Comscore Tracker

5 Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Sering Meremehkan Diri Sendiri

Apakah kamu masih sering meremehkan diri sendiri?

Meremehkan diri sendiri merupakan sebuah hal yang cukup membuat hati menjadi semakin lemah. Apalagi jika hal tersebut dilakukan secara berulang kali, kamu pasti akan merasa menderita terkait kekurangan yang ada di dalam diri. Apakah kamu termasuk orang yang sering meremehkan diri sendiri?

Jika iya, cobalah untuk berhenti demi kebaikan hidupmu sendiri. Ada beberapa dampak buruk yang pasti terjadi jika kamu terlalu sering meremehkan diri sendiri. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Kamu akan susah merealisasikan mimpi

5 Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Sering Meremehkan Diri Sendiripexels.com/kat jayne

Salah satu hal yang pasti terjadi jika selalu meremehkan diri sendiri adalah kamu akan susah meraih mimpi. Semua mimpi yang ada ditanganmu tak akan terealisasi sebab kurangnya effort dalam dirimu untuk memperjuangkannya. Kamu terlalu fokus melihat kekurangan tanpa melakukan upgrade terhadap apa yang menjadi kelebihanmu. Berhenti melakukan hal semacam itu, guys!

2. Kamu akan mudah menyerah terlalu cepat

5 Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Sering Meremehkan Diri Sendiripexels.com/NastyaSensei

Hampir sama seperti sebelumnya, terlalu sering meremehkan diri sendiri akan membuatmu mudah menyerah. Hal itu karena kamu beranggapan bahwa apapun usahamu itu pasti akan berakhir sia-sia. Padahal sejatinya tidak ada yang tahu perihal bagaimana nasibmu di masa depan.

Berhentilah berasumsi bahwa kamu akan me derita kegagalan sebab kekuranganmu saat ini. Alangkah lebih baik jika kamu mulai melakukan upgrade terhadap hal-hal yang menjadi senjatamu untuk bisa meraih impian.

3. Kamu akan kehilangan kepercayaan diri

5 Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Sering Meremehkan Diri Sendiripexels.com/alycia fung

Meremehkan diri sendiri akan membuatmu kehilangan self-confident. Jika kamu gak yakin terhadap apa kemampuanmu, lantas bagaimana caramu agar bisa bertahan hidup? Apalagi kepercayaan diri merupakan sebuah hal yang wajib dimiliki agar karier bisa cemerlang.

Jangan terlalu meremehkan diri sendiri jika kamu masih belum mau untuk berusaha memperbaikinya. Ingatlah bahwa setiap kelemahan pasti akan berubah jika kamu mau berusaha. Stop meremehkan diri sendiri dan mulai mengembangkan kemampuanmu, yuk!

Baca Juga: 5 Dampak Negatif jika Kamu Tak Punya Rasa Percaya pada Pasangan!

4. Kamu akan sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain

5 Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Sering Meremehkan Diri Sendiripexels.com/bruno bueno

Salah satu dampak yang nyata jika terlalu sering meremehkan diri sendiri adalah kamu akan membandingkan hidupmu dengan orang lain. Dengan adanya hal tersebut kamu pasti akan terfokus pada kehidupan orang lain. Hal tersebut tentunya akan membuang-buang waktumu. Alangkah lebih baik jika kamu berusaha menutupi kekurangan daripada meremehkannya.

5. Kamu akan susah melakukan upgrade diri

5 Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Sering Meremehkan Diri Sendiriunsplashc.om/arash payam

Setiap orang memang dituntut agar senantiasa terus berkembang. Hal tersebut tentunya akan berdampak baik bagi dirinya sendiri. Seseorang yang gak mau mengembangkan diri hanya akan stuck di titik itu saja untuk perjalanan hidupnya. Tidak adanya gebrakan membuat orang tersebut susah meraih impian.

Ingatlah bahwa sejatinya setiap manusia itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terlalu meremehkan diri sendiri tidak akan membuat kekuranganmu menjadi hilang. Jangam berprasangka buruk kepada dirimu jika ada usaha untuk memperbaikinya.

Setelah membaca kelima hal buruk di atas, lantas apakah kamu masih ingin tetap meremehkan diri sendiri? Cobalah untuk lebih bersyukur dan mulai memperbaiki diri, ya!

Baca Juga: 5 Sebab Kenapa Kamu Suka Meremehkan Orang Lain, Insecure?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya