Comscore Tracker

5 Alasan Logis Banyak Bertanya saat Diskusi akan Menguntungkanmu

Jangan ragu untuk bertanya ketika diskusi, ya!

Berdiskusi merupakan sebuah hal yang awam dilakukan oleh banyak orang. Pada dasarnya, tujuan dari berdiskusi adalah untuk bertukar informasi. Namun, kebanyakan orang cenderung malas dan malu untuk aktif dalam diskusi.

Hal tersebut memang tidak dilarang, tetapi kamu gak bakal dapat ilmu baru dengan melakukan tindakan semacam itu. Coba deh mulai sekarang biasakan diri untuk banyak bertanya. Simak beberapa alasan logisnya berikut ini, ya!

1. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi dari lawan bicaramu

5 Alasan Logis Banyak Bertanya saat Diskusi akan Menguntungkanmuilustrasi mengobrol (unsplash.com/Van Tay Media)

Memilih untuk bertanya saat sedang berdiskusi itu bisa membuat menggali lebih banyak informasi. Hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkanmu untuk memperdalam pengetahuan yang ada di otakmu.

Alhasil, kamu pun mampu mengimbangi lawan bicaramu. Dalam berdiskusi, jangan terlalu dominan tapi juga jangan terlalu pasif. Agar kamu bisa bertukar informasi dengan efektif.

2. Kamu gak akan direndahkan oleh orang lain karena ketidaktahuan

5 Alasan Logis Banyak Bertanya saat Diskusi akan Menguntungkanmuilustrasi bertanya (unsplash.com/Felicia Buitenwerf)

Menjadi orang yang kepo saat sedang berdiskusi itu gak ada efek negatifnya. Malahan, orang lain pasti akan mengajarimu dengan senang hati tanpa merendahkan. Jika kamu mengobrol dengan orang yang benar-benar pintar, dia pasti gak akan mudah men-judge dirimu.

Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk lebih berusaha menjadi seseorang yang tidak tahu apa-apa. Meskipun kelihatannya agak aneh, namun hal tersebut pasti bakal memunculkan ilmu yang sebelumnya belum ada di dalam pikiranmu.

Baca Juga: Bro, Ini 5 Manfaat Bisa Menjadi Teman Diskusi yang Baik untuk Cewek 

3. Kamu bisa belajar mengenai pola pikir orang lain

5 Alasan Logis Banyak Bertanya saat Diskusi akan Menguntungkanmuilustrasi mengobrol (unsplash.com/Kaleidico)

Jika membiasakan diri untuk bertanya saat berdiskusi, kamu pasti akan mudah mempelajari pola pikir orang lain. Maksudnya di sini adalah kamu bakal berusaha menggantungkan mindset-mu terlebih dahulu agar bisa mengerti bagaimana jalan pikir orang lain.

Hal tersebut tentunya bakal pemikiranmu lebih berkembang sebab kamu punya jalan pikiran baru yang berasal dari orang lain. Oleh karena itu, jangan permah takut untuk bertanya saat berdiksusi karena hal tersebut akan sangat menguntungkanmu.

4. Kamu akan terbiasa menghargai pendapat orang lain

5 Alasan Logis Banyak Bertanya saat Diskusi akan Menguntungkanmuilustrasi mengobrol (unsplash.com/Zainul Yasni)

Sering bertanya saat berdiskusi bisa membuatmu terbiasa menghargai pendapat orang lain. Seseorang yang bertanya itu tentunya memiliki pengetahuan yang cukup minim terhadap sesuatu sehingga membutuhkan masukan dari orang lain.

Hal semacam itu tentunya bakal membuatmu menjadi orang yang lebih terbuka. Kamu juga tidak akan mudah terpancing emosi saat orang lain membenarkan sesuatu yang belum diketahui olehmu. Alhasil, hal tersebut juga akan menguntungkanmu ke depannya.

5. Kamu akan melatih daya pikir kritis saat sedang mengobrol

5 Alasan Logis Banyak Bertanya saat Diskusi akan Menguntungkanmuilustrasi mengobrol (unsplash.com/Outcast India)

Memiliki daya nalar kritis merupakan salah satu ciri orang yang cerdas. Biasanya, orang-orang yang bersikap kritis itu cenderung menggali informasi sedalam mungkin agar mengetahui banyak hal dengan jelas. Alhasil, hal tersebut bakal membuatmu mudah menangkap informasi baru.

Selain itu, kamu juga tidak akan mudah termakan informasi yang simpang siur. Berangkat dari hal tersebut, kamu akan menjadi seseorang yang memiliki pemikiran berkualitas sehingga orang lain juga bakal menghargaimu.

Setelah membaca kelima alasan di atas, coba deh untuk berubah menjadi 'gelas kosong' dalam sebuah forum diskusi. Apakah kamu berani melakukannya?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya