Comscore Tracker

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Belum Dewasa dalam Menghadapi Masalah

Sudahkah kamu bersikap dewasa saat menghadapi masalah?

Permasalahan hidup merupakan sebuah hal yang pasti dihadapi oleh setiap orang. Dengan datangnya hal tersebut, kamu pasti berpikiran untuk segera mengakhiri permasalahan untuk ketenangan diri. Namun, cepat atau lambatnya berakhirnya sebuah masalah itu ditentukan oleh seberapa dewasa seseorang.

Apakah kamu sudah terbiasa menggunakan kedewasaan dalam menghadapi sebuah permasalahan? Ada beberapa tanda yang bisa menjawab pertanyaan tersebut sehingga dapat membuatmu belajar lebih baik. Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Kamu selalu menggunakan emosi saat sedang berusaha memecahkan masalah

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Belum Dewasa dalam Menghadapi Masalahilustrasi marah (unsplash.com/engin akyurt)

Ketika menghadapi sebuah permasalahan hidup, mengontrol emosi merupakan sesuatu yang susah dilakukan. Alhasil, emosimu pasti akan menggebu-gebu sehingga membuat sebuah permasalahan bakal bertambah parah. Hal tersebut menandakan bahwa kamu belum dewasa dalam menghadapi masalah hidup.

Cobalah untuk belajar lebih sabar dalam menghadapi kesulitan dalam menjalani hidup. Ingatlah bahwa tidak semua hal harus dilalui dengan emosi yang berapi-api. Lagipula, sebuah permasalahan yang dihadapi dengan kepala dingin pasti bakal cepat kelar.

2. Kamu tidak menggunakan perspektif dua sisi dalam usaha menyelesaikannya

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Belum Dewasa dalam Menghadapi Masalahilustrasi bingung (unsplash.com/Siora Photography)

Sebuah permasalahan pasti akan selesai jika kamu mau melihat sumber masalah dari berbagai sudut pandang. Namun, hal semacam itu jarang banget dilakukan oleh seseorang yang belum dewasa karena terlalu ribet. Apakah kamu memiliki pemikiran semacam itu?

Jika iya, segeralah untuk menggugurkannya. Percayalah bahwa menggunakan dua sudut pandang dalam menyelesaikan masalah bisa mempercepatmu dalam menemukan solusi. Belajarlah menganalisis segala aspek biar bisa terbiasa melakukan hal semacam itu.

Baca Juga: 5 Alasan Kedewasaan Membuatmu Semakin Banyak Mendengarkan

3. Kamu suka menyalahkan orang lain tanpa disertai bukti

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Belum Dewasa dalam Menghadapi Masalahilustrasi sombong (unsplash.com/engin akyurt)

Jangan pernah menyalahkan orang lain atas masalah yang kini sedang menimpamu. Apalagi jika hal tersebut kamu lakukan dengan tanpa bukti, alhasil orang lain pasti bakal merasa tersinggung. Sebelum melakukan hal tersebut, coba deh introspeksi diri terlebih dahulu.

Perilaku semacam itu hanya membuatmu terlihat tidak bijaksana. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk lebih bijaksana dalam menghadapi masalah. Jangan libatkan orang lain dengan menganggapnya sebagai 'pelaku' dalam problematika hidupmu.

4. Kamu bersedih secara berlarut-larut saat menghadapi masalah

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Belum Dewasa dalam Menghadapi Masalahilustrasi stres (unsplash.com/Elisa Ventur)

Ketika ada masalah, kamu pasti akan bersedih karena merasa sudah lelah terhap semuanya. Namun, hal tersebut gak boleh dilakukan secara berlarut-larut karena akan merugikan diri sendiri. Salah satu contohnya adalah kamu gak akan tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Orang yang sudah dewasa gak akan menghabiskan waktunya untuk bersedih secara terus-menerus. Kamu harus bisa sesegera mungkin menemukan solusi agar problematika hidupmu cepat usai. Jangan siksa dirimu dengan terus-terusan bersedih, ya!

5. Kamu tidak memiliki pendirian yang kuat dalam mengambil keputusan

5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Belum Dewasa dalam Menghadapi Masalahilustrasi merenung (unsplash.com/Nick Karvounis)

Setelah menghadapi permasalahan hidup yang panjang, nantinya kamu bakal dihadapkan dengan momen pengambilan keputusan. Hal tersebut merupakan kunci dari selesai atau tidaknya masalah yang sedang kamu hadapai saat ini.

Dengan adanya hal tersebut, kamu harus memiliki pendirian yang kuat terlebih dahulu. Jangan sampai kamu merasa bingung sehingga gak bisa mengambil keputusan secara jernih. Jika hal itu tidak dijaga, maka permasalahan hidupmu tetap stuck di satu titik saja.

Selepas membaca kelima hal di atas, apakah kamu termasuk orang yang sudah dewasa dalam menghadapi masalah? Perhatikan segala tindakanmu dalam menghadapi masalah sebab hal tersebut akan mempengaruhi semuanya.

Baca Juga: 5 Obrolan Pasangan Serius dengan Level Kedewasaan yang Matang 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya