Comscore Tracker

Baru Mendapat Pekerjaan? 5 Prioritas Utama yang Perlu Kamu Terapkan

Jangan untuk foya-foya, ya

Bagi setiap orang yang baru saja mendapatkan pekerjaan khususnya freshgraduates, mungkin manajemen kuangan menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Kamu membutuhkan beberapa pertimbangan sebelum akhirnya menentukan prioritas pengeluaran.

Namun, tetap saja ada beberapa hal yang secara umum perlu kamu terapkan untuk menentukan prioritas dalam keuanganmu. Apa saja? Yuk, cari tahu.

1. Asuransi kesehatan

Baru Mendapat Pekerjaan? 5 Prioritas Utama yang Perlu Kamu TerapkanPexels/Karolina Grabowska

Prioritas yang satu ini menjadi hal paling dasar yang semestinya kamu cantumkan pada prioritas utama. Mengasuransikan kesehatan diri menjadi pencegahan terbaik yang bisa kamu lakukan. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan asuransi kesehatan sebagai prioritas pengeluaran keuanganmu.

2. Biaya sehari-hari

Baru Mendapat Pekerjaan? 5 Prioritas Utama yang Perlu Kamu TerapkanPexels/Pixabay

Sebagai makhluk hidup tentunya ada banyak hal yang kamu perlu lakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini akan sangat rumit bila harga kebutuhan dasar melonjak. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk membuat pencatatannya dan menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca Juga: 5 Alasan Realistis Kenapa Gaji Tinggi dalam Pekerjaan Itu Penting

3. Pengeluaran untuk orangtua dan zakat

Baru Mendapat Pekerjaan? 5 Prioritas Utama yang Perlu Kamu TerapkanPexels/Karolina Grabowska

Tentunya kamu pasti ingin menjadi anak yang berbakti dengan cara memberikan hal terbaik pada orangtua. Oleh sebab itu, tetap masukan prioritas pengeluaran keuangan untuk orangtua. Selain itu, jangan lupa dengan pengeluaran zakat atau infaq yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk kepedulianmu pada sesama.

4. Tabungan masa depan

Baru Mendapat Pekerjaan? 5 Prioritas Utama yang Perlu Kamu TerapkanPexels/Skitterphoto

Untuk tabungan masa depan, tentunya menjadi hal paling umum yang harus dilakukan oleh banyak orang. Pentingnya merencanakan tabungan masa depan bertujuan agar nantinya tetap terjamin kedepannya. Oleh sebab itu, buat perencanaan tabungan masa depan untuk prioritas keuangan masa depanmu.

5. Perencanaan keuangan opsional

Baru Mendapat Pekerjaan? 5 Prioritas Utama yang Perlu Kamu TerapkanPexels/Te lensFix

Selain hal-hal penting seperti yang dijabarkan sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa ada perencanaan yang berkaitan dengan hal opsional. Sebut saja seperti kebutuhan berlibur, upgrade ponsel, alat elektronik rumah, hingga kendaraan dapat kamu masukan ke dalam prioritas opsional. Dengan begitu, maka akan memudahkanmu dalam mengaturnya.

Dengan beberapa prioritas dasar di atas tentunya bisa memberikanmu sedikit referensi. Nantinya, kamu akan menemukan sendiri skala prioritas sebab setiap orang tentunya akan memiliki prioritas yang berbeda-beda. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Hal Seputar Pekerjaan yang Sudah Gak Relevan di Zaman Sekarang 

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya