Comscore Tracker

5 Tips Kerja Cerdas untuk Hilangkan Kebiasaan Buruk yang Sepele

Anti lembur kalau sistem bekerjanya seperti ini

Semua orang memang memiliki gaya tersendiri yang berkaitan dengan pekerjaannya. Hal ini tentunya membuat gaya bekerja antara satu orang dengan orang lainnya jelas berbeda.

Terkadang tak semua orang juga memiliki kebiasaan yang baik dalam bekerja. Ada pula orang yang memiliki kebiasaan sepele yang buruk untuk bekerja, sehingga tidak bisa bekerja dengan cerdas. Untuk menghindari dampak buruk dari kebiasaan sepele tersebut, kamu dapat bekerja dengan beberapa tips kerja cerdas yang berikut ini.

1. Anti menunda pekerjaan

5 Tips Kerja Cerdas untuk Hilangkan Kebiasaan Buruk yang SepeleIlustrasi pria yang sedang bekerja sambil menelepon (Pexels/MART PRODUCTION)

Menunda pekerjaan adalah hal yang sangat tidak disarankan dalam bekerja. Kebiasaan buruk ini rasanya pasti pernah dilakukan oleh banyak orang.

Kadang kala justru kebiasaan menunda pekerjaan ini menjadi hal yang disenangi, sehingga berdampak tidak baik pada kinerja yang ada. Oleh sebab itu, kamu harus berprinsip untuk anti menunda pekerjaan.

2. Memanfaatkan waktu seefektif mungkin

5 Tips Kerja Cerdas untuk Hilangkan Kebiasaan Buruk yang SepeleIlustrasi melihat jam tangan (Pexels/Brett Sayles)

Setiap pekerjaan memiliki durasinya yang berbeda-beda. Kadang kala memang sulit mengatur waktu secara tepat apabila beban pekerjaan yang dilakukan pun tidak lah ringan.

Untuk mensiasati hal tersebut tentunya kamu harus dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Cobalah untuk tidak sampai mengulur waktu agar pekerjaan yang dilakukan tidak berjalan berantakan.

3. Memiliki manajemen prioritas yang baik

5 Tips Kerja Cerdas untuk Hilangkan Kebiasaan Buruk yang SepeleIlustrasi pria sedang di rumah (Pexels/SHVETS production)

Kamu tentunya memahami pekerjaan seperti apa yang harus kamu lakukan. Hal ini berkaitan dengan proses pekerjaan yang perlu dilakukan.

Untuk menghindari kebiasaan buruk dalam melakukan pekerjaan, maka kamu harus berusaha untuk bekerja secara cerdas. Caranya adalah dengan melakukan manajemen prioritas mengenai pekerjaan sebaik mungkin.

Baca Juga: 5 Tips Produktif Tanpa Harus buat Dirimu Tertekan, Kerja Cerdas!

4. Memahami kultur bekerja yang ada di perusahaan

5 Tips Kerja Cerdas untuk Hilangkan Kebiasaan Buruk yang SepeleIlustrasi kelompok bekerja (Pexels/Christina Morillo)

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam bekerja, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu mengenai kultur bekerja di perusahaanmu. Hal ini dapat sangat berpengaruh dengan hasil kinerja yang diberikan.

Melalui pemahaman kultur bekerja yang ada, maka kamu dapat melakukan pekerjaan dengan cara yang tepat. Dengan demikian, kamu pun bisa tetap bekerja dengan cerdas tanpa khawatir adanya kebiasaan sepele yang menganggu kinerja.

5. Tidak menggampangkan semua pekerjaan

5 Tips Kerja Cerdas untuk Hilangkan Kebiasaan Buruk yang SepeleIlustrasi wanita sedang bekerja (Pexels/Burst)

Setiap pekerjaan tentu saja memiliki bebannya tersendiri. Hal ini juga berkaitan dengan jenis pekerjaan apa yang kamu lebih pahami dan kuasai.

Untuk mencegah adanya kekeliruan dalam bekerja, maka kamu harus dapat melakukannya secara cerdas. Caranya adalah dengan melakukan semua pekerjaan dengan tepat dan tidak mudah menggampangkan semua pekerjaan begitu saja.

Dalam melakukan setiap pekerjaan yang ada tentunya harus melalui cara yang cerdas. Hal ini dapat dengan efektif mengusir kebiasaan sepele yang buruk, sehingga dapat memengaruhi gaya bekerjamu. Pastikan etos kerja tetap terjaga, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya