Comscore Tracker

5 Suka Duka Bekerja Sebagai Pegawai Rantau, Penuh Tantangan!

Nyatanya berada jauh dari kampung halaman tak selamanya mudah

Merantau menjadi salah satu pilihan dari kebanyakan orang-orang khususnya di Indonesia. Meski demikian, istilah merantau tidak hanya berkaitan mengenai perpindahan antar pulau saja, bisa juga antar negara. Biasanya tujuan dari merantau ada beraneka ragam, salah satunya untuk bekerja.

Nyatanya para pegawai rantau tentu tidak akan selalu memiliki jalan mulus dalam melakukan pekerjaannya di daerah lain. Bukan tidak mungkin bila mereka juga akan menemukan banyak tantangan yang harus siap untuk dihadapi sendiri. Bahkan, beberapa hal berikut ini ini kerap disebut sebagai suka duka apabila bekerja sebagai seorang pegawai rantau.

1. Memperoleh kesejahteraan yang lebih baik

5 Suka Duka Bekerja Sebagai Pegawai Rantau, Penuh Tantangan!ilustrasi modal uang (unsplash.com/@s1winner)

Orang-orang yang merantau biasanya didominasi oleh mereka yang berpindah dari suatu ke ke perkotaan yang lebih besar. Tujuannya tentu saja untuk dapat memperoleh kesejahteraan hidup yang lebih baik lagi di perkotaan. Hal ini biasa terjadi apabila kesejahteraan masyarakatnya belum merata, sehingga merantau kerap dijadikan salah satu pilihannya.

Orang-orang yang merantau biasanya menganggap bahwa mereka akan memperoleh kesejahteraan yang lebih baik lagi. Tidak mengherankan apabila pilihan untuk menjadi pegawai rantau menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih.

2. Sulit menyesuaikan diri dengan orang-orang lokal dan gaya hidup setempat

5 Suka Duka Bekerja Sebagai Pegawai Rantau, Penuh Tantangan!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/@Pavel_Danilyuk)

Perbedaan budaya, bahasa, karakter, hingga gaya hidup menjadi salah satu tantangan yang harus siap dihadapi oleh para pegawai rantau. Hal semacam ini sebetulnya bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, apalagi jika perbedaannya cukup signifikan dan membuat para pegawai rantau mengalami kesulitan dalam beradaptasi.

Kesulitan inilah yang kemudian dapat berdampak pada banyak hal, salah satunya mengenai pekerjaan dan hubungan sosial dengan orang lain. Itulah mengapa para pegawai rantau harus mencoba untuk dapat beradaptasi dengan baik, sehingga tidak sampai mempengaruhi pekerjaan sendiri.

Baca Juga: 5 Suka Duka Berpindah-pindah Tempat Kerja, Mengalami?

3. Memperoleh banyak pengalaman baru

5 Suka Duka Bekerja Sebagai Pegawai Rantau, Penuh Tantangan!ilustrasi diskusi (pexels.com/@Jonathan-Borba)

Salah satu hal positif yang mungkin akan dimiliki oleh para pegawai rantau adalah mengenai pengalaman. Bekerja di tempat yang baru dan bersama orang-orang yang baru pula, tentu memberikan banyak pengalaman yang luar biasa.

Hal ini bukan tidak mungkin dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan koneksi pekerjaan. Dengan hal tersebut, maka pengalaman dalam bekerja, serta koneksi yang luas pun dapat diperoleh oleh para pegawai rantau.

4. Rentan mengalami tindak diskriminasi

5 Suka Duka Bekerja Sebagai Pegawai Rantau, Penuh Tantangan!ilustrasi berkonflik (pexels.com/@Mikhail-Nilov)

Hal yang mungkin termasuk ke dalam risiko dan konsekuensi dari pegawai rantau adalah mengenai tindak diskriminasi. Hal ini mungkin tidak akan terjadi pada di semua tempat, namun biasanya orang-orang yang rasis akan selalu ada dan mungkin memilih target dengan cara yang tak terduga.

Perlu dipahami bahwa hal inilah yang terkadang membuat para pekerja rantau sering kali mengalami tindak diskriminasi dari orang lain. Oleh sebab itu, setiap orang harus ekstra tegas dalam menentukan posisinya, sehingga tindak diskriminasi tidak akan terjadi lagi.

5. Cenderung mandiri dan memiliki semangat bekerja yang tinggi

5 Suka Duka Bekerja Sebagai Pegawai Rantau, Penuh Tantangan!ilustrasi bekerja (unsplash.com/@brookecagle)

Satu hal yang mungkin dimiliki oleh para pekerja rantau dan tidak semua orang dapat memilikinya adalah mengenai kemandirian, serta determinasi yang tinggi. Hal ini menjadi satu hal yang wajib ditiru oleh semua orang, apalagi bila ingin meningkatkan potensi karier kedepannya.

Para pekerja rantau biasanya memiliki karakter yang cenderung mandiri dalam bekerja, sebab mereka merasa jauh dari kampung halaman, sehingga harus menunjukan proses yang ekstra. Selain itu, daya juang yang tinggi tentu menjadi satu hal positif yang dapat mendukung peningkatan karier di masa depan.

Tentunya menjadi seorang pekerja rantau memang kerap kali memiliki banyak tantangannya tersendiri. Meski diselimuti oleh banyak suka duka, namun hal tersebut semestinya dapat menjadi motivasi dan pencetus semangat dalam bekerja. ambil sisi positifnya, ya!

Baca Juga: 5 Fenomena Sosial yang Kerap Dirasakan Anak Rantau, Setuju?

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya