Comscore Tracker

5 Hal yang Menghambat Kesuksesan Penulis, Wajib Kamu Tahu!

Gak usah minder, yuk

Dalam menggeluti dunia literasi, seorang penulis akan ditantang menggunakan kata-kata yang ditulis dalam gaya dan teknik untuk mengomunikasikan ide-ide yang berbeda. Hal yang dilakukan untuk  menghasilkan seorang penulis gemilang.

Walaupun menjadi penulis gak mudah, kamu harus melewati beberapa tahap seperti dalam menulis artikel dari menggumpulkan data valid, melakukan cek aktual berita, menulis, dan revisi kembali.

Adapun kelima hal, yang kamu harus hindari sebagai penulis. Check the point!

1. Malas baca buku 

5 Hal yang Menghambat Kesuksesan Penulis, Wajib Kamu Tahu!Unsplash.com/lesman

Menjadi penulis harus memiliki cakrawala diksi yang luas. Bagaimana seorang penulis menghasilkan karya berkualitas tanpa membaca? Hal apa yang kamu bagi kepada pembacamu. Pepatah mengatakan membaca adalah jendela dunia. Dari membaca kamu bisa mengubah ketidak tahuanmu 

Masih malas membaca, kemalasaan hanya membawa kemudaratan pada diri kamu, lho!

2. Takut karyamu direspons jelek

5 Hal yang Menghambat Kesuksesan Penulis, Wajib Kamu Tahu!Unsplash.com/@nbbfoto

Setiap orang memiliki selera masing-masing. Versi terbaik menurut kamu belum tentu terbaik menurut orang. Perspektif dan mindset orang berbeda. Kamu harus tetap berkarya, apa pun tanggapan orang lain yang penting kamu telah berkarya.

Baca Juga: IWF 2020: Ini 8 Tips Menjadi Penulis ala Tsana Penulis Rintik Sedu

3. Negative thinking

5 Hal yang Menghambat Kesuksesan Penulis, Wajib Kamu Tahu!Unsplash.com/melanie wasser

Pikiran negatif hanya mempengaruhi kinerja kamu. hal negatif yang terus-menerus dapat menghancurkan kesehatan mental kamu, membuat tertekan dan cemas.

Kamu harus menghilangkan sikap ini. Dan mulailah  berpikir positif karena dapat meningkatkan kesejahteraan mental, meminimalkan stres, dan bahkan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Sebagai penulis kamu selalu berpikir positif, lho!

4. Minder sama penulis lain

5 Hal yang Menghambat Kesuksesan Penulis, Wajib Kamu Tahu!Unsplash.com/@brookecagle

Rasa minder hanya membuat kamu merasa insecure. Minder sama orang lain? Gak ada gunanya! Kamu justru harus belajar dari orang tersebut. Yang pasti cara kenerja mereka atau dalam istilah keren adalah "sharing writer". Gak ada salah kok, saling berbagi daripada kamu iri dengki. Gak baik untuk kesehatan diri kamu juga,lho!

5. Menunda-nunda ketik naskah 

5 Hal yang Menghambat Kesuksesan Penulis, Wajib Kamu Tahu!Unsplash.com/@bayu_joo

Hal yang ditunda-tunda gak baik untuk kamu. Menunda akan sesuatu sama dengan kamu menunda kesuksesan dalam diri kamu. Masih mau menunda hal yang harus terlaksana dengan cepat? Pasti gak kan. Impian itu dijemput jangan malas menggapai hal tersebut. Lebih cepat tercapai kamu akan bahagia.

Itulah lima hal yang menghambat kesuksesan penulis. Setelah tahu yuk, mulai perbaiki kualitas dirimu saat menulis supaya kariermu bisa sukses kedepan. Semoga artikel ini bisa membantu,ya!

Baca Juga: IWF 2020: Kenali 7 Tips Menjadi Penulis Kesayangan Editor

Siti Aminah Photo Writer Siti Aminah

Masih belajar dan terus memperbaiki tulisan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya