Comscore Tracker

5 'Alat Perang' ASI Perah untuk Wanita Karier

Demi menjaga kualitas ASI

Sehabis masa cuti melahirkan, setiap ibu tentu merasakan dilema yang sama. Mulai dari sedih, gak tega, sampai stres karena harus meninggalkan si kecil untuk bekerja. Sebagai wanita karier yang disibukkan dengan setumpuk pekerjaan, jarang banget bisa menghabiskan waktu bersama si kecil.

Demi memenuhi kebutuhan ASI bayi setiap harinya, ada perjuangan ibu membawa seperangkat alat khusus ke kantor. Kira-kira, apa saja 'alat perang' ASI perah untuk wanita karier?

1. 'Alat perang' yang pertama adalah pompa ASI. Terdapat dua macam pompa, yaitu yang manual dan elektrik

5 'Alat Perang' ASI Perah untuk Wanita Karierinstagram.com/mrssharena

Pompa ASI terdiri dari dua jenis, yakni pompa manual dan elektrik. Bagi kamu yang memiliki keterbatasan waktu, bisa mencoba pompa ASI elektrik. Pemakaiannya lebih fleksibel dan efisien. Sedangkan pompa manual membutuhkan tenaga ekstra agar ASI bisa keluar dengan sempurna.

Pada dasarnya, kedua pompa tersebut memiliki manfaat dan kegunaan yang mendukung ibu menyusui yang bekerja. Tapi ingat, ya! Sebelum dibawa ke kantor, pelajari terlebih dahulu fungsi dan cara kerja pompa ASI.

2. Setelah ASI dipompa, jangan lupa menyimpannya di kantong ASIP. Tempat ini praktis banget dipakai, lho!

5 'Alat Perang' ASI Perah untuk Wanita Karierinstagram.com/mrssharena

Hampir sebagian besar para ibu, menganggap semua kantong ASIP itu sama. Padahal, kualitas kantongnya gak bisa dianggap sepele lho! Kantong yang memiliki double zipper lebih disarankan untuk mencegahnya tumpah. Selain itu, kantong yang berkualitas juga telah melalui proses sterilisasi. ASI pun terjaga dengan sempurna.

Baca Juga: Jadi Duta Ibu Menyusui, 10 Potret Tya Arifin Asuh Buah Hatinya

3. Jika tidak ada kulkas, kamu perlu menyiapkan cooler bag yang multifungsi: untuk penyimpanan ASI maupun tas kerja

5 'Alat Perang' ASI Perah untuk Wanita Karierinstagram.com/gabagindonesia

Cooler bag yang dilengkapi lapisan thermal, mampu menjaga suhu dan kesegaran ASI. Baik itu dalam suhu normal maupun dingin. Cooler bag yang bagus juga mampu menahan cairan dari tumpah atau anti bocor. Jadi, gak perlu khawatir akan tembus dan mengotori barang bawaan yang lainnya.

Sebagai wanita karier, kamu bisa memilih cooler bag yang memiliki kapasitas besar. Di samping itu, pastikan desainnya lebih stylish sehingga bisa digunakan sebagai tas kerja juga.

4. Saat diletakkan dalam cooler bag, gel ice pack akan menjaga kualitas ASI dalam kantong supaya tetap terjaga

5 'Alat Perang' ASI Perah untuk Wanita Karierdhgate.com

Untuk menjaga kualitas ASI lebih baik, kamu bisa menggunakan ice pack. Benda ini akan bekerja sama dengan lapisan thermal dalam cooler bag, supaya ASI tetap segar. Biasanya, ice pack mampu mempertahankan suhu dingin di dalam cooler bag hingga delapan jam lho! Pas banget dengan jam kerja wanita karier, kan?

5. Terakhir, pastikan kamu tetap fashionable dengan outfit yang ramah busui. Misalnya, menyediakan ritsleting di bagian dada

5 'Alat Perang' ASI Perah untuk Wanita Karierinstagram/iymel

Busana yang memiliki konsep ramah busui, mudah banget dijumpai di online shop maupun offline store. Busana ini tidak hanya memiliki desain yang stylish dan fashionable, lho! Biasanya, ia memiliki kancing atau zipper di bagian depan. Hal ini memudahkanmu saat ingin menyusui atau memompa ASI.

Itulah lima 'alat perang' ASI perah untuk wanita karier. Aturlah jadwal pumping, misalnya dua hingga tiga jam sekali agar tidak mengganggu pekerjaanmu di kantor. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Tip Menyusui di Depan Umum agar Ibu Tetap Aman dan Nyaman!

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya