Comscore Tracker

5 Cara Bijak dalam Menghadapi Kritik dari Atasan, Jadikan Motivasi!

Progres pekerjaanmu pun diharapkan semakin berkembang

Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Bahkan, hal ini juga berkaitan dengan hasil pekerjaan yang pasti tidak akan sempurna dengan maksimal. Banyak orang yang melakukan kesalahan, sehingga menimbulkan kritik.

Kritik tak hanya bisa hadir dari rekan kerja saja, melainkan juga dari atasan. Kamu tentu akan merasa lebih tersorot apabila mendapat kritikan langsung dari atasan. Meski demikian, kamu dapat menghadapi situasi tersebut dengan beberapa tips bijak berikut ini.

1. Menahan emosi dan reaksi berlebih

5 Cara Bijak dalam Menghadapi Kritik dari Atasan, Jadikan Motivasi!Ilustrasi dua orang mengobrol (Pexels/Andrea Piacquadio)

Sangat wajar apabila seseorang merasa terkejut atau bahkan tersinggung apabila diberikan kritikan. Hal ini semakin menjadi-jadi apabila apa yang dikritik kadang kala di luar dari konteks tugas yang dikerjakan.

Itulah pentingnya menahan diri untuk tidak lepas kontrol dan justru bisa menimbulkan reaksi yang berlebihan, apalagi hingga emosi. Kamu perlu memberikan tampilan yang tetap tenang dan bijak, sehingga tidak gegabah dalam mengambil keputusan.

2. Memaklumi kritikan tersebut

5 Cara Bijak dalam Menghadapi Kritik dari Atasan, Jadikan Motivasi!Ilustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Yan Krukov)

Di balik setiap kritikan yang dilontarkan sudah tentu terdapat asal muasal yang melatarbelakangi hal tersebut. Tentunya tak akan jadi masalah jika apa yang dikritik memang ada benarnya.

Jika kamu merasa memang melakukan kesalahan, cukup pahami dan maklumi saja. Merasa terus menerus benar kadang kala justru membuat seseorang sulit paham dan merasa maklum dengan orang lain, sehingga justru cenderung egois.

Baca Juga: 5 Akibat jika Terlalu Baper dengan Teguran Atasan

3. Meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat

5 Cara Bijak dalam Menghadapi Kritik dari Atasan, Jadikan Motivasi!Ilustrasi berjabat tangan (Pexels/fauxels)

Manusia tentu pernah melakukan kesalahan yang bisa memengaruhi kinerja di pekerjaannya. Kadang kala, kesalahan tersebut bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor.

Tentu saja cara yang tepat dalam mengatasi hal demikian adalah dengan menyadarkan diri bahwa kritikan tersebut merupakan kesalahan yang mungkin dilakukan. Jangan gengsi meminta maaf dan berjanji untuk meningkatkan kinerja kembali.

4. Cobalah untuk mendominasi pikiran dengan hal positif

5 Cara Bijak dalam Menghadapi Kritik dari Atasan, Jadikan Motivasi!Ilustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Hal yang paling banyak memengaruhi seseorang dalam hal kinerja adalah soal dominasi pikiran. Segala macam pikiran negatif yang mendominasi kadang kala hanya akan memberikan rasa pesimistis dan rendah diri setelah dikritik oleh atasan.

Kamu harus memiliki cara untuk mengembalikan pikiran agar kembali didominasi oleh hal-hal yang positif. Melalui cara demikian, maka kamu pun tak akan menganggap kritikan sebagai beban.

5. Introspeksi diri sebaik mungkin

5 Cara Bijak dalam Menghadapi Kritik dari Atasan, Jadikan Motivasi!Ilustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Burst)

Cara selanjutnya adalah dengan kembali melakukan introspeksi diri dengan baik. Kamu harus kembali memikirkan apa kesalahan yang telah kamu perbuat, sehingga memengaruhi kinerjamu.

Lakukan evaluasi diri secara bertahap untuk membuatmu memahami letak kesalahan dan cara untuk mensiasatinya. Melalui cara yang demikian, maka diharapkan akan membantumu dalam kembali meningkatkan kebijaksanaan dalam bekerja.



Meski memang tak mudah dalam menerima kritikan dari atasan. Namun, secara bertahap dan dengan tips bijak di atas, maka kamu dapat menghadapinya dengan baik dan mencari solusi terbaik untuk kinerja bekerjamu. Jadikan motivasi, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Merasa Gak Cocok dengan Atasan

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya