Comscore Tracker

5 Pertimbangan Penting saat Diterima Kerja dengan Gaji Minim

Gaji memang penting, namun bukan faktor satu-satunya

Bekerja merupakan salah satu aktivitas yang dibutuhkan oleh semua orang. Tanpa memiliki pekerjaan, maka akan sangat sulit dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Meskipun menjadi aktivitas yang wajib dimiliki, namun sayangnya tidak semua orang dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan gaji yang layak.

Ada pula orang-orang yang diterima bekerja, namun dengan rentang gaji yang minim. Jika kamu berada dalam situasi yang demikian, beberapa tips berikut ini dapat kamu jadikan bahan pertimbangan.

1. Ketahui apakah ada insetif di luar gaji pokok

5 Pertimbangan Penting saat Diterima Kerja dengan Gaji MinimIlustrasi insentif kerja (Unsplash/Vitaly Taranov)

Pada saat kamu diterima bekerja, biasanya selalu ada penjelasan mengenai pendapatan yang akan diperoleh. Kamu wajib mengetahui apakah sekiranya ada pendapatan lain di luar gaji pokok atau tidak.


Insentif tambahan tersebut dapat kamu jadikan bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menerima tawaran bekerja. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada pendapatanmu nantinya.

2. Pertimbangkan fasilitas yang diberikan perusahaan

5 Pertimbangan Penting saat Diterima Kerja dengan Gaji MinimIlustrasi fasilitas pekerjaan (Unsplash/Austin Distel)

Hal lainnya yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan adalah mengenai fasilitas. Kamu dapat memikirkan ulang mengenai fasilitas apa saja yang mungkin kamu peroleh saat bekerja nanti.


Jika kamu sudah mengetahui fasilitas-fasilitasnya, maka kamu dapat menjadikan hal tersebut sebagai bahan pertimbangan. Dengan demikian, maka kamu dapat menentukan sikap untuk menerima tawaran bekerja atau tidak.

Baca Juga: 5 Motivasi Ini Membuatmu Bersyukur meski Gaji Masih Pas-pasan

3. Prospek karier ke depannya

5 Pertimbangan Penting saat Diterima Kerja dengan Gaji MinimIlustrasi prospek bekerja (Unsplash/Cytonn Photography)

Ada perusahaan yang mungkin menawarkan pendapatan minim, namun justru prospek kariernya bisa sangat mengesankan. Hal ini tentu tergantung pada seberapa besar kemungkinan dan kesempatanmu untuk memperoleh prospek tersebut.


Jika perusahaan menawarkan kesempatan atau prospek karier yang baik ke depannya, maka jangan lewatkan hal tersebut. Prospek karier yang mulus akan membantumu memperoleh pendapatan yang jauh lebih baik ke depannya dan hal tersebur bisa tergantung pada progres bekerjamu.

4. Reputasi perusahaan yang baik dan menjanjikan

5 Pertimbangan Penting saat Diterima Kerja dengan Gaji MinimIlustrasi progres perusahaan (Unsplash/Austin Distel)

Kadang kala seseorang melamar pekerjaan juga berdasarkan reputasi yang dimiliki perusahaan. Pertimbangan tersebut biasanya memiliki kaitan dengan kesempatan karier ke depannya atau pun kesejahteraan yang ditawarkan.


Jika kamu merasa bahwa perusahaan yang dilamar memiliki reputasi yang baik, maka tidak ada salahnya dalam mengambilnya. Meski demikian, jangan sampai terjebak pada perusahaan bereputasi baik, namun juga memiliki usaha yang minim dalam memberikan kesejahteraan di dalamnya.

5. Tidak memiliki persoalan berarti atau pun opsi lainnya

5 Pertimbangan Penting saat Diterima Kerja dengan Gaji MinimIlustrasi seorang pria sedang bekerja (Unsplash/Max Titov)

Untuk para fresh graduate yang baru saja lulus dan memang sedang mencari pekerjaan, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pekerjaan meski dengan gaji minim. Hal ini bisa saja kamu jadikan sebagai batu loncatan untuk karier ke depannya.
Kamu juga memiliki hak untuk menolak tawaran kerja apabila dirasa masih memiliki opsi lain. Namun, jika memang tidak ada persoalan berarti, maka tak ada salahnya dalam mengambil penawaran tersebut.

Melalui hal-hal di atas, maka kamu dapat menjadikannya sebagai bahan pertimbangan sebelum menerima pekerjaan dengan gaji yang minim. Jangan gegabah mengambil keputusan, ya!

Baca Juga: 5 Cara Gali Potensi Diri untuk Mencapai Titik Karier Terbaik

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya