Comscore Tracker

5 Cara Jitu Menghindari Kesalahpahaman saat Bekerja di Kantor, Bisa!

Jangan langsung sembarangan mengambil asumsi, ya!

Melakukan pekerjaan di kantor nyatanya tidak lah selalu berjalan dengan mulus. Kadang kala ada saja persoalannya, entah itu dari pekerjaan yang dilakukan atau bahkan dari sesama rekan kerja yang ada.

Salah satu penyebab sepele, tapi serius, yang banyak terjadi pada sesama rekan kerja adalah kesalahpahaman. Banyak orang yang tak dapat meluruskan kesalahpahaman antara satu sama lain sehingga terus menggulirkan konflik. Jika sudah seperti ini, proses bekerja pun akan dirasa tidak nyaman. Untuk menyiasati kemungkinan kesalahpahaman, kamu dapat melakukan beberapa hal penting yang berikut ini.

1. Berbicara dengan penggunaan bahasa yang jelas

5 Cara Jitu Menghindari Kesalahpahaman saat Bekerja di Kantor, Bisa!ilustrasi mengobrol (pexels.com/@Christina-Morillo)

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan pemilihan bahasa yang jelas dan dapat dipahami. Hal ini bisa sangat berisiko jika di antara kamu dan rekan kerjamu menggunakan dua bahasa yang berbeda sehingga kesulitan untuk memahaminya.

Jika terdapat perbedaan dalam bahasa, cobalah berbicara secara perlahan dan dengan jelas. Hal ini dapat menghindari kemungkinan kesalahpahaman yang mungkin saja terjadi.

2. Lakukan validasi berkali-kali jika berkaitan dengan urusan pekerjaan

5 Cara Jitu Menghindari Kesalahpahaman saat Bekerja di Kantor, Bisa!ilustrasi mengobrol (pexels.com/@nappy)

Tentunya dalam melakukan pekerjaan pasti membutuhkan kualitas komunikasi yang baik. Antara satu pegawai dengan pegawai yang lainnya akan saling bertukar informasi dalam konteks pekerjaan.

Tak heran bila informasi yang diterima sebaiknya dapat divalidasi berkali-kali agar tak menimbulkan kesalahpahaman. Hal ini juga akan membuat urusan pekerjaan jadi lebih dimengerti dan berjalan dengan baik sehingga minim dari risiko konflik.

Baca Juga: 5 Hal yang Jauh Lebih Penting ketimbang Validasi Orang Lain

3. Jangan ragu bertanya jika ada yang kurang dipahami

5 Cara Jitu Menghindari Kesalahpahaman saat Bekerja di Kantor, Bisa!ilustrasi bekerja (pexels.com/@Anna_Shvets)

Bagai pepatah yang mengatakan, "malu bertanya sesat di jalan," tentu hal ini juga berlaku dalam hal pekerjaan. Jika kamu merasa ragu bertanya saat kurang paham, dampaknya hanya akan memunculkan kesalahpahaman.

Bila belum paham, jangan ragu untuk bertanya. Hal ini akan memudahkanmu dalam bekerja sebab memahami semuanya dengan sangat baik.

4. Jangan asal berbicara jika merasa tidak yakin

5 Cara Jitu Menghindari Kesalahpahaman saat Bekerja di Kantor, Bisa!ilustrasi boss dan pegawai (pexels.com/@Jonathan-Borba)

Banyak konflik yang disebabkan nekat melakukan sesuatu tanpa pertimbangan yang matang. Salah satunya adalah asal berbicara, padahal merasa dirinya tak yakin sama sekali.

Itulah sebab pentingnya berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara agar tak menimbulkan kesalahpahaman. Dengan tak asal bicara, konflik juga dapat teratasi dengan sebaik mungkin.

5. Perbaiki kualitas komunikasi yang ada

5 Cara Jitu Menghindari Kesalahpahaman saat Bekerja di Kantor, Bisa!ilustrasi mengobrol (pexels.com/@Ketut_Subiyanto)

Kesalahpahaman muncul dari kualitas komunikasi yang buruk dan hal ini akan terus berulang secara terus menerus. Tentu penting adanya bila kamu mencoba memperbaiki kualitas komunikasi dengan sesama rekan kerja terlebih dahulu sehingga mampu menghindari kemungkinan kesalahpahaman.

Dengan kualitas komunikasi yang baik, tak akan ada lagi kemungkinan kesalahpahaman. Hal ini juga akan memuluskan pekerjaan agar semakin minim dengan konflik.

 

Tentu mudah untuk menghindari kesalahpahaman dengan sesama rekan kerja selama kamu tak ragu untuk memvalidasi setiap informasi dan tak berlaku semaumu. Selalu pikirkan terlebih dahulu sebelum bertindak sebagai perwujudan dari sikap yang bijak. Jangan sepelekan kesalahpahaman, ya!

Baca Juga: 5 Cara Koreksi Diri saat Terjadi Salah Paham dalam Hubungan

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya