Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Diperlakukan Tidak Adil di Tempat kerja, Pahami!

Kamu akan semakin tertindas jika diperlakukan tidak adil

Hampir sebagian orang banyak menghabiskan waktunya di tempat kerja, apalagi orang-orang yang memang bekerja di kantor. Hal ini membuat kantor sudah serasa seperti rumah kedua yang disinggahi hampir setiap harinya. Selain itu, rutinitas yang berulang juga membuat banyak orang jadi memiliki intensitas pertemuan yang rutin dengan rekan kerja lainnya.

Sayangnya, ternyata tak semua hubungan yang terjalin antarpegawai bisa dibilang baik. Bahkan, tak sedikit yang justru diperlakukan berbeda sebab beragam hal yang melatarbelakanginya. Jika kamu adalah salah satu pegawai yang diperlakukan berbeda oleh rekan kerja yang lainnya, kamu harus mengetahui beberapa penyebab berikut ini yang membuatmu memperoleh perlakuan demikian.

1. Kecemburuan sosial

5 Penyebab Kamu Diperlakukan Tidak Adil di Tempat kerja, Pahami!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@proxyclick)

Hal pertama yang dapat menyebabkan perlakuan berbeda dari rekan kerja ternyata bisa terjadi sebab kecemburuan sosial yang dimiliki. Contoh seperti ini sangat umum dirasakan oleh banyak pegawai, khususnya bagi mereka yang bahkan memiliki hubungan baik dan erat dengan atasan di kantor.

Kecemburuan sosial inilah yang secara otomatis membuat hubungan antarpegawai juga jadi tak baik. Dampaknya, tak jarang pegawai yang dianggap berprospek baik justru jadi dijauhi atau bahkan diperlakukan berbeda karena rasa cemburu tersebut.

2. Sikap dan karaktermu yang dianggap mengganggu

5 Penyebab Kamu Diperlakukan Tidak Adil di Tempat kerja, Pahami!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@cdc)

Meskipun bekerja dalam satu lingkungan yang sama, nyatanya karakter yang dimiliki jelas akan berbeda-beda. Antara satu kepala dengan kepala lainnya memiliki perbedaan tersendiri yang tidak dapat disamakan begitu saja.

Justru sangat disayangkan apabila kamu memiliki sikap dan karakter yang dianggap mengganggu rekan kerja yang lainnya. Jika demikian, tak heran bila mereka justru memilih untuk menjauhimu.

Baca Juga: Dianggap Pengganggu, Ternyata ini 5 Peran Penting Lalat bagi Kehidupan

3. Kamu dianggap sebagai trouble maker

5 Penyebab Kamu Diperlakukan Tidak Adil di Tempat kerja, Pahami!ilustrasi temperamen (unsplash.com/@julienlphoto)

Semua pegawai di tempat kerja tentunya memiliki target dan impian penting dalam memperoleh hasil kerja yang maksimal. Sayangnya, ada saja beberapa pegawai yang tidak sejalan dengan visi misi yang dimiliki sehingga dianggap sebagai trouble maker di kantor.

Hal ini akan terasa berbeda jika kamulah yang justru menjadi trouble maker dan sumber kekacauan dari perencanaan yang telah dibuat. Jika kamu tidak dapat mengubah sikap tersebut, jangan salahkan apabila rekan kerja lainnya justru menjauhimu atau memperlakukanmu berbeda.

4. Kamu kesulitan beradaptasi di tempat kerja

5 Penyebab Kamu Diperlakukan Tidak Adil di Tempat kerja, Pahami!ilustrasi merasa stress (unsplash.com/@elisa_ventur)

Proses bekerja yang dilakukan di kantor jelas memerlukan proses adaptasi yang sering kali tidak sebentar. Biasanya para pegawai melakukan proses adaptasi tersebut dengan tujuan untuk membuat suasana bekerja menjadi lebih nyaman.

Nyatanya, jika kamu justru gagal dalam beradaptasi di tempat kerja, hal ini akan sedikit banyak memengaruhi respons rekan kerja terhadapmu. Mereka bisa saja akan menganggapmu berbeda sebab kamu yang merasa kesulitan dalam mengatasi proses adaptasimu.

5. Senioritas yang berlebihan

5 Penyebab Kamu Diperlakukan Tidak Adil di Tempat kerja, Pahami!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@wocintechchat)

Senioritas bagai dua sisi yang dapat memiliki makna berbeda. Bisa dikatakan senioritas mungkin erat kaitannya dengan hal negatif sebab dianggap melihat seseorang dari perspektif level yang subjetif. Namun, senioritas juga bisa dianggap positif sebab dapat dimaksudkan sebagai proses bimbingan bagi para pegawai baru lainnya.

Sayangnya, beberapa perusahaan masih memiliki sistem senioritas yang berlebihan. Hal ini membuat banyak pegawai bisa saja diperlakukan berbeda sebab dianggap masih junior.

 

Sudah pasti tidak nyaman bila harus diperlakukan berbeda oleh rekan kerja di kantor. Hal ini mungkin akan membuatmu banyak bertanya-tanya tentang kesalahan yang mungkin saja kamu lakukan. Meski demikian, tetap tingkatkan etos kerja dan berhubungan baik dengan rekan kerja yang lainnya agar segala proses di kantor tetap terasa mudah, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Profesional Hadapi Senioritas, agar Kamu Betah Kerja

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya