Comscore Tracker

Suka Telat Paham saat Mempelajari Sesuatu? Lakukan 5 Metode Ampuh Ini!

Belajar hal baru itu gak susah, kok!

Setiap orang memang diciptakan untuk terus mempelajari sesuatu yang baru. Tetapi pada dasarnya tidak semua orang memiliki tingkat kecerdasan yang setara. Dengan adanya hal tersebut, alhasil setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda dalam memahami sesuatu. Telat memahami hal baru bukanlah sebuah hal buruk, kok!

Hal itu sebenarnya wajar terjadi tapi kamu harus berusaha untuk mengubah apa yang salah. Biasanya kesalahan yang paling masuk akal terletak pada pola belajar. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kamu mudah memahami hal-hal baru. Simak pembahasan ini baik-baik, ya!

1. Belajarlah dengan seorang mentor yang sudah menguasai bidang tersebut

Suka Telat Paham saat Mempelajari Sesuatu? Lakukan 5 Metode Ampuh Ini!Ilustrasi mentor (pexels.com/vanessa garcia)

Seseorang yang susah memahami hal baru itu biasanya cenderung tidak bisa belajar sendiri. Alhasil, kamu membutuhkan orang lain yang bisa dijadikan sebagai seorang mentor. Memiliki mentor dalam mempelajari hal baru merupakan sebuah terobosan bagus agar kamu bisa mudah memahami sesuatu. Namun untuk mendapatkan seorang mentor, kamu juga perlu mengorbankan sebagian kecil uang sebagai biayanya. Apakah kamu tertarik untuk mencari mentor?

2. Belajarlah materi-materi fundamentalnya terlebih dahulu

Suka Telat Paham saat Mempelajari Sesuatu? Lakukan 5 Metode Ampuh Ini!Ilustrasi belajar (pexels.com/andrea piacquadio)

Tidak hanya memiliki mentor, kamu juga perlu mempelajari sesuatu mulai dari fundamentalnya terlebih dahulu. Maksud dari fundamental di sini adalah materi-materi dasar yang bisa menunjang tingkat kemampuanmu pada keahlian baru. Contohnya adalah jika ingin mempelajari bahasa inggris, kamu harus hafal banyak vocabolary terlebih dahulu.

Hal semacam itu juga akan membuat semua materi yang dipelajari menjadi runtut. Jika sudah tertata rapi, alhasil kamu pun gak akan kesusahan untuk melangkah ke step selanjutnya yang tentunya lebih suit. Maka dari itu mulai sekarang jangan langsung belajar hal-hal yang advance jika kamu belum menguasai fundamentalnya, ya!

3. Jangan belajar terlalu lama dengan mengesampingkan waktu istirahat

Suka Telat Paham saat Mempelajari Sesuatu? Lakukan 5 Metode Ampuh Ini!Ilustrasi belajar (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang itu pasti memiliki tingkat kelelahan yang berbeda-beda. Dalam mempelajari suatu hal, biasanya banyak orang yang cenderung belajar dengan keras tanpa memerhatikan kondisi tubuh. Padahal hal semacam itu bisa dikatakan kurang efektif sebab pikiranmu tidak fresh.

Alangkah lebih baik jika kamu mulai menggunakan metode belajar secara bertahap. Maksudnya di sini adalah kamu harus menentukan jadwal yang sesuai dan tidak menganggu waktu istirahatmu. Seimbangkanlah antara waktu belajar dan beristirahat agar semua materi bisa masuk ke otak dengan mudah.

Baca Juga: Susah Paham saat Belajar Hal Baru? Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Ini!

4. Selesaikan tanggunganmu yang lain terlebih dahulu agar bisa fokus

Suka Telat Paham saat Mempelajari Sesuatu? Lakukan 5 Metode Ampuh Ini!Ilustrasi bekerja (pexels.com/monstera)

Sebelum mempelajari hal-hal baru, kamu wajib nanget menyelesaikan semua tanggung jawab yang ada sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar pikiranmu tidak pecah ke mana-mana. Apalagi dalam mempelajari hal baru itu membutuhkan tingkat fokus yang relatif tinggi. Jika hal itu dilakukan, maka kamu pun akan mudah mempelajari sesuatu yang baru meskipun terkesan sangat susah.

5. Carilah partner belajar bareng yang bisa kamu ajak diskusi

Suka Telat Paham saat Mempelajari Sesuatu? Lakukan 5 Metode Ampuh Ini!Ilustrasi diskusi (pexels.com/SHVETS production)

Hal terakhir yang bisa dilakukan agar mudah paham dalam mempelajari sesuatu adalah dengan mencari partner diskusi. Kamu bisa mengajak teman ataupun pasangan yang memiliki kesamaan minat denganmu. Contohnya jika kamu ingin belajar bahasa asing, coba ajak temanmu untuk melakukannya bersama-sama.

Kalian pasti akan saling support sebab memikiki goals yang sama yaitu mahir berbahasa asing. Oleh karena itu mulai sekarang coba deh temukan circle positif yang bisa membantumu menjadi manusia berkualitas. Lagipula hal tersebut juga akan mempererat hubungan pertemananmu, lho!

Memahami hal-hal baru memang bukan perkara yang gampang. Tetapi semua kesulitan itu akan bisa dimanipulasi jika kamu mau mengusahakannya. Praktikkan kelima hal di atas yuk agar otakmu lebih encer!

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Membuatmu Susah Saat Bekerja di Perusahaan!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya