Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Diingat Ketika Masih Takut untuk Mulai Berkarya

Mau tunggu apa lagi? Ayo mulai!

Kamu ingin berkarya, tapi masih takut-takut untuk memulai? Ketika ketakutan itu muncul pada dirimu, pastilah jalanmu untuk berkarya akan stuck di situ-situ saja. Karena ketakutan yang muncul tersebut, membuatmu menjadi masih enggan untuk memulainya.

Mungkin ada banyak hal dalam diri yang membuatmu menjadi masih belum berani untuk memulainya. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ingat agar ketakutan itu perlahan hilang dan kamu pun mulai berani untuk mencoba juga memulai. Apa saja? Yuk, simak!

1. Tidak usah kebanyakan berpikir yang malah membuatmu jadi tak mulai-mulai

5 Hal yang Perlu Diingat Ketika Masih Takut untuk Mulai Berkaryaunsplash/Nik Shuliahin

Hal yang membuat seseorang jadi tak mulai-mulai dalam berkarya yaitu, kebanyakan mikir. Mikir apakah nanti karyanya akan ada peminat atau tidak. Mikir karyanya nanti akan disukai banyak orang atau tidak, serta memikirkan hal-hal yang lainnya.

Jika kamu memang benar ingin berkarya, mulai sekarang berhenti untuk memikirkan hal-hal seperti itu. Mulai saja terlebih dahulu hingga apa yang kamu lakukan bisa mengalir dengan sendirinya dan kamu menjadi terbiasa akan hal itu.

2. Tak perlu takut kelak karyamu akan disukai orang atau tidak, cobalah untuk memulai terlebih dahulu

5 Hal yang Perlu Diingat Ketika Masih Takut untuk Mulai Berkaryaunsplash/Ståle Grut

Jika kamu selalu memikirkan kelak karyamu akan disukai orang atau tidak, maka kamu akan stuck dan tak mulai-mulai untuk berkarya. Kalau kamu tak pernah mencoba untuk memulai sesuatu, lantas bagaimana kamu tahu bahwa nantinya karyamu itu akan disukai orang atau tidak?

Dan satu hal yang perlu kamu ingat, tidak ada karya itu yang buruk atau jelek. Semua hanya tergantung selera masing-masing orang. Kelak, setiap karya pasti akan menemukan penikmatnya tersendiri.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Mematikan Kreativitasmu Dalam Berkarya

3. Berkaryalah sesuai dengan apa yang kamu sukai

5 Hal yang Perlu Diingat Ketika Masih Takut untuk Mulai Berkaryaunsplash/Neslihan Gunaydin

Hal yang juga penting dalam berkarya yaitu berkaryalah sesuai dengan apa yang kamu sukai. Karena ketika kamu suka untuk melakukan hal itu, maka kamu akan enjoy dan merasa tak terbebani untuk melakukannya.

So, berkaryalah sesuai dengan apa yang memang kamu sukai. Sebab ketika kamu menaruh rasa suka akan suatu hal, semua akan terasa menyenangkan.

4. Tak ada sesuatu yang langsung menjadi bagus. Semua butuh proses!

5 Hal yang Perlu Diingat Ketika Masih Takut untuk Mulai Berkaryaunsplash/Keeyahtay Lewis

Seorang yang expert sekalipun bahkan harus menjadi amatir terlebih dahulu sebelum ia berada di posisi itu. Begitu juga dengan berkarya. Tak ada karya yang ketika jadi itu langsung menjadi bagus sekali. Semua tentunya butuh proses.

Asalkan kamu mau selalu belajar dan meningkatkan karyamu itu, kelak kamu akan sampai di titik merasa puas terhadap apa yang kamu buat dan kerjakan.

5. Seringlah untuk mengeksplorasi diri agar kamu bisa menemukan potensi dirimu

5 Hal yang Perlu Diingat Ketika Masih Takut untuk Mulai Berkaryaunsplash/Alice Achterhof

Mengeksplorasi diri sendiri itu juga penting agar kamu bisa menemukan, menggali, dan mengasah potensi yang ada pada dirimu itu. Sehingga dari sana jugalah kamu bisa mengenal dirimu sendiri. Dan ini juga bermanfaat untuk kamu yang ingin berkarya tapi belum tahu untuk melakukan apa. Mungkin cara ini bisa untuk kamu coba lakukan.

Semoga setelah mengenali diri, kamu pun juga tahu apa potensi pada dirimu itu yang bisa semakin kamu tingkatkan.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ingat saat masih takut untuk memulai sesuatu. Semoga jika beberapa hal di atas kamu tanamkan dalam dirimu, ketakutanmu bisa perlahan hilang dan kamu pun berani untuk memulainya.

Baca Juga: Tak Melulu Berorientasi pada Medsos, Millennials Juga Perlu Berkarya!

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

writing and sharing ✌️ | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya