Comscore Tracker

Percaya Diri Berlebihan di Kantor? 5 Hal Ini Bisa Jadi Konsekuensinya

Segala hal yang berlebihan memang tidaklah bijak

Memiliki kepercayaan diri yang tinggi merupakan modal besar dalam meniti karier yang mulus. Hal ini disebabkan oleh adanya banyak langkah yang harus dilalui sebelum akhirnya siap untuk memperoleh posisi pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Meski mungkin masih ada orang yang berjuang dalam meningkatkan kepercayaan dirinya, ternyata ada saja orang yang justru bersikap gegabah dengan memiliki kepercayaan diri yang berlebihan. Padahal, memiliki kepercayaan diri yang berlebihan di kantor justru bisa membuatmu memperoleh beberapa dampak yang berikut ini.

1. Mudah menyepelekan pekerjaan

Percaya Diri Berlebihan di Kantor? 5 Hal Ini Bisa Jadi Konsekuensinyailustrasi bekerja dengan pasif (unsplash.com/@muhraufan)

Konsekuensi pertama adalah kebiasaan untuk terus menerus menyepelekan pekerjaan. Tidak ada pekerjaan yang mudah sebab semuanya memiliki tanggung jawab masing-masing. Meskipun sudah sering memegang tugas tersebut, bukan berarti dengan mudahnya bisa menyepelekan.

Kamu yang justru merasa percaya diri berlebihan biasanya akan mudah menyepelekan pekerjaan. Hal ini terjadi karena merasa diri sendiri mampu melakukan pekerjaan tersebut sehingga bukanlah hal yang bisa dianggap serius.

2. Berisiko mengalami kesalahan dalam bekerja

Percaya Diri Berlebihan di Kantor? 5 Hal Ini Bisa Jadi Konsekuensinyailustrasi sanksi kerja (pexels.com/@andrea-piacquadio)

Kamu harus memahami bahwa melakukan kesalahan di tempat kerja sebetulnya adalah hal yang wajar. Namun, kesalahan tersebut memiliki batasan tersendiri yang sebaiknya tidak disepelekan.

Banyak pegawai yang terlalu percaya diri justru menganggap enteng pekerjaannya dan kemudian berbalik dengan risko kesalahan yang banyak dalam bekerja. Hal ini jelas memberikan dampak tersendiri yang merugikan diri sendiri dan rekan kerja lainnya.

Baca Juga: 5 Sebab Atasan Tak Percaya saat Kamu Mengadukan Ulah Rekan Kerja

3. Mudah menganggap orang sebelah mata

Percaya Diri Berlebihan di Kantor? 5 Hal Ini Bisa Jadi Konsekuensinyailustrasi berkonflik (unsplash.com/@proxyclick)

Hal paling keliru yang banyak dilakukan oleh orang-orang sombong adalah mudah menganggap orang lain sebelah mata. Biasanya tipe orang sombong seperti ini justru memiliki kepercayaan diri yang berlebihan sehingga memberikan mereka bumerang tersendiri.

Ketika menganggap orang sebelah mata, mereka akan menghilangkan sikap hormat terhadap orang lain. Cara ini justru akan secara otomatis membuat citra dan image pribadi mereka menjadi buruk hingga negatif bagi rekan kerja yang lainnya.

4. Tidak memiliki motivasi dan ambisi dalam bekerja

Percaya Diri Berlebihan di Kantor? 5 Hal Ini Bisa Jadi Konsekuensinyailustrasi rasa malas (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Seseorang yang memiliki kepercayaan diri tinggi biasanya sudah berada pada puncak maksimal dari dirinya sendiri. Hal ini membuat mereka jadi kehilangan motivasi atau ambisi dalam bekerja.

Berbeda halnya dengan orang-orang yang sering kali masih membangun kepercayaan dirinya sehingga tak mudah puas dan terus memelihara motivasi dan ambisi baik tersebut dalam bekerja. Hal ini membuat hasil pekerjaan pun selalu maksimal dan sesuai dengan keinginan.

5. Enggan untuk terus belajar

Percaya Diri Berlebihan di Kantor? 5 Hal Ini Bisa Jadi Konsekuensinyailustrasi malas bekerja (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Orang-orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi biasanya cenderung pongah dalam bekerja. Hal ini membuat mereka merasa sudah menguasai beragam hal yang orang lain belum ketahui sehingga mudah berpuas diri.

Biasanya tipe orang yang seperti justru jadi enggan untuk belajar. Hal ini membuat mereka jadi kehilangan momentum terbaik untuk bekerja dan memaksimalkan potensi dirinya dengan baik.

 

Ternyata memang terlalu percaya diri justru bisa menjadi bumerang tersendiri. Jangan sampai justru memaksakan diri dan kemudian justru memberikan kerugian terhadap proses bekerja ke depannya. Jangan sampai terlalu percaya diri berlebihan, ya!

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuatmu Sering Merasa Tidak Percaya Diri, Mengalami?

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya