BekerjaIlustrasi sedang makan (unsplash.com/Louishansel)

Terlalu fokus dengan pekerjaan gak jarang membuat kita lupa dengan suatu hal, salah satunya jam makan. Kita tahu ini sangat tidak baik, terlebih lagi bagi kesehatan. 

Selain akan kurang fokus, melewatkan jam makan akan membuat energi menjadi berkurang. Terlebih lagi ketika bekerja, kita juga memerlukan tenaga untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

Baca Juga: 5 Kondisi yang Menandakan Kamu Mengalami Overwork, Hati-hati!

3. Waktu bersosialisasi berkurang

5 Hal yang Sering Terjadi Ketika Kamu Terlalu Banyak BekerjaIlustrasi bersama teman (unsplash.com/Matheusferrero)

Di setiap minggunya kita memiliki waktu untuk berlibur, menghabiskan waktu bersama teman, atau keluarga. Namun tidak sedikit juga yang memilih untuk bekerja di hari libur, nih! 

Memanfaatkan hari libur untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat, atau sekadar menghubungi mereka sangatlah penting. Ini akan membantu kita untuk mengurangi sedikit rasa kesepian, serta merasa lebih bahagia karena ada hal menarik yang diceritakan. 

4. Kurang perhatian pada diri sendiri 

5 Hal yang Sering Terjadi Ketika Kamu Terlalu Banyak BekerjaIluatrasi mendengarkan musik (unsplash.com/Manuel_iallonardi)

Bukan hanya waktu dengan orang terdekat yang berkurang, terlalu banyak bekerja juga bisa membuat kita juga kekurangan waktu untuk diri sendiri. 

Pikiran yang tertuju untuk menyelesaikan pekerjaan, akan membuat kita terkadang lupa meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang membuat diri sendiri merasa senang. Dengan begitu tidak jarang juga kita akan merasa tertekan jika pekerjaan sedang banyak. 

5. Kesulitan membedakan rumah dan kantor 

5 Hal yang Sering Terjadi Ketika Kamu Terlalu Banyak BekerjaIlustrasi dalam ruangan (unsplash.com/Remyloz)

Karena terbiasa bekerja yang tanpa kenal waktu, memperbesar kemungkinan kita kesulitan membedakan antara rumah dan kantor. Kita perlu menyeimbangkan antara rumah dan pekerjaan, terlebih lagi ketika pekerjaan dan rumah adalah tempat yang sama. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika ingin tidak terlalu banyak bekerja ketika ada di rumah seperti menjadwalkan waktu, mengatur pengingat, dan menjauh dari laptop atau HP. 

Meski cukup sulit dilakukan, membuat keseimbangan antara rumah dan pekerjaan jadi hal yang wajib. Kalau kamu termasuk sering lupa waktu saat bekerja, tidak? 

Baca Juga: 5 Cara Menenangkan Pikiran saat Overwork, Ambil Cuti Jika Perlu

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya