Comscore Tracker

5 Situasi yang Membolehkanmu untuk Berkata 'Tidak' di Tempat Kerja

Sering kali kata 'tidak' dianggap sebagai hal yang tak sopan

Setiap orang tentu memiliki pandangan dan opsi tersendiri terhadap apa yang akan dilakukannya. Ada orang yang cenderung cuek sehingga mudah berkata tidak dan ada pula yang tidak enakan.

Bagi mereka yang tidak enakan, pastinya sangat sulit untuk berkata tidak di tempat kerja. Padahal, kamu boleh saja berkata tidak di tempat kerja bila berada dalam beberapa situasi yang berikut ini.

1. Kamu dipaksa melakukan pekerjaan yang bukan milikmu

5 Situasi yang Membolehkanmu untuk Berkata 'Tidak' di Tempat KerjaIlustrasi suasana mentoring (Pexels/RODNAE Productions)

Dalam dunia kerja tentu kamu memiliki kewajiban dan tugasnya masing-masing. Sudah tentu kamu harus menunaikan tugas tersebut sebaik mungkin.

Hal yang justru disayangkan adalah ketika kamu diminta untuk melakukan pekerjaan yang bukan milikmu. Contoh seperti ini bahkan dapat dikatakan sebagai bentuk dari penindasan.

2. Kamu diminta melakukan sesuatu di luar prinsipmu

5 Situasi yang Membolehkanmu untuk Berkata 'Tidak' di Tempat KerjaIlustrasi sebuah penolakan (Pexels/Andrea Piacquadio)

Semua orang biasanya selalu memiliki prinsip tersendiri yang berkaitan dengan apa pun itu. Salah satu prinsip tersebut biasanya juga mengenai cara bekerja seseorang.

Hal yang justru disesalkan adalah ketika kamu dipaksa untuk melakukan sesuatu di luar prinsipmu. Tentu kamu akan merasa tertekan dengan hal seperti ini.

Baca Juga: 5 Prinsip Ini Penting Diterapkan dalam Hidup, Lakuin Yuk!

3. Kamu dibujuk untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum

5 Situasi yang Membolehkanmu untuk Berkata 'Tidak' di Tempat KerjaIlustrasi seorang kriminalitas (Pexels/RODNAE Productions)

Sebagai seorang yang patuh akan peraturan hukum yang berlaku, tentunya kamu dilarang keras melakukan tindakan kriminal. Sayangnya, hal semacam ini sering kali terjadi di tepat kerja.

Pemaksaan untuk melakukan tindak kriminal dari oknum tertentu kadang kala akan menimbulkan beban tersendiri. Dampaknya sudah tentu akan membuat orang tersebut merasa tidak nyaman.

4. Kamu memperoleh pelecehan seksual

5 Situasi yang Membolehkanmu untuk Berkata 'Tidak' di Tempat KerjaIlustrasi pelecehan seksual (attorneyatlawmagazine.com)

Pelecehan seksual di dunia kerja memang sudah sering terjadi. Meski marak terjadi, belum saja ada rasa kapok bagi para pelaku kekerasan seksualnya sehingga terus berulang.

Hal itulah yang kemudian membuat semua orang harus memiliki keberanian untuk berkata tidak. Jangan sampai memperoleh pelecehan seksual, namun tidak berani untuk melawan atau melapor atas kejadian tersebut.

5. Kamu disuap oknum tertentu

5 Situasi yang Membolehkanmu untuk Berkata 'Tidak' di Tempat KerjaIlustrasi kasus penyuapan (Pexels/cottonbro)

Penyuapan merupakan tindakan yang tidak dibenarkan sama sekali. Hal semacam ini juga bisa termasuk sebagai tindak kriminalitas yang serius.

Jika kamu menjadi sosok yang disuap, beranilah untuk berkata tidak. Jangan sampai justru ikut terjerat dalam jebakan kejahatan berencana seperti penyuapan.

 

Tentunya pada beberapa situasi di atas, kamu memiliki hak penuh untuk berkata tidak. Jangan sampai karena rasa tidak enak justru membuatmu terjerat dalam hal-hal buruk. Berani katakan tidak, ya!

Baca Juga: Ada Penyidik KPK Disuap, Firli: Mungkin Pertanda Baik

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya