Comscore Tracker

5 Bahaya Smartphone untuk Produktivitas Pekerjaan, Bikin Terganggu!

Jangan sampai menggunakan smartphone berlebihan

Penggunaan ponsel pintar atau yang juga disebut dengan nama smartphone memang sudah sangat populer. Hampir semua orang pasti menggunakan ponsel pintar untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Sayangnya, di tengah kecanggihan fitur yang dimiliki ponsel pintar, penggunaannya yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa dampak. Salah satunya adalah risiko terganggunya produktivitas dari pekerjaan akibat penggunaan ponsel. Beberapa dampak berikut ini bisa membuat pekerjaanmu jadi bermasalah akibat penggunaan ponsel pintar secara berlebih.

1. Terlalu mengumbar urusan pribadi di sosial media

5 Bahaya Smartphone untuk Produktivitas Pekerjaan, Bikin Terganggu!Ilustrasi sosial media di ponsel (Pexels/Tracy Le Blanc)

Kamu tentu saja memiliki urusan pribadi yang bahkan tak ingin kamu buka dari orang lain. Hal yang membuat ponsel pintar jadi bermasalah adalah ketika penggunaannya justru digunakan untuk mengubar terlalu banyak urusan pribadi.

Dampaknya tentu saja semua orang jadi bisa melihat kehidupan pribadimu dengan detail. Padahal sebagai pekerja yang profesional tentunya kamu harus dapat menjaga reputasi dan kredibilitas dengan baik.

2. Terlalu banyak mengunggah foto apa pun, termasuk pekerjaan

5 Bahaya Smartphone untuk Produktivitas Pekerjaan, Bikin Terganggu!Ilustrasi bermain sosial media di ponsel (Pexels/cottonbro)

Di media sosial memang kamu memiliki kebebasan untuk mengunggah apa pun yang kamu mau, termasuk foto. Kadang kala foto apa saja yang bisa diunggah tidaklah dibatasi sehingga kamu bebas mengunggahnya.

Hal yang bermasalah adalah ketika kamu terlalu banyak mengunggah foto apa pun di media sosial, termasuk pekerjaan. Kamu jadi tidak memiliki kerahasiaan dalam pekerjaanmu lagi.

Baca Juga: 10 Meme Momen Kocak yang Sering Kamu Alami di Media Sosial, Relate!

3. Banyak bergosip di media sosial

5 Bahaya Smartphone untuk Produktivitas Pekerjaan, Bikin Terganggu!Ilustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Sosial media memudahkanmu untuk saling berkomunikasi dengan orang lain. Sayangnya hal ini justru bisa digunakan lewat cara yang salah.

Salah satu contohnya adalah dengan bergosip ria di media sosial. Biasanya hal ini bahkan dilakukan secara beramai-ramai sehingga termasuk tindakan yang sangat tidak terpuji.

4. Banyak menghabiskan waktu untuk bermain game

5 Bahaya Smartphone untuk Produktivitas Pekerjaan, Bikin Terganggu!Ilustrasi bermain game (Pexels/samer daboul)

Salah satu fitur yang bisa digunakan dalam ponsel pintar adalah bermain permainan secara online. Pada saat ini ada banyak sekali jenis games yang bisa kamu mainkan di ponsel pintarmu.

Hal yang tidak boleh kamu lakukan adalah ketika bermain games melebihi batas waktu yang disarankan. Tentunya hal ini akan membuat produktivitasmu jadi terganggu karena hal tersebut.

5. Kebiasaan menunda pekerjaan

5 Bahaya Smartphone untuk Produktivitas Pekerjaan, Bikin Terganggu!Ilustrasi pusing bekerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kebiasaan menunda pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus dihindari jika ingin memperoleh kinerja yang maksimal. Hal yang disayangkan adalah kamu jadi terus menerus melakukan kebiasaan untuk menunda pekerjaan.

Biasanya hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan umum. Salah satunya adalah karena terlalu sering bermain ponsel.

 

Ternyata memang ada banyak dampak tak baik untuk produktivitas akibat penggunaan ponsel pintar secara berlebihan. Batasi penggunaannya agar produktivitas terjaga, ya!

Baca Juga: 6 Tips Beli Smartphone Second Menjelang Akhir Tahun 2021 

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya