Comscore Tracker

5 Cara Mengenali Atasan yang Egois, Bikin Kesal Sendiri!

Produktivitas dalam bekerja pun jadi terhambat akibat atasan

Setiap orang tentu membutuhkan suatu pekerjaan untuk menunjang kebutuhan sehari-harinya. Dalam bekerja, khususnya di bidang perkantoran, kita akan cukup terbiasa dalam bertemu para atasan. Hal ini tentu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, apalagi setiap atasan cenderung memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda.

Salah satu contohnya apabila memiliki atasan yang cenderung egois dalam bekerja. Kadang kala banyak pegawai yang justru tidak menyadari hal seperti ini sehingga menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui beberapa cara berikut ini untuk mengenali atasan yang memiliki sikap egois.

1. Bertindak semena-mena

5 Cara Mengenali Atasan yang Egois, Bikin Kesal Sendiri!ilustrasi bersikap emosi (pexels.com/@Andrea_Piacquadio)

Salah satu sifat yang sangat ditekankan pada atasan adalah bijaksana dalam bersikap dan berucap. Sayangnya, hal semacam ini justru sulit diperoleh bagi para atasan yang memiliki sifat egois yang tinggi. Hal ini bahkan dapat sangat terlihat dari bagaimana mereka memperlakukan para bawahannya.

Salah satu contohnya adalah dengan bertindak sewenang-wenang pada bawahannya sendiri. Bahkan, hal ini cenderung dilakukan tanpa memikirkan perasaan hingga profesionalitas yang dimiliki. Jelas saja tindakan seperti itu hanya akan memberikan image buruk terhadap atasan tersebut.

2. Mengejar ambisi semata

5 Cara Mengenali Atasan yang Egois, Bikin Kesal Sendiri!ilustrasi pria berpakaian rapih (unsplash.com/@austindistel)

Setiap orang yang bekerja tentu memiliki ambisinya tersendiri dan hal ini kadang kala tidak selalu memiliki makna yang baik. Sama halnya dengan para atasan yang mungkin bekerja di suatu perusahaan. Ada atasan yang bekerja dengan bersih, namun tidak sedikit pula yang bekerja dengan menggunakan cara yang tidak sehat.

Biasanya tipe atasan yang egois justru hanya akan mengejar ambisinya semata, bahkan tanpa memperhatikan para bawahannya. Tentu saja hal ini dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi semata.

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Pasangan yang Egois, Sifat Buruk Orang Berpasangan!

3. Kerap menjadikan bawahan sebagai umpan

5 Cara Mengenali Atasan yang Egois, Bikin Kesal Sendiri!ilustrasi boss dan pegawai (pexels.com/@Jonathan-Borba)

Salah satu tindakan yang kurang baik dan kerap dilakukan oleh atasan adalah ketika mereka menjadikan bawahan sebagai umpan. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang tidak dapat dibenarkan sama sekali, apalagi jika dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi.

Bukan tidak mungkin apabila bawahan yang dijadikan umpan justru merasa terbebani, bahkan merugi. Jika sudah demikian, jelas hal seperti itu dapat menjadi tanda dan ciri dari para atasan yang egois.

4. Tidak memiliki empati dan kepedulian

5 Cara Mengenali Atasan yang Egois, Bikin Kesal Sendiri!ilustrasi seorang boss (pexels.com/@Andrea_Piacquadio)

Empati dan kepedulian merupakan dua hal yang tentu tidak dapat dipisahkan dari setiap individu. Hal ini juga termasuk dengan hubungan antara atasan dan bawahan di tempat kerja. Meski memiliki jenjang karier yang berbeda, kepedulian terhadap sesama harus tetap dijaga dengan baik.

Sayangnya, para atasan yang memiliki sifat egois justru sangat sulit untuk dapat berempati hingga peduli terhadap satu sama lain. Mereka justru akan mengesampingkan hal tersebut demi mencapai tujuannya tersendiri.

5. Mudah menyalahkan bawahan

5 Cara Mengenali Atasan yang Egois, Bikin Kesal Sendiri!ilustrasi berkonflik (pexels.com/@Mikhail-Nilov)

Melakukan kesalahan dalam pekerjaan sejatinya merupakan hal yang umum terjadi. Meski demikian, memang semestinya setiap kesalahan tersebut dapat dijadikan pembelajaran serta dicari solusi bersama-sama. Sayangnya, hal seperti itu justru tidak berlaku bagi para atasan dengan sifat egois.

Beberapa atasan yang egois justru akan cenderung menyalahkan bawahan untuk setiap hal yang terjadi. Bahkan, mereka tidak akan ragu dalam membela diri serta melimpahkan semua kesalahan kepada bawahannya.

 

Memang tidak akan ada orang yang menyukai atasan dengan sifat egois, namun orang- orang yang seperti ini nyatanya memang ada. Itulah mengapa perlu ekstra waspada dalam menghadapi tipe atasan yang demikian. Tetap berhati-hati dengan atasan yang seperti itu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengurangi Sifat Egois, Coba Terapkan!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya