Comscore Tracker

5 Pola Pikir yang Harus Dipunya sebelum Melamar Sebuah Pekerjaan

#IDNTimesLife Sudah siap bekerja di bawah tekanan?

Mencari pekerjaan merupakan sebuah hal yang pasti dilakukan oleh seseorang agar bisa bertahan hidup. Namun sejatinya mencari pekerjaan bukanlah hal yang sepele sebab perlu persiapan matang. Tidak hanya tentang persiapan hardskill, kamu juga perlu memerhatikan bagaimana kemampuanmu yang laun.

Kamu juga perlu mempersiapkan beberapa pola pikir baru agar nanti bisa dimudahkan saat sudah diterima. Berikut beberapa pola pikir yang harus kamu kuasai terlebih dahulu sesaat sebelum melamar pekerjaan. Simak pembahasan ini secara saksama, ya!

1. Kamu harus siap bekerja di bawah tekanan

5 Pola Pikir yang Harus Dipunya sebelum Melamar Sebuah PekerjaanIlustrasi bekerja (pexels.com/cottonbro)

Sebelum melamar pekerjaan, kamu perlu menyiapkan diri agar bisa siap bekerja di bawah tekanan. Maksudnya di sini adalah kamu harus tetap bertahan meskipun tanggung jawab terasa semakin berat. Hal tersebut biasanya terjadi saat kariermu mulai beranjak naik. Kamu diharuskan untuk tetap bertahan meskipun situasinya sangat sulit.

2. Kamu harus mau menjadi bawahan terlebih dahulu sebelum promosi

5 Pola Pikir yang Harus Dipunya sebelum Melamar Sebuah PekerjaanIlustrasi bekerja (pexels.com/sora shimazaki)

Kamu harus senantiasa ingat bahwa tidak ada impian yang sifatnya instan. Jika bercita-cita sebagai seorang bos, kamu harus mau menjadi bawahan terlebih dahulu. Kamu perlu memulai semuanya dari nol agar bisa memiliki pengalaman yang cukup mumpuni.

Ketika hal tersebut sudah kamu kuasai, maka lambat laun promosi jabatan pasti akan diraih olehmu. Seiring berjalannya waktu, kariermu akan terus meningkat sehingga pekerjaan impian pun bakal tercapau dengan sendirinya.

Baca Juga: 5 Pertimbangan Utama Ketika Melamar Pekerjaan, Yakin Sudah Siap?

3. Kamu harus bersikap koperatif terhadap semua kolega

5 Pola Pikir yang Harus Dipunya sebelum Melamar Sebuah PekerjaanIlustrasi diskusi (pexels.com/anna shvets)

Di dalam kantor, kerja sama tim meruoakan sebuah hal yang mutlak. Hal itu merupakan sebuah komponen yang dapat menjadikan semua pekerjaanmu berjalan dengan baik. Dengan adanya hal tersebut, kamu diharuskan untuk bisa bersikap koperatif terhadap siapapun.

Entah itu terhadap orang-orang yang posisinya di bawahmu atau sebaliknya, kamu harus senantiasa bersikap koperatif. Jika hal itu dilakukan, maka percayalah bahwa lambat laun pekerjaanmu akan mudah diselesaikan. Hal tersebut terjadi karena banyak orang yang memikul tanggung jawabmu secara bersama-sama.

4. Kamu harus mau memaksa diri untuk bisa melewati batas kemampuan

5 Pola Pikir yang Harus Dipunya sebelum Melamar Sebuah PekerjaanIlustrasi merenung (pexels.com/ono kosuki)

Dalam dunia kerja, setiap orang memang dituntut untuk bisa push the limit. Maksudnya di sini adalah kamu harus memaksakan diri untuk melewati batas kemampuan. Jika kamu hanya menguasai satu bidang, jangan pernah ragu untuk mempelajari hal lainnya, ya! Hal tersebut tentunya akan membuatmu mudah mendapatkan promosi jabatan secara berkala. Meskipun cukup membuat pusing, dampak positifnya nanti akan kamu rasakan, kok!

5. Kamu harus bersyukur terlebih dahulu sebelum mengharapkan gaji tinggi

5 Pola Pikir yang Harus Dipunya sebelum Melamar Sebuah PekerjaanIlustrasi rileks (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memiliki gaji yang tinggi merupakan harapan dari semua orang. Namun untuk meraih hal tersebut, ada banyak pengorbanan yang harus kamu lakukan. Pertama, kamu perlu bersyukur terlebih dahulu terhadap jumlah gaji yang didapatkan saat ini. Jangan terlalu berharap memiliki gaji yang terlalu tinggi jika kamu minim pengalaman.

Sekali lagi ingatlah bahwa segala sesuatu yang membahagiakan itu membutuhkan proses panjang. Kamu hanya perlu mensyukuri apa yang dimiliki saat ini lalu mulailah berusaha untuk menambah skill dan kompetensi diri.

Sebelum melamar pekerjaan, kamu memang perlu menyiapkan semuanya dengan matang. Hal tersebut dilakukan agar nantinya kamu tidak kaget saat terjun di dalam dunia kerja.

Baca Juga: 5 Tips Menjual Diri Saat Wawancara Kerja, Tak Boleh Terkesan Sombong!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya