Comscore Tracker

5 Cara Menggunakan Pendapatan Sampingan di Luar Gaji, Jangan Boros!

Tambahan pendapatan bukan kesempatan untuk hedon

Setiap orang tentunya memiliki pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Hal ini juga berkaitan dengan pendapatan dan pengeluaran yang harus dipenuhi.

Meski demikian, ada pula orang yang memperoleh pekerjaan tambahan untuk menambah pendapatan yang dimilikinya. Kadang kala justru pendapatan tersebut jauh lebih besar dari gaji yang dimilikinya. Alih-alih bingung untuk menggunakan pendapatan sampingan, kamu dapat menggunakannya secara bijak dengan beberapa cara berikut ini.

1. Investasi jangka panjang

5 Cara Menggunakan Pendapatan Sampingan di Luar Gaji, Jangan Boros!Ilustrasi investasi (Pexels/Lukas)

Penggunaan yang pertama adalah dengan mengalihkan pendapatan sampingan melalui investasi jangka panjang yang ada. Beragam investasi jangka panjang dapat kamu pilih sesuai dengan apa yang kamu inginkan, seperti investasi emas, saham, properti, dan masih banyak lagi.

Tentunya cara tersebut dapat membantu memperoleh lebih banyak kesempatan untuk menyimpan uang secara bijak melalui investasi. Dengan demikian, maka pengeluaran yang dilakukan akan jauh lebih bermanfaat.

2. Membayar jika punya hutang

5 Cara Menggunakan Pendapatan Sampingan di Luar Gaji, Jangan Boros!Ilustrasi membayar hutang (Pexels/Karolina Grabowska)

Beberapa orang juga ada yang memiliki urusan dengan orang lain mengenai hutang. Tentunya hutang menjadi kewajiban yang harus dibayar oleh si peminjam. 

Jika kamu memiliki hutang, maka kamu dapat membayarnya dengan menggunakan pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan sampingan. Hal yang terpenting adalah kewajiban membayar hutang ditunaikan dan kebutuhan utama tetap dipenuhi.

3. Tabungan untuk liburan

5 Cara Menggunakan Pendapatan Sampingan di Luar Gaji, Jangan Boros!Ilustrasi menabung uang (Unsplash/Michael Longmire)

Bila kamu merupakan tipikal orang yang gemar untuk berlibur, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur dengan tabungan sendiri. Kamu dapat mempersiapkan tabungan liburan dengan menggunakan pendapatan sampingan.

Hal yang terpenting adalah dengan menentukan berapa budget yang dibutuhkan dan berapa yang harus kamu simpan perbulannya. Dengan demikian, maka kamu bisa berlibur dengan menggunakan tabungan sendiri, tanpa mencampur adukan dengan gaji utama.

4. Tabungan masa depan

5 Cara Menggunakan Pendapatan Sampingan di Luar Gaji, Jangan Boros!Ilustrasi keuangan (Unsplash/Alexander Schimmeck)

Kamu tak perlu bingung dalam menyalurkan pendapatan yang diperoleh dari pekerjaan sampingan. Hal ini karena pendapatan yang diperoleh bisa disimpan ke dalam tabungan masa depan.

Nantinya tabungan masa depan tersebut bisa kamu gunakan untuk banyak hal yang lebih penting. Tentunya itu lebih bijak daripada menggunakannya secara cuma-cuma.

5. Opsi untuk beramal

5 Cara Menggunakan Pendapatan Sampingan di Luar Gaji, Jangan Boros!Ilustrasi bantuan amal (Pexels/RODNAE Productions)

Tak ada salahnya dalam menyalurkan pendapatan sampingan untuk hal-hal yang bermanfaat, salah satu contohnya adalah dengan beramal. Kamu dapat melakukan hal ini sebagai bentuk keperdulian kepada sesama.

Tentunya tak ada salahnya dalam menyalurkan keuangan dari pendapatan sampingan untuk beramal. Dengan cara demikian, maka bisa menjadi suatu kebaikan untuk dirimu sendiri.

Semua opsi di atas dapat kamu lakukan untuk menyalurkan pendapatan sampingan dengan cara yang bijak. Hal tersebut akan jauh lebih baik dibandingkan menghabiskannya dengan cuma-cuma. Jangan gunakan uang secara sembarangan, ya!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya