Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Sedang Berada dalam Toxic Friendship di Tempat Kerja

Kerja kerasmu pun bisa saja hanya dimanfaatkan

Bekerja tentu merupakan aktivitas yang umum dilakukan semua orang. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara cukup.

Berbicara mengenai pekerjaan memang tidaklah hanya terbatas pada aktivitas bekerjanya saja, tetapi juga hubungan sosial yang terjalin. Sayangnya, tidak semua hubungan sosial di tempat kerja berjalan baik dan harmonis. Kamu juga patut mewaspadai beberapa risiko toxic friendship berikut ini yang mungkin terjadi di tempat kerja.

1. Drama yang mudah terjadi

5 Tanda Kamu Sedang Berada dalam Toxic Friendship di Tempat KerjaIlustrasi rekan kerja adu argumen (Pexels/Anthony Shkraba)

Pastinya sangat tidak nyaman berada dalam lingkungan yang mudah mengalami konflik. Hal ini jelas akan memengaruhi mood dan gaya bekerja seseorang.

Salah satu tanda kamu berada pada toxic friendship adalah ketika lingkunganmu seakan memaksamu untuk terus terlibat dalam drama-drama penuh konflik. Hal ini tentu akan membuatmu merasa tidak nyaman dalam bersikap.

2. Membuatmu selalu merasa salah

5 Tanda Kamu Sedang Berada dalam Toxic Friendship di Tempat Kerjailustrasi pria sedang stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang memang wajar bila melakukan suatu kesalahan, namun hal yang tidak wajar adalah ketika kamu seakan selalu dicap salah. Tentunya tidak ada orang yang ingin mengalami hal semacam ini.

Ciri-ciri toxic friendship di tempat kerja dapat kamu lihat dari bagaimana mereka memperlakukanmu. Jika kamu seolah dibuat seakan-akan yang paling salah, hal ini bisa jadi tanda bahwa pertemananmu tidak sehat.

Baca Juga: Panen Hujatan! 10 Artis yang Serba Salah di Mata Warganet

3. Memanfaatkanmu atas pekerjaan yang dilakukan

5 Tanda Kamu Sedang Berada dalam Toxic Friendship di Tempat KerjaIlustrasi pusing dalam bekerja (Unsplash/Tim Gouw)

Kamu tentunya pasti mengakui bahwa bekerja itu tidak mudah dan sangat melelahkan. Ada banyak proses yang harus dipersiapkan untuk tujuan bekerja.

Hal yang disayangkan adalah ketika kamu merasa seolah-olah dimanfaatkan atas pekerjaan yang kamu lakukan. Contoh seperti ini justru akan menunjukkan bahwa teman-teman di sekitarmu merupakan bagian dari toxic friendship.

4. Terlalu banyak memberi kritik yang tidak membangun

5 Tanda Kamu Sedang Berada dalam Toxic Friendship di Tempat KerjaIlustrasi dua sahabat bertengkar (Pexels/Liza Summer)

Mengkritik seseorang memang merupakan hal yang sangat wajar dilakukan. Tujuan dari hal ini biasanya untuk membantu seseorang dalam memperbaiki kekurangannya.

Hal yang keliru adalah ketika kamu terus menerus menerima kritik, namun tidak membangun sama sekali. Hal yang justru terjadi adalah kamu merasa seakan disalahkan dan dicap tidak baik.

5. Semua hal tentang dirimu akan ditiru

5 Tanda Kamu Sedang Berada dalam Toxic Friendship di Tempat KerjaIlustrasi pesta di kantor (Pexels/RODNAE Productions)

Kamu tentunya memiliki keunikan yang tidak dapat disamakan dengan orang lain. Keunikan inilah yang seakan memberikanmu tanda tersendiri sehingga terlihat berbeda dan menarik di tempat kerja.

Salah satu tanda toxic friendship terletak pada kebiasaan orang-orang di sekitar yang justru gemar meniru seseorang, termasuk dirimu. Hal ini tentu bisa membuatnu merasa tidak nyaman atas apa yang dilakukannya.

 

Pastinya tidak ada orang yang ingin terlibat dalam toxic friendship yang dapat menimbulkan ketidak nyamanan. Jika kamu berada dalam hubungan seperti, harus cepat memgambil sikap, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Atasan Toxic, Hobi Bully dan Kamu Harus Hati-hati, ya!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya