Comscore Tracker

5 Manfaat yang Kamu Dapat jika Sering Ikut Magang ketika Kuliah

Apakah kamu sudah mencoba magang saat kuliah?

Internship atau magang merupakan sebuah hal yang pasti banyak didengar oleh anak kuliahan. Biasanya seorang mahasiswa diwajibkan melakukan magang di akhir masa kuliahnya. Hal tersebut ditujukan agar mahasiswa tersebut bisa memiliki pengalaman dalam dunia kerja, entah itu sejalan dengan bidangnya atau tidak.

Tidak hanya sekali, seorang mahasiswa itu bisa bebas melakukan magang di mana saja. Namun terkadang, sedikit orang yang tertarik untuk mendaftar magang dalam porsi banyak. Sebenarnya ada beberapa manfaat yang akan didapat jika sering ikut internship. Simak pembahasan berikut ini, ya!

1. Kamu akan memiliki resume yang cukup bagus

5 Manfaat yang Kamu Dapat jika Sering Ikut Magang ketika KuliahIlustrasi resume (pexels.com/cottonbro)

Ketika lulus kuliah, seorang mahasiswa pasti disibukkan dengan mencari pekerjaan. Namun pada kenyataannya, lapangan kerja yang sedikit membuat orang-orang menjadi susah mendapatkan pekerjaan.

Sebenarnya hal tersebut bisa diatasi jika kamu memiliki resume yang baik. Maka dari itu agar resume-mu bisa terlihat lebih berkualitas, isilah hal tersebut dengan pengalaman-pengalaman magang semasa kuliah.

2. Kamu akan mendapatkan banyak kenalan baru

5 Manfaat yang Kamu Dapat jika Sering Ikut Magang ketika KuliahIlustrasi jabat tangan (pexels.com/RODNAE Produciton)

Tidak hanya bisa memperbaiki resume, kamu akan mendapatkan banyak teman baru jika sering mengikuti internship. Hal itu bisa saja terjadi karena ketika magang, kamu akan menemui orang-orang yang berasal dari kampus lain.

Semakin banyak teman yang dimiliki, maka hal tersebut tentunya akan memudahkanmu dalam mendapatkan pekerjaan pasca-kuliah. Oleh karena itu, agar memiliki banyak teman dari berbagai background, yuk sering-sering ikut magang!

Baca Juga: Cari Manfaat, Kejar 5 Hal Selagi Kamu Masih Magang!

3. Kamu pasti akan menguasai softskill yang cocok dalam dunia kerja

5 Manfaat yang Kamu Dapat jika Sering Ikut Magang ketika KuliahIlustrasi mentoring (pexels.com/fauxels)

Ketika magang, kamu pasti akan dimentori oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang tersebut. Dengan adanya hal itu, kamu pasti akan mendapatkan banyak keuntungan karena bisa memiliki hard ataupun softskill sebelum memiliki gelar sarjana.

Apalagi, magang itu sebuah kegiatan yang tidak dipungut biaya, alangkah lebih baik jika kamu bisa memanfaatkannya secara efektif. Gunakanlah predikatmu sebagai mahasiswa untuk bisa mendapatkan pengalaman yang berguna bagi keberlangsungan hidupmu nanti.

4. Bisa saja kamu mendapatkan penghasilan tambahan

5 Manfaat yang Kamu Dapat jika Sering Ikut Magang ketika KuliahIlustrasi gaji (pexels.com/andrea piacquadio)

Salah satu keuntungan secara finansial yang bisa dicapai ketika melakukan magang, adalah kamu bakal mendapatkan gaji. Meskipun tidak seberapa, tetapi pasti ada rasa puas karena telah berhasil mendapatkan uang sendiri. Selain itu, hal tersebut juga akan sangat menguntungkanmu karena bisa mendapatkan saldo tambahan.

5. Dengan banyaknya pengalaman, kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan impian

5 Manfaat yang Kamu Dapat jika Sering Ikut Magang ketika KuliahIlustrasi pekerjaan impian (pexels.com/andrea piacquadio)

Dalam dunia kerja, seseorang yang memiliki banyak pengalaman akan mudah meraih karier impian. Hal itu bisa saja terjadi karena banyak perusahaan yang membutuhkan orang-orang berpengalaman. Selain itu, pekerjaanmu pun akan dimudahkan karena bidang tersebut sudah pernah kamu pelajari.

Oleh karena itu jika ingin mendapatkan pekerjaan impian, jangan malas untuk mendaftar magang, ya! Tidak hanya sekadar mendaftar saja, namun kamu juga wajib mengikuti hal tersebut secara totalitas agar output-nya terasa.

 

Setelah mengetahui beberapa manfaat mengikuti internship semasa kuliah, apakah kamu yakin masih tidak mau melakukan hal tersebut? Gunakanlah waktu kuliahmu untuk melakukan kegiatan bermanfaat, ya!

Baca Juga: 10 Cuitan Pengalaman Magang Ini Kocak Abis, Kamu Pernah Alami Gak? 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya