Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Memahami Ilmu saat Belajar Langsung dengan Mentor Ahlinya

Bisa menjadi modal besar untuk masa depan kariermu

Untuk menjadi sosok yang sukses dalam bidang bisnis atau pekerjaan apa pun memang tidaklah mudah. Kamu memerlukan banyak hal yang perlu dipersiapkan, termasuk ilmu dan mentor yang tepat.

Banyak orang yang belajar langsung pada mentor yang tepat untuk membangun suatu usaha. Melalui hal tersebut, nantinya ilmu dapat terserap dengan baik sehingga dapat dipraktikkan secara langsung. Jika kamu ingin belajar mengenai bisnis atau pekerjaan pada mentor yang tepat, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar ilmunya dapat terserap dengan baik.

1. Pastikan diri siap untuk menerima ilmu baru

5 Tips Ampuh Memahami Ilmu saat Belajar Langsung dengan Mentor AhlinyaIlustrasi bekerja dengan laptop (Pexels/RODNAE Productions)

Sebelum memulai konsultasi langsung dengan mentor, kamu harus dapat mempersiapkan dirimu terlebih dahulu untuk menerima ilmu baru. Dengan mempersiapkan diri, kamu dapat mempraktikkan segala ilmu tersebut dengan maksimal.

Kamu dapat mencoba mencari tahu hal-hal dasar terlebih dahulu agar nantinya tidak benar-benar clueless pada saat belajar langsung dengan mentor. Pastikan kamu memiliki niat yang kuat sehingga siap untuk menerima ilmu baru.

2. Dengarkan secara saksama tanpa interupsi

5 Tips Ampuh Memahami Ilmu saat Belajar Langsung dengan Mentor AhlinyaIlustrasi suasana mentoring (Pexels/RODNAE Productions)

Segala hal yang dijabarkan oleh mentor megenai bisnis ataupun pekerjaan merupakan ilmu yang perlu kamu perhatikan. Kamu dapat mengambil kesempatan tersebut dengan mendengarnya secara saksama.

Hindari kebiasaan menginterupsi jika memang tidak dalam konteks yang penting. Hal ini untuk menjaga ilmu tersebut dapat dipahami dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Academic Burnout, Jangan Belajar Terus!

3. Jangan malu untuk bertanya

5 Tips Ampuh Memahami Ilmu saat Belajar Langsung dengan Mentor AhlinyaIlustrasi suasana mentoring (Pexels/RODNAE Productions)

Ketika kamu memutuskan untuk belajar langsung pada ahlinya, artinya kamu memiliki banyak pertanyaan yang belum terjawab. Kesempatan inilah yang harusnya dapat kamu maksimalkan dengan baik.

Jangan sampai kamu justru malu dalam mengajukan pertanyaan. Hal ini hanya akan membuatmu sulit dalam memperoleh ilmu yang bermanfaat ke depannya.

4. Selalu meminta saran untuk dirimu ke depannya

5 Tips Ampuh Memahami Ilmu saat Belajar Langsung dengan Mentor AhlinyaIlustrasi dua rekan kerja (Pexels/Alexander Suhorucov)

Seorang mentor tidak hanya dapat kamu jadikan sumber informasi dan ilmu untuk menjalankan suatu bisnis atau pekerjaan. Namun, mentor juga dapat dijadikan sosok terbaik untuk memberikanmu kritik dan saran.

Hal ini berlaku bila kamu sedang menjalankan suatu bisnis sehingga memerlukan saran atau kritik membangun untuk keberlangsungan usaha tersebut. Cara ini tentu dapat membuatmu semakin menyajikan produk atau jasa yang lebih maksimal ke depannya.

5. Mencatat hal-hal penting jika diperlukan

5 Tips Ampuh Memahami Ilmu saat Belajar Langsung dengan Mentor AhlinyaIlustrasi mentor perusahaan (Pexels/Sora Shimazaki)

Kamu mungkin berpikir bahwa segala hal yang didengar dari mentor dapat dipahami. Namun, sering kali banyak orang yang menyepelekan catatan saat sedang belajar dengan mentor.

Kamu juga perlu untuk mencatat beragam hal-hal penting jika memang diperlukan. Hal ini dapat membuatmu untuk kembali mengulasnya kembali setelah sesi diskusi selesai.

 

Melalui cara-cara di atas tentunya kamu jadi lebih siap dalam memperoleh ilmu baru bersama mentor yang tepat. Jangan lelah dalam belajar, ya!

Baca Juga: 5 Cooking Show bagi Pemula yang Ingin Belajar Masakan Western

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya