Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Mulai Mencari Pengalaman Kerja sejak Kuliah

Sudahkah kamu mencari pengalaman kerja?

Mencari pengalaman kerja merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Apalagi, bagi seorang mahasiswa, hal tersebut boleh dibilang sebagai sebuah privilege sebab kamu sudah disadarkan terlebih dahulu terkait perjalanan kariermu.

Namun, tidak semua mahasiswa berpikiran seperti itu sebab enggan tanggung jawabnya ketika kuliah menjadi terganggu. Hal itu memang tidak bisa disalahkan sebab setiap orang pasti punya pandangan yang berbeda-beda dalam melihat sebuah fenomena.

Dalam artikel ini, kamu akan dibantu untuk menemukan insight baru terkait mencari pengalaman kerja saat duduk di bangku kuliah. Berikut beberapa alasan mengapa kamu mengembangkan karier sejak kuliah itu terkadang diperlukan. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Agar bisa masuk ke perusahaan yang besar, kamu wajib punya banyak pengalaman

5 Alasan Kamu Wajib Mulai Mencari Pengalaman Kerja sejak Kuliahilustrasi seorang profesional (pexels.com/Edmond Dantes)

Tidak bisa diganggu gugat bahwa agar bisa menembus perusahaan besar, kamu perlu memiliki pengalaman yang tak main-main. Hal tersebut bisa didapatkan jika kamu mau membuka peluang ketika duduk di bangku kuliah. Maksudnya di sini adalah kamu bisa mencari pengalaman bekerja sejak kuliah.

Maka dari itu, akan lebih menguntungkan jika kamu mau memulainya. Bukankah kamu memiliki perusahaan impian? Agar hal tersebut bisa terealisasi, cobalah untuk mau membuka peluangmu sejak dini. Alhasil, nanti kamu pasti akan memetiknya di kemudian hari.

2. Kamu bisa mendapatkan uang jajan tambahan jika mau mencuri start

5 Alasan Kamu Wajib Mulai Mencari Pengalaman Kerja sejak Kuliahilustrasi uang (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Salah satu hal yang paling menarik ketika bekerja saat kuliah adalah kamu bakal mendapatkan uang tambahan. Meskipun harus mengorbankan jam istirahat di sela-sela waktu kuliah, hal semacam itu cukup worth it untuk dilakukan sebab manfaatnya juga bisa dirasakan jangka panjang.

Hal tersebut juga akan membuat kondisi finansialmu sudah terkonstruksi sejak dini. Jika terus dilakukan, barang-barang impianmu pasti nanti bakal mudah didapatkan. Bukankah hal tersebut sangat menyenangkan? Jika iya, jangan ragu untuk melakukannya.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tak Mencari Jalan Pintas Menuju Harapanmu

3. Kamu akan menjadi sosok yang mengerti perihal pengelolaan finansial sejak dini

5 Alasan Kamu Wajib Mulai Mencari Pengalaman Kerja sejak Kuliahilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa jika mau memulai mencari pengalaman kerja sejak kuliah, kamu bakal mendapatkan uang. Dengan begitu, kamu bakal dituntut untuk belajar memanajemen uang sehingga tidak cepat habis. Kemampuan semacam itu tentunya bakal berdampak baik bagi kehidupanmu di masa depan.

Kemampuan manajemen keuangan merupakan sebuah hal yang tidak didapatkan dalam dunia pendidikan. Seseorang akan merasakannya jika sudah mendapatkan penghasilan sendiri. Maka dari itu, coba deh untuk curi start dengan mencari pengalaman kerja saat kuliah.

4. Kamu akan terbiasa mendapatkan tekanan dalam dunia kerja

5 Alasan Kamu Wajib Mulai Mencari Pengalaman Kerja sejak Kuliahilustrasi riset (unsplash.com/Victoria Heath)

Bisa dikatakan bahwa seorang pekerja pasti akan mendapatkan tekanan dalam menunaikan tanggung jawabnya. Hal tersebut harus bisa dilewati agar kamu bisa benar-benar survive di perusahaan tersebut. Memang agak pusing jika hal itu didapatkan sembari kamu juga memikirkan tugas kuliah.

Namun, hal semacam itu bakal membuatmu menjadi orang yang lebih kuat. Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk memulainya sebab banyak hal baik yang nantinya bakal kamu dapatkan. Meskipun kedengarannya sulit, secara perlahan, kamu pasti akan terbiasa melakukannya.

5. Kamu akan memiliki CV atau resume yang cantik

5 Alasan Kamu Wajib Mulai Mencari Pengalaman Kerja sejak Kuliahilustrasi resume (pexels.com/cottonbro)

Memiliki pengalaman kerja atau magang saat kuliah bisa membuat CV-mu semakin menarik. Hal tersebut tentunya bakal bermanfaat bagi kehidupanmu setelah lulus dari bangku perkuliahan. Boleh dibilang bahwa CV atau resume merupakan gerbang awal seseorang jika ingin mendapatkan kerja.

HR akan meninjau CV-mu apakan cukup layak untuk bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Jika memiliki banyak pengalaman, hal tersebut pasti akan memudahkanmu. Oleh karena itu, cobalah untuk berusaha membuka jalan sedini mungkin sebab hal tersebut sangatlah worth it.

 

Setelah membaca perihal pembahasan di atas, apakah pemikiranmu sudah mulai terbuka perihal mencari pengalaman kerja saat kuliah? Memang kedengarannya pelik, namun kamu bakal mendapatkan hal baik jika mau terjun di sana.

Baca Juga: 5 Indikator dalam Mencari Pekerjaan yang Bikin Kamu Bahagia 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya