Comscore Tracker

5 Penyebab Atasan Sering Memarahi Pegawainya, Jangan Ditiru!

Tentunya tidak nyaman bila dimarahi oleh atasan sendiri

Bekerja di bawah tekanan mungkin menjadi sesuatu yang tak nyaman untuk dilakukan. Sering kali hal ini tak hanya disebabkan karena beban pekerjaan yang dimiliki saja, namun juga karena atasan yang mungkin dianggap berlebihan dalam memperlakukan pegawainya.

Jika memiliki atasan dengan karakter buruk dan sering memarahi pegawainya tentu memberikan efek yang buruk. Biasanya atasan seperti itu gemar memarahi atasan karena beberapa penyebab berikut ini.

1. Karakter atasan yang temperamental

5 Penyebab Atasan Sering Memarahi Pegawainya, Jangan Ditiru!ilustrasi temperamen (unsplash.com/@julienlphoto)

Atasan yang gemar memarahi pegawainya biasanya juga sering dikaitkan dengan seseorang yang temperamental. Tipe orang seperti ini akan mudah meluapkan emosinya bahkan untuk hal yang dianggap sepele.

Kamu harus ekstra berhati-hati jika memiliki atasan dengan tipe yang seperti ini. Bisa saja mungkin kamu menjadi target dari kekesalan atasan meski untuk alasan yang sepele.

2. Hasil kerja pegawai yang memang tidak baik

5 Penyebab Atasan Sering Memarahi Pegawainya, Jangan Ditiru!ilustrasi pusing bekerja (pexels.com/@Ketut-Subiyanto)

Ibarat pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada asap bila tidak ada api, tentu hal ini juga berkaitan dengan alasan memarahi pegawai yang dilakukan oleh atasan. Sering kali banyak pegawai yang memberikan hasil kurang baik terhadap pekerjaannya.

Dampaknya bisa membuat atasan merasa kesal atas hal tersebut. Tidak heran bila atasan bisa saja justru memarahi pegawainya sebab memberikan hasil pekerjaan yang mengecewakan.

Baca Juga: 5 Cara Melakukan Presentasi yang Berkesan di Depan Atasan dan Audiens

3. Cara atasan untuk menunjukan superioritasnya

5 Penyebab Atasan Sering Memarahi Pegawainya, Jangan Ditiru!ilustrasi atasan (unsplash.com/@shipnorth)

Memegang posisi sebagai seorang atasan tentu tak lepas kaitannya dengan sifat superior. Sifat ini membuat seorang atasan dengan mudahnya menunjukan sikap berlebihan terhadap para pegawainya. Salah satunya adalah dengan marah-marah secara mudah.

Sebetulnya pegawailah yang memperoleh dampak dan kerugian tersendiri sebab dijadikan objek oleh atasan. Itulah mengapa sebaiknya atasan tak perlu berusaha menjaga imejnya dengan cara yang keliru, apalagi sampai menyakiti orang lain.

4. Cara bekerja atasan yang berusaha tegas dan cepat

5 Penyebab Atasan Sering Memarahi Pegawainya, Jangan Ditiru!ilustrasi para atasan (unsplash.com/@officestock)

Memegang posisi sebagai seorang atasan tentu tak lepas kaitannya dengan sifat superior. Sifat ini membuat seorang atasan dengan mudahnya menunjukan sikap berlebihan terhadap para pegawainya. Salah satunya adalah dengan marah-marah secara mudah.

Sebetulnya pegawai yang memperoleh dampak dan kerugian tersendiri sebab dijadikan objek oleh atasan. Itulah mengapa sebaiknya atasan tak perlu berusaha menjaga imejnya dengan cara yang keliru, apalagi sampai menyakiti orang lain.

5. Kurangnya atasan dalam bersikap profesional

5 Penyebab Atasan Sering Memarahi Pegawainya, Jangan Ditiru!ilustrasi tidak profesional (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Profesionalitas menjadi hal dasar yang harus dilakukan oleh setiap orang, entah pegawai atau bahkan atasan. Tidak ada pengecualian untuk tak bersikap profesional di tempat kerja.

Jika atasan justru bersikap tidak profesional, maka dampaknya bisa serius. Atasan jadi dengan mudahnya memarahi pegawai bahkan mungkin saja sampai menyerang pribadinya. Hal ini jelas menjadi sesuatu hal yang tak dibenarkan sama sekali.

Memahami secara jelas bahwa pasti ada penyebab khusus mengapa atasan bisa dengan mudah memarahi pegawainya. Meski demikian, selalu ada batasan yang sebaiknya sama-sama dihormati, seperti tidak sampai menyerang secara pribadi atau bahkan melayangkan ancaman. Jangan seperti ini, ya!

Baca Juga: 5 Tanda bahwa Kamu Sedang Diawasi oleh Atasan di Kantor, Hati-hati!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya