Comscore Tracker

5 Fasilitas Pekerjaan yang Diperoleh selain Gaji, Bisa Dinego!

Bekerja jadi lebih nyaman dan betah, deh!

Memiliki pekerjaan yang nyaman dan sesuai keinginan tentunya menjadi harapan bagi semua orang. Satu hal yang mungkin banyak dipertimbangkan oleh orang-orang adalah mengenai gaji, bahkan sampai harus bernegosiasi dengan hal ini.

Ternyata, kamu tak hanya harus menegosiasi perihal gaji saja, melainkan juga fasilitas lain yang berkaitan dengan pekerjaan. Beberapa contoh fasilitas dalam bekerja berikut ini juga dapat kamu nego agar dapat diperoleh selama di sana.

1. Fleksibilitas pekerjaan secara remote atau WFH

5 Fasilitas Pekerjaan yang Diperoleh selain Gaji, Bisa Dinego!Ilustrasi bekerja dari rumah (Pexels/Ivan Samkov)

Hal yang pertama adalah mengenai jadwal dalam bekerja. Mungkin tak semua perusahaan memiliki jadwal yang sudah paten, sehingga dapat kamu negosiasi.

Jika memang memungkinkan dan dirasa lebih fleksibel, maka coba untuk melakukan negosiasi agar dapat melakukan pekerjaan melalui remote atau WFH. Cara ini bisa dicoba untuk meningkatkan kinerja baikmu dalam bekerja.

2. Perlengkapan kerja

5 Fasilitas Pekerjaan yang Diperoleh selain Gaji, Bisa Dinego!Ilustrasi perlengkapan kerja (Pexels/Ivan Samkov)

Selama melakukan pekerjaan, tentunya kamu tidak dapat mengesampingkan segala urusan tentang perlengkapan kerja. Justru perlengkapan yang lengkap dapat sangat membantu meningkatkan kualitas kinerjamu.

Negosiasikan pada perusahaan mengenai hakmu untuk memperoleh perlengkapan kerja. Jika memungkinkan, maka kamu dapat memperolehnya untuk menunjang pekerjaan.

3. Hak cuti

5 Fasilitas Pekerjaan yang Diperoleh selain Gaji, Bisa Dinego!Ilustrasi orang-orang berlibur (Pexels/Budgeron Bach)

Setiap orang memiliki hak yang sama untuk melakukan cuti. Hal ini juga biasanya berbeda pada satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Tak heran bila kemudian banyak orang yang cenderung melakukan negosiasi perihal hak cuti untuk ke depannya. Dengan demikian, maka kamu dapat memiliki hak cuti yang dapat digunakan kapan pun.

Baca Juga: 5 Kiat untuk Memiliki Sumber Penghasilan Lebih dari Satu

4. Asuransi kesehatan

5 Fasilitas Pekerjaan yang Diperoleh selain Gaji, Bisa Dinego!Ilustrasi asuransi kesehatan (Pexels/Karolina Grabowska)

Para pekerja juga memiliki hak penuh untuk dijamin kesehatan dan keselamatannya selama bekerja. Hal ini tentu berkaitan dengan asuransi kesehatan yang biasanya dimiliki.

Apabila perusahaan tempatmu bekerja justru tidak memilikinya, maka kamu berhak melakukan negosiasi terkait hal tersebut. Minta perusahan untuk dapat memberikan fasilitas atau asuransi kesehatan, agar pekerja dapat melakukan tugasnya dengan baik dan aman.

5. Pengembangan skill melalui training atau pelatihan

5 Fasilitas Pekerjaan yang Diperoleh selain Gaji, Bisa Dinego!Ilustrasi pelatihan kerja (Pexels/Canva Studio)

Setiap perusahaan tentunya menginginkan pekerja yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan yang dilakukannya. Hal ini juga berkaitan dengan pengasahan skill yang diperlukan.

Kamu memiliki hak untuk meminta perusahaan dalam memfasilitasi pelatihan atau training untuk para pekerjanya. Sudah tentu tujuannya untuk membuat mereka memiliki kompetensi yang lebih baik lagi.

Dalam melakukan negosiasi tentunya harus dilakukan secara perlahan dan tidak terkesan saling menyudutkan satu sama lain. Menghargai keputusan akhir adalah cara bijak dalam menyikapinya. Semoga semua pekerja bisa memiliki hak yang sesuai!

Baca Juga: 5 Cara Nego Gaji untuk Pekerja Millennials, Perhatikan dengan Baik!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya