Comscore Tracker

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesai

Kerjaan cepat kelar, hati bahagia~

Sejak diluncurkan satu dekade yang lalu, Gmail tak hanya menjadi layanan email semata, namun juga bagian dari gaya hidup. Gmail telah menjadi layanan email terbesar di dunia, dan telah menjadi kosakata baru dalam penggunaan email. Namun bukan berarti penggunaan Gmail hanya terbatas pada keluar dan keluar email, lho. Bahkan bisa membuat hidupmu jadi lebih mudah.

Banyak aplikasi dan plug-in di internet yang bisa membuat pengalamanmu dalam menggunakan Gmail menjadi nyaman dan mudah. Dengan add-on yang keren, kamu bisa melihat siapa saja yang melacak emailmu. Gimana caranya? Berikut 17 trik yang akan membantu penggunaan Gmailmu lebih efektif.

1. Cari tahu siapa saja yang menjual alamat emailmu dengan menambahkan tanda "+" dan kata spesifik yang berhubungan dengan layanan baru yang kamu curigai.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaigmail.com

Sedang mendaftar layanan baru? Sekarang, Gmail mampu mengenali tanda +, sehingga kamu bisa membuat versi alternatif pada emailmu dan memonitor jika kamu mulai menerima spam dari alamat baru yang mencurigakan. Jadi, jika emailmu biasanya adalah novaya@gmail.com dan ingin mendaftarkan emailmu ke Facebook, kamu bisa mendaftarkan emailmu dengan mengetik novaya+facebook@gmail.com dan mulailah mengawasi.

2. "Sortd" mengubah Gmail-mu menjadi satu set peralatan yang berguna.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaisortd.com

Sortd adalah aplikasi cerdas yang membuat Gmail-mu berubah menjadi satu set daftar yang bisa kamu sesuaikan dengan ritme kerja. Sortd dibuat untuk menyederhanakan tampilan inbox emailmu sehingga tak berantakan.

3. "Ugly Email" akan memberitahumu email mana saja yang telah dilacak sebelum kamu benar-benar membukanya. 17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaiuglyemail.com

Kamu mungkin tak tahu, tapi sekarang ada lho aplikasi yang memungkinkan pengirim email untuk mengetahui kapan kamu membuka email, apa saja yang kamu klik, dan di mana lokasimu saat itu. Untuk mencegah hal ini, gunakan ekstensi Chrome yang bernama Ugly Email untuk mengetahui apakah emailmu ada yang melacak atau tidak.

4. "FullContact" menunjukkan profil orang yang mengirimkan email padamu.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaifullcontact.com

Ekstensi Chrome ini akan menunjukkanmu profil sosial dan pekerjaan orang yang mengirimkan email padamu. Kamu bisa membacanya melalui akun Twitter mereka, mengecek foto Instagram, dan melihat akun Facebook mereka. Kamu bahkan mendapat informasi detail seperti demografi organisasi yang mereka ikuti.

5. "Mixmax" akan membuatkanmu template satu kali klik, dan akan membantumu mengatur pertemuan mingguan.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaimixmax.com

Mixmax adalah ekstensi Chrome yang penuh manfaat. Mixmax akan membuat jadwal pertemuanmu lebih mudah dengan memberi notifikasi apakah seseorang telah membuka emailmu atau belum, jadi kamu tahu kapan harus 'mengganggu'.

6. "Mailburn" akan mengubah tampilan email menjadi seperti WhatsApp ketika kamu membacanya dari gawaimu.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat SelesaiMailburn

Aplikasi iPhone ini akan menunjukkan percakapan Gmail dengan pengguna asli email, jadi email yang berasal dari newsletter tak akan nampak di teleponmu. Di telepon, percakapan via email akan terlihat seperti chat biasa yang sering kamu lihat di WhatsApp, hanya saja tak menggunakan "show quoted text."

7. "Unsubscriber" akan membuatmu lebih mudah untuk meng-unsubscribe newsletter dan spam yang mengganggu.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat SelesaiUnsubscriber

Unsubscriber for Gmail adalah sebuah aplikasi iPhone sederhana dengan satu kemampuan andalah: yaitu dengan mudah membuatmu meng-unsubscribe newsletter dan spam yang mengganggu. Cukup dengan swipe ke kiri untuk unsubscribe, atau swipe kanan untuk tetap subscribe.

8. "MailTrack.io" akan memberi notifikasi apakah seseorang telah membaca emailmu atau belum, bahkan dalam grup email sekalipun.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaimailtrack.io

MailTrack.io adalah ekstensi Chrome yang akan memberi notifikasi ketika sebuah email telah dibaca penerima. Tak hanya itu, MailTrack.io bisa memberitahumu apakah emailmu sudah dibaca atau belum bahkan ketika dikirim ke dalam tumpukan email.

Baca juga: Bingung Cari Uang Tambahan? Pantau 15 Situs Freelance Ini Mulai Sekarang!

9. "Snapmail" akan mengirim email yang bisa menghapus dirinya sendiri.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaisnapmail.com

Snapmail akan menambah sebuah tombol baru di sebelah tombol "kirim" Gmail-mu jika kamu ingin menggunakan fitur hapus otomatis ini. Tombol itu akan mengenkripsi pesanmu dan hanya mengirimkan sebuah link ke penerimanya. Ketika penerima telah klik link tersebut, Snapmail akan menampilkan pesan yang akan terhapus otomatis dalam waktu 60 detik.

10. "Gmail offline" is exactly what it sounds like.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat SelesaiGmail Offline

Gmail Offline akan membuatmu bisa bekerja menggunakan Gmail meskipun tak memiliki jaringan internet.

11. "Giphy for Gmail" akan membawa kelucuan dunia GIF ke dalam emailmu.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaigiphy.com

Giphy memiliki ekstensi Chrome yang akan membuat Gmail-mu lebih berwarna. Sekali dipasang, sebuah ikon pelangi akan muncul di dekat ikon formatting. Membuat kegiatan mengirim pesanmu menjadi lebih mengasyikkan dan menyenangkan.

12. "Dropbox for Gmail" akan menghemat ruang dan meminimalisir sakit kepalamu dengan mengintegrasi Dropbox-mu dengan emailmu.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaidropbox.com

Dropbox for Gmail akan membantu membagikan file yang disimpan di Dropbox secara langsung dari akun Gmail-mu. Integrasi ini gratis dan tersedia melalui toko web Google Chrome. Jika kamu menggunakan integrasi, ikon Dropbox akan muncul di bagian bawah jendela tulis Gmail. Dengan klik ikon ini akan menunjukkan jendela sembulan tempat memilih konten Dropboxmu.

13. "Boomerang" tak hanya menjadwalkan email untuk dikirim, namun juga balasannya.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaiboomerang.com

Boomerang adalah sebuah plug-in yang bisa dipakai Chrome, Firefox dan Safari. Memiliki fitur utama untuk mengirim email sesuai jadwal yang telah diatur jamnya.

14. "Find Big Mail" akan mencari email yang paling banyak memakan ruangmu dan kemudian menghapusnya.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaifindbigmail.com

Kalau ruang kosongmu di Gmail sudah hampir habis, itu disebabkan karena kamu punya banyak email yang tak berguna memenuhi inboxmu. Find Big Mail akdalah program yang memindai akunmu dan membantumu menemukan file terbesar dalam inboxmu.

15. "WiseStamp" akan membuat tanda tangan keren untuk emailmu.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaiwisestamp.com

WiseStamp adalah ekstensi Chrome yang akan membantumu membut tanda tangan. Kamu bisa memilih jenis huruf, warna dan gambar. Kamu juga bisa menambahkan elemen keren seperti link ke Facbook, Twitter dan LinkedIn.

16. "Send from Gmail" akan memastikan bahwa pengaturan standar emailmu adalah Gmail.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat SelesaiSend from Gmail

Ekstensi Chrome satu ini akan memberimu pilihan default agar tak kebingungan dalam memilih aplikasi penyedia layanan email. Aplikasi ini akan membuat tampilan jendela Compose email kapanpun kamu mengeklik alamat email dari situs web manapun.

17. "Hiver" membuat label dan catatan Gmail.

17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesaihiver.com

Hiver adalah ekstensi Chrome yang tepat untuk berkolaborasi dengan rekan kerja, atau siapapun yang sedang dalam proyek yang sama denganmu. Dengan berbagi label, jika kamu menambahkan label ke dalam email, maka akan muncul juga di dalam inbox rekan kerja yang juga memiliki label yang sama.

Gimana, masih aja mau kerjaan gak kelar-kelar gara-gara email berantakan?

Baca juga: Jadi Programer Handal Gak Harus Kuliah, 10 Situs Koding Gratis yang Bisa Kamu Ikuti!

Topic:

Berita Terkini Lainnya