Comscore Tracker

Istirahat Sejenak! 5 Tanda Kamu Benar-benar Membutuhkan Liburan

Jangan terlalu memaksakan diri!

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang pasti memiliki limit energinya sendiri-sendiri. Dengan adanya hal tersebut, istirahat merupakan salah satu cara agar energi bisa penuh kembali. Beristirahat itu tidak melulu tentang tidur, tapi terkadang kamu juga butuh liburan.

Biasanya orang yang butuh liburan itu cenderung terlalu tertekan dalam pekerjaannya. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu benar-benar membutuhkan waktu cuti untuk berlibur. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu, simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu sering mengeluh padahal baru mulai mengerjakan sesuatu

Istirahat Sejenak! 5 Tanda Kamu Benar-benar Membutuhkan LiburanIlustrasi sedih (pexels.com/liza summer)

Siapa nih yang sering mengeluh padahal baru saja mengerjakan sesuatu? Jika kamu merasakan hal tersebut, percayalah bahwa otakmu perlu refreshing. Sungguh tidak baik jika kamu terlalu memaksakan diri untuk terus bekerja. Terkadang kamu butuh liburan untuk mengembalikan semangat dan energi di dalam diri. Jika ada tanda ini dalam dirimu, cepat-cepat kemas kopermu dan mulailah berlibur untuk beberapa saat.

2. Kamu mudah cemas terhadap hal-hal yang belum terjadi

Istirahat Sejenak! 5 Tanda Kamu Benar-benar Membutuhkan LiburanIlustrasi berteriak (pexels.com/andrea piacquadio)

Rasa cemas biasanya muncul jika seseorang terlalu memiliki banyak pikiran. Maksud dari banyak pikiran di sini adalah orang tersebut terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu secara maksimal. Rasa cemas itu tentunya akan membuat hidupmu menjadi tidak tenang.

Untuk menghilangkan hal tersebut, kamu hanya memerlukan waktu berlibur. Lagipula terlalu memaksakan diri bukanlah sebuah hal yang baik. Maka dari itu mulai sekarang coba deh mencari waktu berlibur sesegera mungkin. Jangan biarkan pikiranmu menjadi kalut hanya karena kurang liburan.

3. Kamu sering overthinking terhadap pekerjaanmu

Istirahat Sejenak! 5 Tanda Kamu Benar-benar Membutuhkan LiburanIlustrasi bekerja (pexels.com/tranmautritam)

Mengerjakan sebuah tanggung jawab memang merupakan hal yang sangat berat. Biasanya kamu cenderung memikirkan hal tersebut meskipun jam kerja telah usai. Waktu istirahatmu pun menjadi terganggu sebab tidak adanya rasa tenang dalam diri. Agar hal itu tidak bertambah parah, kamu wajib menghilangkannya dengan segera.

Hal itu menandakan bahwa kamu memang benar-benar butuh liburan. Sungguh kurang baik jika membiarkan diri sendiri terus terjebak dalam kebiasaan overthinking. Jangan ragu untuk mencari waktu senggang untuk berlibur sejenak, ya!

Baca Juga: 5 Kiat Mudah Atasi Kebiasaan Buruk Overthinking, Biar Hidupmu Maju!

4. Kamu mudah emosi jika pekerjaanmu sedang terkendala

Istirahat Sejenak! 5 Tanda Kamu Benar-benar Membutuhkan LiburanIlustrasi membuat kesalahan (pexels.com/ketut subiyanto)

Sebuah pekerjaan memang tidak selalu berjalan sesuai ekspektasi. Ada kalanya kamu merasakan kendala yang bisa membuat pikiran menjadi pusing. Ketika hal itu terjadi, kamu biasanya akan mudah terpancing emosi sebab beban yang dipikul sangatlah berat. Agar hal tersebut tidak malah merugikanmu, cobalah untuk berlibur beberapa saat. Kamu hanya membutuhkan liburan untuk menetralkan emosi di dalam hatimu.

5. Kamu mudah kehilangan semangat saat mengerjakan sesuatu

Istirahat Sejenak! 5 Tanda Kamu Benar-benar Membutuhkan LiburanIlustrasi menyesal (pexels.com/craig adderley)

Kehilangan semangat saat mengerjakan sesuatu memang merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, jika hal itu terjadi terlalu sering, dapat dikatakan bahwa ada yang salah di dalam dirimu. Pikiran yang cukup kacau membuatmu malas untuk mengerjakan sesuatu.

Hal tersebut harus segera diatasi agar pekerjaanmu tidak terhambat. Liburan merupakan sebuah obat yang cukup menyenangkan untuk dilakukan ketika pikiran sedang stres. Coba dedikasikan sejenak waktumu untuk berlibur agar pikiranmu menjadi fresh kembali.

Meskipun dianggap sebagai hal yang membuang-buang waktu, tapi liburan sangat penting untuk dilakukan. Hal itu tentunya sangat bisa mencegah pikiran stres yang muncul secara perlahan akibat pekerjaan.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Atasi Burnout Berlebih saat Belajar, Seperti Apa?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya