Comscore Tracker

5 Hal Penting Jika Ingin Mengubah Karier di Usia 30-an, Catat!

Perencanaan seputar karier sudah harus matang

Memiliki karier yang cemerlang tentu menjadi harapan bagi semua orang. Meski pun tentu proses yang harus dilewati juga tidaklah mudah dan membutuhkan usaha yang panjang. Walau begitu sejatinya kesuksesan tidaklah selalu memandang usia, sebab siapa pun memiliki kesempatan yang sama.

Hal ini juga termasuk apabila kamu ingin mengubah karier di usia 30-an. Untuk dapat memperoleh kesuksesan, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Buang jauh-jauh rasa gengsi

5 Hal Penting Jika Ingin Mengubah Karier di Usia 30-an, Catat!ilustrasi perempuan karier (unsplash.com/@magnetme)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuang jauh-jauh rasa gengsi. Nyatanya rasa gengsi menjadi salah satu penyebab kegagalan bagi banyak orang untuk memperoleh kesuksesan.

Jika terus menyimpan rasa gengsi, maka kamu akan semakin sulit untuk berkembang. Oleh sebab itu, mulailah tetapkan tujuanmu dan buanglah rasa gengsi tersebut.

2. Sesuaikan karier dengan kemampuan diri

5 Hal Penting Jika Ingin Mengubah Karier di Usia 30-an, Catat!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@cvelitchkov)

Memiliki ekspektasi tinggi mengenai karir tentunya sah-sah saja. Hal yang disayangkan adalah apabila kamu justru terlalu memaksakan diri untuk mencapai posisi tertentu.

Padahal tentunya mengembangkan karier di usia 30-an tidaklah mudah, sehingga kamu juga harus menyesuaikan dengan kemampuan diri. Jika bisa memaksimalkan hal tersebut dengan baik, tentunya urusan karier juga dapat berjalan mulus.

3. Jangan malas untuk belajar hal baru

5 Hal Penting Jika Ingin Mengubah Karier di Usia 30-an, Catat!ilustrasi bekerja remote (unsplash.com/@@thoughtcatalog)

Patut diakui bahwa persaingan di dunia kerja memang seringkali tidak selalu mudah. Hal ini semakin sulit apabila kamu baru memulai karier di usia 30-an. Tidak jarang kamu pun juga harus bersaing dengan orang-orang yang berusia jauh lebih muda darimu.

Untuk mengatasi hal ini tentunya kamu tidak boleh sampai malas untuk mempelajari banyak hal baru. Dengan begitu, maka persaingan pun dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Memiliki Passive Income sebelum Usia 40 Tahun

4. Membangun koneksi yang luas

5 Hal Penting Jika Ingin Mengubah Karier di Usia 30-an, Catat!ilustrasi karier (unsplash.com/@linkedinsalesnavigator)

Koneksi dalam dunia pekerjaan adalah salah satu hal yang sangat penting. Bahkan rasanya mungkin koneksi dapat membantu menunjang masa depan karier yang lebih baik.

Meski kamu baru membangun karier di usia 30-an, namun tentunya kemampuan dalam memperluas koneksi juga haruslah baik. Dengan begitu, karier masa depanmu pun akan terjamin.

5. Mempersiapkan finansial secara stabil

5 Hal Penting Jika Ingin Mengubah Karier di Usia 30-an, Catat!ilustrasi dana uang (unsplash.com/@jinyun)

Tidak dapat dimungkiri bahwa memang kemampuan finansial merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Hal ini semakin penting apabila kamu baru mulai mengembangkan karier di usia 30-an.

Kunci utama yang perlu kamu perhatikan adalah dengan tetap mempersiapkan finansial secara stabil. Hal ini karena memang masa kerja yang dimiliki juga mungkin tidaklah lama, sehingga semuanya harus disiapkan dengan matang.

Tentunya tidak ada kata terlambat untuk mengembangkan karier di usia berapa pun. Hal terpenting adalah dengan mempersiapkan niat dan motivasi kerja yang baik. Tetap semangat dalam meraih kesuksesan saat mengubah karier di usia 30-an, ya!

Baca Juga: Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Memutuskan Menjalin Hubungan Beda Usia

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya