Comscore Tracker

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini saat Sedang Bekerja, Harus Profesional!

Jangan sampai memengaruhi kinerjamu di kantor

Setiap orang pastinya memiliki ragam pekerjaannya masing-masing. Hal ini juga berkaitan dengan gaya bekerja setiap orang yang berbeda.

Meski selalu dituntut untuk profesional, kadang kala banyak juga orang yang kesulitan dalam melakukannya. Hal yang disayangkan adalah ketika mereka justru tak bisa berhenti melakukan beberapa kebiasaan buruk berikut ini di tempat kerja.

1. Tak dapat membedakan urusan kantor dan pribadi

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini saat Sedang Bekerja, Harus Profesional!Ilustrasi pria sedang berpikir (Unsplash.com/Bermix Studio)

Hal yang paling umum untuk diingat setiap pekerja adalah pentingnya membedakan antara urusan kantor dan pribadi. Banyak orang yang cenderung acuh dengan hal ini, apabila salah satu contohnya adalah berkencan dengan rekan kerja sendiri.

Hal seperti ini tentunya sangat disayangkan sebab ketidakprofesionalan dalam bekerja. Nantinya permasalahan pribadi justru bisa membuat kinerja di kantor jadi bermasalah.

2. Tidak disiplin dalam urusan waktu

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini saat Sedang Bekerja, Harus Profesional!Ilustrasi pria melihat jam tangan (Pexels.com/Ono Kosuki)

Setiap orang yang bekerja tentunya selalu diingatkan tentang pentingnya menjaga kedisiplinan dalam bekerja. Hal ini sangat penting untuk menjaga kinerja yang ada.

Dampak dari ketidakdisiplinan tersebut justru hanya akan membuat pekerjaan sulit tertangani. Contoh paling kecilnya adalah dengan tepat waktu untuk datang ke kantor atau mengumpulkan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele yang akan Mengantarmu Menjadi Orang yang Sukses 

3. Minim tanggung jawab

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini saat Sedang Bekerja, Harus Profesional!Ilustrasi pria sedang bekerja (Unsplash.com/Avi Richards)

Setiap orang harus dibekali dengan tanggung jawab yang ia miliki. Hal ini juga berkaitan dengan pekerjaan yang ia kerjakan.

Jika ada seseorang yang memiliki tanggung jawab yang minim, maka ia akan sulit beradaptasi di dalam kantor. Dampaknya tentu saja akan terlihat kinerjanya yang tidak baik.

4. Terlalu banyak bicara, sedikit bekerja

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini saat Sedang Bekerja, Harus Profesional!Ilustrasi sekumpulan orang bertengkar (Pexels.com/Yan Krukov)

Semua orang pastinya tidak menyukai orang dengan tipe yang seperti ini. Terlalu banyak bicara tak akan membuat orang terpana, namun justru bisa membuat ilfeel.

Jika dirasa tidak penting untuk dikatakan, maka sebaiknya diam. Hal terpenting adalah tetap menjaga kinerja yang ada dengan bekerja secara maksimal.

5. Banyak mengeluh soal pekerjaan

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini saat Sedang Bekerja, Harus Profesional!Ilustrasi stres akibat pekerjaan (Unsplash.com/Tim Gouw)

Tak ada pekerjaan yang mudah sebab semua pekerjaan pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Tentunya juga hal ini tidak terlepas dari bebam pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dipegang.

Banyak mengeluh untuk mengutarakan rasa lelah juga tak akan membantumu. Hal yang terpenting adalah tetap bekerja dan mengurangi rasa ingin mengeluh. Mengeluh justru bisa memberikan energi negatif untukmu dan orang-orang di sekitar.

Dengan mencegah beberapa kebiasaan buruk di tempat kerja, maka dapat menambah profesionalitas dalam dirimu untuk bekerja. Jangan terlalu banyak mengeluh, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya