Comscore Tracker

5 Tanda Atasanmu Adalah Sosok yang Bijaksana, Panutan para Pegawai!

Atasan yang bijak paham dalam memperlakukan pegawai

Memiliki atasan yang bijaksana mungkin menjadi harapan bagi kebanyakan pegawai. Biasanya memang karakter dan gaya bekerja atasan dapat sangat memengaruhi hasil pekerjaan yang diperoleh para pegawainya.

Terlepas dari beragam karakter yang dimiliki para atasan, ada pula atasan yang ternyata baik dan memiliki sikap bijaksana. Tentu saja tipe atasan seperti ini sangat didambakan dan menjadi favorit banyak pegawai. Tipe yang seperti ini juga dapat dilihat dari beberapa tanda berikut ini yang menunjukan bahwa atasanmu adalah orang bijaksana.

1. Disiplin dalam segala sesuatunya

5 Tanda Atasanmu Adalah Sosok yang Bijaksana, Panutan para Pegawai!ilustrasi para atasan (unsplash.com/@officestock)

Hal pertama adalah cara atasanmu dalam mengurus segala tugas dan pekerjaannya. Biasanya para atasan memiliki gayanya tersendiri dalam bekerja dan hal ini bisa secara tak langsung menunjukkan seperti apa karakter mereka yang sebenarnya.

Beberapa atasan biasanya dapat berlaku disiplin jika sudah berurusan dengan pekerjaan dan hal inilah yang juga harus dipahami pegawai. Jangan sampai atasannya sudah sangat profesional, namun pegawainya justru menggampangkan.

2. Memperlakukan semua pegawai sama tanpa dibedakan

5 Tanda Atasanmu Adalah Sosok yang Bijaksana, Panutan para Pegawai!ilustrasi boss dan pegawai (pexels.com/@Jonathan-Borba)

Perlakuan atasan terhadap pegawai juga menjadi hal selanjutnya yang diperhatikan. Kebanyakan pegawai pasti ingin memperoleh perhatian atas kinerja yang dilakukannya dan hal ini jugalah yang harus membuat para atasan merasa peka.

Jika atasanmu mampu memperlakukan para pegawai dengan sama rata dan bijaksana, maka hal ini sangatlah baik. Jangan sampai ada kebiasaan membedakan-bedakan perlakuan pada pegawai.

Baca Juga: 5 Perintah Atasan yang Dibenci Karyawan, Tanda Gak Profesional

3. Peka dan peduli dengan para pegawai

5 Tanda Atasanmu Adalah Sosok yang Bijaksana, Panutan para Pegawai!ilustrasi pegawai kantoran (unsplash.com/@austindistel)

Perusahaan mungkin memiliki target tersendiri yang harus dicapai dan biasanya juga dibantu dengan pegawai, sebab tanpa mereka jelas bisnis yang dijalankan tak akan berjalan lancar. Tak heran bila kesejahteraan pegawai juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan lebih jauh.

Atasan harus peka terhadap setiap kesulitan atau bahkan kesuksesan yang diperoleh pegawai. Dengan peka dan menunjukan kepedulian, maka cara tersebut akan menunjukkan karakter atasan yang bijaksana.

4. Tidak membebankan pegawai secara berlebihan

5 Tanda Atasanmu Adalah Sosok yang Bijaksana, Panutan para Pegawai!ilustrasi lelah bekerja (pexels.com/@Karolina-Grabowska)

Perlu dipahami bahwa memang tak ada pekerjaan yang mudah, sebab semuanya memiliki tantangan tersendiri. Namun, biasanya beban pekerjaan tersebut juga harus ditambah dengan ekspektasi dan target berlebihan dari atasan.

Padahal idealnya atasan harus memerhatikan produktivitas pegawai dengan cara tidak melakukan eksploitasi. Selain itu, jangan sampai pegawai merasa kesulitan dalam bekerja sebab terlalu sulit dan berat dalam menjalankan pekerjaan.

5. Paham caranya mengapresiasi pegawai

5 Tanda Atasanmu Adalah Sosok yang Bijaksana, Panutan para Pegawai!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/@Yan-Krukov)

Apresiasi adalah satu hal yang penting, namun sering dilupakan oleh para pegawai. Biasanya tak sedikit atasan yang gengsi dan bahkan enggan memberikan apresiasi sama sekali, padahal bisa dilakukan demi kesejahterasaan pegawainya.

Atasan yang baik akan selalu memberikan apresiasi terhadap para pegawainya. Apresiasi tersebut tak hanya sebatas mengenai uang semata, namun bahkan pujian dan semangat.

 

Memang tidak mudah untuk dapat berlaku adil dan bijaksana dalam menjalankan peran sebagai atasan. Terpenting adalah dengan melakukan kewajiban dengan baik tanpa membeda-bedakan. Harus berlaku adil, ya!

Baca Juga: 5 Tanda bahwa Kamu Sedang Diawasi oleh Atasan di Kantor, Hati-hati!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya