Comscore Tracker

5 Alasan Memiliki Pekerjaan Sampingan Berdampak Baik untuk Hidupmu

Maksimalkan potensi dirimu ya

Bekerja adalah kewajiban bagi siapapun. Baik laki-laki dan perempuan memiliki pekerjaan idamannya. Karena tanpa bekerja tidak ada yang akan kita perjuangkan dalam hidup. Namun tidak jarang dalam dunia pekerjaan seseorang memiliki lebih dari satu pekerjaan, atau memiliki pekerjaan sampingan.

Terkadang ada satu pekerjaan tetap yang dijadikan kewajiban sedangkan pekerjaan sampingan merupakan hobi atau sebagai tambahan pemasukan. Meski membutuhkan ketrampilan yang lebih dan tenaga ekstra, pekerjaan sampingan memiliki banyak manfaat yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ini 5 manfaat yang didapat ketika seseorang memiliki pekerjaan sampingan.

1. Menyalurkan hobi yang selama ini terputus karena pekerjaan

5 Alasan Memiliki Pekerjaan Sampingan Berdampak Baik untuk HidupmuPexels/veerasak Piyawatanakul

Banyak orang yang bekerja belum tentu menyenangi pekerjaannya. Meeting, berangkat pagi, memandang komputer, setiap week day kegiatan tersebut diulang-ulang. Karena itu tidak jarang kegiatan tersebut akan membuat jenuh siapapun. Selain sebagai penghilang rasa jenuh, hobi yang terus di asah akan menghasilkan pundi-pundi keuntungan suatu saat. Tidak ada salahnya menekuni hobi kembali mulai dari sekarang. 

2. Penghasilan tambahan yang didapat bisa digunakan untuk lebih banyak kebutuhan dan keinginan

5 Alasan Memiliki Pekerjaan Sampingan Berdampak Baik untuk HidupmuPexels/bruce mars

Pekerjaan sampingan yang ditekuni dengan baik bisa berdampak positif untuk kantongmu. Akan ada banyak uang yang bisa digunakan untuk ditabung atau dibelanjakan. Selain itu setidaknya kebutuhanmu akan sangat terjamin, disamping gaji tetap yang akan kamu terima setiap bulan. Memiliki pekerjaan sampingan bisa berdampak banyak terhadap kehidupanmu. Yang pasti kamu harus memiliki ketrampilan, waktu dan tenaga ekstra untuk melakukannya.

3. Belajar multitasking

5 Alasan Memiliki Pekerjaan Sampingan Berdampak Baik untuk HidupmuPexels/Burst

Karena pekerjaan sampingan mengharuskanmu pintar-pintar untuk mengalokasikan waktu dan tenaga, kemampuan multitaskingmu akan bertambah. Kamu diharuskan menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Memang terdengar sulit namun setiap aktivitas harus dibiasakan bukan? Ada banyak keuntungan seseorang yang memiliki kemampuan ini. Termasuk berdampak baik dalam mengorganisir banyak informasi, kemampuan analisis dan memiliki daya pikir yang kuat.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance Ini Bisa Kamu Kerjakan di Rumah

4. Masa tua terjamin

5 Alasan Memiliki Pekerjaan Sampingan Berdampak Baik untuk HidupmuPexels/Christina Morillo

Pekerjaan sampingan bukan hanya bermanfaat untuk masa sekarang saja. Pekerjaan sampingan terutama yang didasarkan hobi, sangat mempengaruhi masa tua kita. Ketika masa pensiun tiba, masih ada satu aktivitas menyenangkan yang didasari hobi. Termasuk merasa aman secara finansial.Disamping ada uang tetap dari pensiun masih ada penghasilan tambahan untuk kebutuhan sehari-hari.

5. Mengisi waktu luangmu agar lebih bermanfaat

5 Alasan Memiliki Pekerjaan Sampingan Berdampak Baik untuk HidupmuPexels/Humphrey Muleba

Pekerjaan sampingan bukan melulu soal uang tambahan. Terkadang beberapa orang mengakui bahwa waktu senggangnya terlalu banyak sehingga agar lebih bermanfaat jika melakukan pekerjaan sampingan. Pekerjaan seperti relawan atau partisipan dalam sebuah kegiatan sosial biasanya dilakukan hanya untuk mengisi waktu luang agar lebih bermanfaat. Namun jangan salah, pekerjaan sampingan akan memiliki dampak yang tidak selalu tentang uang. Bisa saja relasi, maupun kemudahan lain yang orang lain berikan.

Memiliki perkerjaan sampingan tentu bukan merupakan kegiatan yang mudah. Kita semua berharap untuk mendapat gaji yang besar dengan satu pekerjaan saja. Namun pekerjaan sampingan memberikan banyak manfaat, karena sangat membantu hidup kita di hari yang akan datang.

Baca Juga: 5 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Menambah Pundi Keuangan Millennial

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

hallo selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya