Comscore Tracker

5 Tips Membimbing Pegawai Baru di Kantor, Jangan Langsung Jutek!

Proses adaptasi setiap pegawai baru mungkin akan berbeda

Bekerja dalam suatu instansi perusahaan tidak melulu harus terhubung dengan para pegawai senior. Kadang kala kamu juga harus dapat beradaptasi dengan bekerja bersama para pegawai baru.

Hal ini terkadang terasa rumit apabila kamu juga diminta untuk membimbing para pegawai baru di kantor. Sering kali bukan menjadi hal yang mudah jika diharuskan membimbing para pegawai baru.

Untuk mensiasati hal tersebut, maka kamu dapat menerapkan beberapa hal berikut ini jika ingin membimbing para pegawai baru.

1. Menyambutnya dengan baik dan ramah

5 Tips Membimbing Pegawai Baru di Kantor, Jangan Langsung Jutek!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/@Yan-Krukov)

Cara yang pertama adalah dengan menyambut para pegawai baru dengan baik dan ramah. Tentu bukan hal mudah jika harus bekerja di tempat yang baru, apalagi dengan orang-orang yang belum dikenalnya.

Dengan mencoba menyambutnya dengan baik dan ramah, maka akan sangat membantu untuk membuatnya nyaman saat di kantor. Tentu cara tersebut juga dapat meningkatkan semangat bekerjanya.

2. Menjelaskan secara umum mengenai job desc

5 Tips Membimbing Pegawai Baru di Kantor, Jangan Langsung Jutek!ilustrasi bekerja (pexels.com/@Anna_Shvets)

Hari pertama bekerja tidak lah selalu mulus bagi para pegawai baru. Ada banyak hal yang harus siap dihadapi dan dipahami, termasuk pengenalan terkait job desc.

Kamu tentu dapat mengambil langkah untuk mencoba menjelaskan secara umum mengenai job desc yang memang diperlukan. Cara tersebut akan membantu para pegawai baru untuk dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Jutek pada Pegawai Baru, Mau Coba?

3. Membiarkan pegawai baru untuk mencoba dan mengatasi persoalan sendiri

5 Tips Membimbing Pegawai Baru di Kantor, Jangan Langsung Jutek!ilustrasi eksplor kemampuan diri (pexels.com/@Armin-Rimoldi)

Jika harus terus menerus dibantu, maka justru para pegawai baru tak akan dapat bekerja dengan baik. Kadang kala kamu tetap harus memberikannya kesempatan untuk mencoba pekerjaan tersebut dengan kemampuan sendiri.

Tak hanya itu saja, persoalan yang mungkin terjadi selama proses bekerja juga dapat diselesaikan sendiri. Kamu dapat memantau bagaimana kemampuan problem solving yang dimilikinya.

4. Harus sabar apabila mengalami kesulitan

5 Tips Membimbing Pegawai Baru di Kantor, Jangan Langsung Jutek!ilustrasi mengobrol (pexels.com/@nappy)

Tidaklah mudah dalam mendampingi para pegawai baru yang mulai bekerja di hari pertama. Hal ini semakin sulit bila para pegawai baru memiliki karakter yang kurang baik.

Tentunya cara terbaik untuk mensiasati hal tersebut adalah dengan tetap bersabar bila mengalami kesulitan dalam proses pembimbingan. Jika memang persoalannya serius, maka langsung saja terus kan pada bagian khusus di kantor.

5. Ciptakan suasana kerja yang nyaman dengan atmosfer menyenangkan

5 Tips Membimbing Pegawai Baru di Kantor, Jangan Langsung Jutek!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/@Pavel_Danilyuk)

Kamu yang sudah berpengalaman bekerja tentu memahami seberapa pentingnya atmosfer kantor yang diperlukan. Jika atmosfer kerja tidak nyaman, maka sulit untuk dapat bekerja dengan fokus.

Tentu penting adanya untuk turut menciptakan suasana kerja yang nyaman, apalagi dengan atmosfer kantor yang menyenangkan. Motivasi kerja pun tetap terjaga dengan baik dari para pegawai baru.

Proses membimbing para pegawai baru memang tidak mudah. Namun dengan cara-cara yang tepat, maka akan dapat dilakukan secara baik dan maksimal. Jangan langsung jutek dan emosi saat membimbing mereka ya.

 

Baca Juga: 5 Alasan Gak Boleh Menjelek-jelekkan Kantor Lama, Kamu yang Rugi!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya