Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Menyempatkan Introspeksi Diri Seminggu Sekali

Sudah tahu?

Setiap orang memang diharuskan untuk melakukan introspeksi diri. Hal ini dilakukan agar segala bentuk kesalahan yang terjadi di masa lampau menjadi dihapuskan. Terlebih, kamu juga akan belajar dari hasil introspeksi diri tersebut.

Namun, sejatinya introspeksi diri harus dilakukan selama seminggu sekali. Mengapa demikian? Berikut lima alasannya.

1. Ada banyak hal krusial yang kamu lewati hanya dalam waktu seminggu

5 Alasan Kamu Wajib Menyempatkan Introspeksi Diri Seminggu Sekaliilustrasi mengobrol (pexels.com/Zen Chung)

Dalam waktu seminggu, kamu pasti telah melewati banyak hal yang krusial. Entah itu tentang pekerjaan maupun kisah cinta, semuanya telah menjadi bumbu-bumbu hidupmu hanya dalam waktu seminggu.

Berangkat dari hal tersebut kamu harus segera melakukan introspeksi diri agar tidak terlalu menumpuk. Coba bayangkan jika kamu membiarkannya dan tidak pernah berintrospeksi diri, nantinya kesalahan itu bakal terulang.

2. Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu tidak lupa perihal apa yang harus diperbaiki

5 Alasan Kamu Wajib Menyempatkan Introspeksi Diri Seminggu Sekaliilustrasi merenung (unsplash.com/Luca Tacinelli)

Sebelumnya telah disinggung bahwa segala bentuk upaya untuk introspeksi diri wajib dilakukan sesegera mungkin. Hal ini mencegah kamu untuk lupa menyoal bagimana mana saja yang harus digarisbawahi.

Lagi pula, melakukan introspeksi diri itu gak terlalu susah, kok! Kamu hanya perlu memikirkan perihal segala sesuatu yang telah dilewati selama seminggu ini. Pasti akan ada jawaban terkait masalahmu.

3. Jika tidak segera introspeksi, kamu akan berada di zona nyaman terus

5 Alasan Kamu Wajib Menyempatkan Introspeksi Diri Seminggu Sekaliilustrasi merenung (pexels.com/Budgeron Bach)

Percayalah, bahwa nantinya kamu akan terus-terusan berada di zona nyaman jika tidak segera berintrospeksi diri. Setiap kesalahan yang muncul bakal tetap tertanam di dalam diri, karena tidak ada upaya untuk terlepas dari sana.

Lagi pula, semakin lama berada di zona nyaman maka hal tersebut bakal berbahaya. Kamu tidak akan meraih sebuah keberhasilan sebab sangat susah untuk melakukan berbagai macam progres agar bisa berubah.

4. Kamu harus punya target agar bisa menjadi lebih baik setiap saat

5 Alasan Kamu Wajib Menyempatkan Introspeksi Diri Seminggu Sekaliilustrasi cowok (pexels.com/Kindel Media)

Ingatlah, bahwa setiap orang itu harus berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal semacam ini sangat mudah direalisasikan jika kamu mau rutin melakukan introspeksi diri setiap minggunya.

Tidak perlu merasa denial dengan kesalahan terdahulu, kamu harus bisa menerima segala bentuk konsekuensinya. Setelah itu, kamu pasti akan menjadi sosok yang lebih baik dari minggu ke minggu.

5. Ada hari yang bisa membuatmu rutinan dalam melakukan introspeksi diri

5 Alasan Kamu Wajib Menyempatkan Introspeksi Diri Seminggu Sekaliilustrasi beristirahat (pexels.com/Eren Li)

Kamu harus mengetahui bahwa introspeksi diri seminggu sekali adalah sesuatu yang ideal. Pasalnya, kamu bisa menemukan waktu yang benar-benar tepat untuk melakukan hal itu. Ya, weekend adalah jawaban yang tepat.

Ketika menjalani hari-hari berat sejak Senin sampai Jumat, kamu pun bakal merasa kelelahan. Alhasil, Sabtu dan Minggu dijadikan waktu untuk beristirahat total. Sembari melakukan hal itu, kamu juga bisa mulai berintrospeksi diri.

Setelah membaca kelima hal di atas, apakah kamu ingin mencoba untuk melakukan introspeksi diri seminggu sekali? Semakin sering berintrospeksi, maka kamu akan menjadi seseorang yang lebih bijaksana.

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya