Comscore Tracker

5 Cara yang Perlu Dilakukan agar Lebih Totalitas dalam Bekerja

Jangan setengah hati ketika bekerja!

Terkadang, ada sebagian orang yang tidak terlalu menikmati pekerjaannya. Entah itu karena kurang cocok perihal job desk ataupun gaji, hal tersebut bisa menghambat produktivitas seseorang dalam bekerja. Apakah kamu termasuk seseorang yang semacam itu?

Saat bekerja, kamu diharuskan untuk bersikap totalitas agar semua tanggung jawab bisa diselesaikan dengan baik. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa menjadi lebih totalitas meskipun tidak terlalu menyukai pekerjaan sekarang. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Jangan menganggap pekerjaanmu sebagai sesuatu yang memberatkan

5 Cara yang Perlu Dilakukan agar Lebih Totalitas dalam Bekerjailustrasi bekerja (unsplash.com/Mateus Campos Felipe)

Agar bisa totalitas dalam bekerja, jangan pernah menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yang memberatkan. Terkadang kamu perlu menikmati setiap tanggung jawab yang diberikan untukmu. Meskipun kelihatannya gak gampang, kamu perlu mencobanya.

Jika kamu sudah bisa menikmati pekerjaan, percayalah bahwa lambat laun kemampuan terbaik pasti akan ditunjukkan olehmu. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk berusaha menikmati setiap pekerjaan yang harus diselesaikan.

2. Kamu bisa mulai membuat daftar goals yang harus dicapai

5 Cara yang Perlu Dilakukan agar Lebih Totalitas dalam Bekerjailustrasi bekerja (unsplash.com/Thought Catalog)

Selain itu, kamu juga bisa membuat daftar goals atau target-target pekerjaanmu bisa lebih semangat. Terkadang, ketika melihat daftar target, kamu pasti akan terdorong untuk menyelesaikannya karena hal tersebut memanglah tanggung jawabmu.

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan bersikap totalitas sebab di awal sudah ditentukan apa saja targetnya. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mencari tahu terkait target apa saja yang bisa diraih nantinya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

3. Jika rasa malas menggebu-gebu, kamu harus berani melawannya dengan berbagai cara

5 Cara yang Perlu Dilakukan agar Lebih Totalitas dalam Bekerjailustrasi bekerja (unsplash.com/Paige Cody)

Lawan utama sikap produktif adalah rasa malas. Terkadang, seseorang wajib melawan rasa malasnya karena hal tersebut juga akan berdampak pada hasil akhir pekerjaan. Jika kamu terasa ngantuk, cobalah untuk membuat kopi atau mandi agar badan lebih segar.

Jangan biarkan dirimu berlama-lama terlentang di atas kasur. Kamu juga harus membuang gadget-mu untuk sementara waktu agar pikiranmu bisa fokus dengan pekerjaan. Dengan melakukan hal tersebut, kamu pasti akan mau bersikap totalitas terhadap pekerjaanmu.

4. Buatlah rencana self reward setiap kali gajian

5 Cara yang Perlu Dilakukan agar Lebih Totalitas dalam Bekerjailustrasi bekerja (unsplash.com/Andrew Neel)

Biasanya, seseorang akan lebih bersemangat ketika mendekati waktu gajian. Hal tersebut membuat kamu merasa jerih payah hingga kini akhirnya terbalaskan. Berangkat dari hal itu, kamu bisa membuat rencana self-reward yang akan dibeli saat hari gajian telah tiba.

Dengan melakukan hal semacam itu, kamu pasti akan lebih bersemangat untuk mencapai target-target yang ditentukan. Alhasil, pekerjaanmu pasti akan diselesaikan secara maksimal agar nanti pas gajian kamu bisa mendapatkan bonus untuk mendapat self-reward.

5. Senantiasa mengingat bahwa saat ini, mencari pekerjaan adalah hal yang susah

5 Cara yang Perlu Dilakukan agar Lebih Totalitas dalam Bekerjailustrasi bekerja (unsplash.com/Leon)

Jika hingga kini masih belum bersikap totalitas, kamu harus senantiasa mengingat bahwa sekarang itu mencari pekerjaan adalah hal yang susah. Apalagi situasinya masih pandemi, banyak perusahaan yang menutup recruitment karena kurang produktif.

Alhasil, masih banyak perusahaan melakukan peremajaan sehingga hanya membutuhkan karyawan yang sedikit. Oleh karena itu, kamu wajib banget bersikap totalitas saat bekerja di tempatmu saat ini. Lagi pula, ingatlah bahwa kamu masih beruntung mendapatkan kerja di situasi suit seperti sekarang.

Dari kelima cara di atas, apakah kamu sudah melakukan salah satunya sebagai senjata untuk bersikap totalitas dalam bekerja? Jika belum, cobalah untuk mempraktikkannya agar kamu bisa melawan rasa malas.

Baca Juga: 6 Kiat Hadapi Dilema dalam Meniti Karier, Fokus pada Masa Depan!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya