Comscore Tracker

5 Tips Kelola Stres Kuliah sambil Bekerja, Resiko Menjalani 2 Pilihan

Kamu dituntut untuk dapat melakukannya secara multitasking

Setiap orang memiliki opsi untuk lanjut bekerja atau berkuliah terlebih dahulu. Kadang kala ada pula orang yang tetap melanjutkan perkuliahan, namun juga sambil bekerja.

Tentunya hal tersebut bukanlah hal yang mudah sebab rentan mengalami stres dan rasa lelah. Selain itu, jika kamu tak memahami bagaimana cara mengontrol rasa stres tersebut, maka akan sulit dalam menjalani keduanya dengan seimbang. Untuk mensiasati hal tersebut, maka lakukan beberapa tips berikut ini agar kewajibanmu dalam bekerja dan berkuliah jadi tak terhambat stres.

1. Selalu membuat penjadwalan yang baik

5 Tips Kelola Stres Kuliah sambil Bekerja, Resiko Menjalani 2 PilihanIlustrasi pembuatan jadwal (Unsplash/Jo Szczepanska)

Hal yang mungkin banyak membuat stres adalah penjadwalan yang kadang kala sulit untuk diaturnya. Biasanya karena memang kesibukan bekerja sering kali bentrok dengan kesibukan untuk berkuliah.

Untuk membantu mensiasati hal tersebut, maka usahakan untuk selalu membuat penjadwalan yang baik. Melalui penjadwalan yang baik, maka kamu pun dapat melakukan semuanya secara terstruktur dan terorganisir.

2. Jangan suka menunda pekerjaan atau tugas

5 Tips Kelola Stres Kuliah sambil Bekerja, Resiko Menjalani 2 PilihanIlustrasi bermain sosial media di ponsel (Pexels/cottonbro)

Untuk dapat menyeimbangkan antara pekerjaan dan perkuliahan, tentunya kamu harus disiplin dalam melakukan segala sesuatunya. Salah satunya adalah dengan tidak menunda pekerjaan atau tugas yang ada.

Selalu berusaha lah untuk mengerjakan semuanya dengan cara dicicil agar tidak menumpuk. Kebiasaan untuk menunda pekerjaan atau tugas kadang kala hanya akan membuatmu kesulitan dalam mengerjakan semuanya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

3. Membuat skala prioritas dalam mengerjakannya

5 Tips Kelola Stres Kuliah sambil Bekerja, Resiko Menjalani 2 PilihanIlustrasi pembuatan jadwal (Unsplash/Estée Janssens)

Kamu harus memiliki pengaturan waktu yang tepat dalam mengerjakan pekerjaan dan perkuliahan dengan baik. Kadang kala pengaturan waktu yang tak tepat bisa membuatnya berantakan.

Untuk mensiasati hal tersebut, maka biasakan untuk membuat skala prioritas dalam mengerjakannya. Skala prioritas ini dapat membantumu dalam menentukan apa yang bia dikerjakan lebih dahulu, sehingga semua pekerjaan dan tugas dapat terselesaikan dengan baik.

4. Selalu luangkan waktu dalam satu hari untuk sekadar merileksasikan pikiran

5 Tips Kelola Stres Kuliah sambil Bekerja, Resiko Menjalani 2 PilihanIlustrasi perempuan sedang membaca (Unsplash/Joel Muniz)

Untuk kamu yang memiliki kesibukan khusus dalam bekerja atau berkuliah setiap harinya, rasa stres yang sering kali muncul biasanya karena rasa suntuk akan rutinitas. Untuk menyegarkan pikiran tentunya kamu harus menemukan cara yang tepat.

Salah satunya adalah dengan selalu meluangkan waktu dalam sehari untuk sekadar merileksasikan pikiran sejenak. Kamu dapat melakukan hal sederhana seperti mendengarkan musik, membaca buku, atau melakukan peregangan sedikit.

5. Membuat jadwal me time secara rutin

5 Tips Kelola Stres Kuliah sambil Bekerja, Resiko Menjalani 2 PilihanIlustrasi sedang rileksasi (Unsplash/Roberto Nickson)

Selain hanya meluangkan waktu sekilas dalam sehari untuk rileksasi, kamu juga bisa membuat jadwal untuk melakukan me time secara rutin. Me time ini bisa dilakukan dengan beragam cara yang berbeda tergantung dengan selera masing-masing.

Melalui cara untuk membuat jadwal me time secara rutin, maka dapat membantu dalam menyegarkan pikiran sejenak. Cara ini dapat mencegah stres akibat beban pekerjaan dan perkuliahan.

Meski bekerja sambil berkuliah bukan lah hal yang mudah dilakukan, namun dengan kontrol stres yang baik maka bisa dilakukan dengan baik. Semuanya jadi bisa berjalan seimbang. Cari solusi mengelola stres dengan tepat, ya!

Baca Juga: 5 Tips Diterima Kerja Kantoran meski Masih Aktif Kuliah

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya