Comscore Tracker

5 Hal yang Menunjukkan bahwa Kamu Kurang Mahir dalam Mengelola Gaji

Siapa nih yang masih belum bisa mengatur gaji dengan baik?

Masa-masa gajian merupakan sebuah hal yang cukup menyenangkan bagi para pekerja. Apalagi setelah penantian yang cukup panjang, kamu bisa merasakan bagaimana nikmatnya makan enak. Namun ingatlah bahwa sejatinya gajian itu kenikmatannya harus dibagi merata sampai akhir bulan. Apakah kamu termasuk orang yang gak bisa mengatur alokasi gaji?

Jika iya, kamu wajib mempelajari seluk beluk arus finansialmu agar gajimu tidak hanya 'numpang lewat'. Ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa kamu masih belum mahir dalam mengelola gaji. Beberapa hal tersebut harus diperbaiki demi kemaslahatan hidupmu. Untuk penjelasannya, simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu sering memakai sebagian besar gaji untuk belanja barang gak penting

5 Hal yang Menunjukkan bahwa Kamu Kurang Mahir dalam Mengelola GajiIlustrasi foya-foya (pexels.com/borko manigoda)

Siapa nih yang suka lalai setelah menerima gaji? Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi karena kita pasti sangat senang saat menerima hasil dari jerih payah selama sebulan penuh. Namun kamu gak boleh termakan euforia sehingga malah membahayakan kondisi keuanganmu. Kamu harus membatasi diri untuk tidak belanja barang-barang gak penting setelah menerima gaji. Hal itu dilakukan agar kehidupan sehari-harimu ke depan bisa kondusif.

2. Kamu tidak pernah menyisihkan gaji untuk dana darurat

5 Hal yang Menunjukkan bahwa Kamu Kurang Mahir dalam Mengelola GajiIlustrasi tabungan (pexels.com/kristina paukshtite)

Dana darurat merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan. Hal tersebut dapat membantumu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang datang secara tiba-tiba. Menyisihkan dana darurat dapat dilakukan setelah kamu menerima gaji. Apakah kamu sudah terbiasa menyisihkan uang untuk dana darurat?

Jika belum, dapat dikatakan bahwa kamu masih belum mahir dalam mengelola gaji. Hal itu karena sikapmu yang belum visioner perihal kebutuhan di masa depan. Mulai sekarang coba deh beri ruang di tabunganmu untuk dana darurat. Percayalah bahwa hal tersebut nantinya akan memudahkan semua urusanmu.

3. Gajimu selalu habis untuk memenuhi kebutuhan pokok

5 Hal yang Menunjukkan bahwa Kamu Kurang Mahir dalam Mengelola GajiIlustrasi belanja (pexels.com/anna shvets)

Ketika mendapatkan gaji, apakah uangmu sering cepat habis karena belanja kebutuhan pokok? Hal tersebut bisa saja terjadi jika kamu tidak menghitung besaran kebutuhan yang harus dibelanjakan. Kamu terkadang malah membelanjakan kebutuhan secara berlebihan.

Hal tersebut tentunya tidak menyehatkan bagi kondisi finansialmu sehingga akan membuat kamu tersiksa. Sebisa mungkin cobalah untuk membuat draft kebutuhan secara tak berlebihan agar pengeluaran tidak over-budget. Lakukan hal tersebut agar gajimu bisa bertahan hingga akhir bulan.

Baca Juga: 7 Keuntungan Terbiasa Giat Bekerja, Bukan Cuma Soal Gaji

4. Kamu gak memiliki tabungan investasi sepeser pun

5 Hal yang Menunjukkan bahwa Kamu Kurang Mahir dalam Mengelola GajiIlustrasi uang (pexels.com/karolina grabowska)

Keberhasilan seseorang dalam mengelola gaji itu bisa dilihat dari seberapa banyak jumlah investasinya. Jika kamu tidak pernah menyisihkan sebagian gaji untuk investasi, maka uangmu pasti akan habis dengan sia-sia. Investasi merupakan sebuah hal penting yang dapat membuat seseorang meraih kemerdekaan secara finansial. Sebelum terlambat, cobalah mengalokasikan sebagian kecil gaji untuk investasi di masa depan.

5. Kamu tidak pernah memikirkan kondisi keuangan di akhir bulan saat gajian

5 Hal yang Menunjukkan bahwa Kamu Kurang Mahir dalam Mengelola GajiIlustrasi boros (pexels.com/anete lusina)

Ketika gajian, hasrat untuk membeli barang pun pasti menggebu-gebu. Hal tersebut merupakan sebuah tantangan bagi kamu untuk bisa menahan godaan belanja. Namun jika kamu tergoda dan membelanjakan sebagian besar uang gaji, maka kondisi keuanganmu di akhir bulan akan miris.

Nantinya kamu pasti akan kesusahan menemukan cara yang tepat untuk bisa bertahan hidup secara layak. Dengan adanya hal tersebut, kamu dituntut untuk bisa bergaya hidup hemat sehingga kebutuhan sehari-harimu menjadi sangat terbatas.

Mengelola gaji memang tidak semudah apa yang dikatakan oleh orang-orang. Namun kamu wajib belajar mengalokasikan gaji agar kehidupan sehari-harimu tetap terjaga sampai akhir bulan.

Baca Juga: Punya Gaji Rp5 Juta per Bulan, Masih Bisa Nabung dan DP Rumah?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya