Comscore Tracker

5 Tips Memperoleh Karier Baik untuk Kamu yang Minim Pengalaman, Catat!

Jangan langsung berputus asa dengan rencana karier, ya!

Siapa yang tidak ingin memperoleh karier yang baik di masa depan? Rasanya semua orang tentu memiliki harapan yang sama agar dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan harapan meski pada realitasnya tidak selalu berjalan dengan mudah.

Terkadang ada banyak orang yang kesulitan untuk memperoleh karier sebab terkendala pengalaman. Walau begitu, kamu tetap dapat memperoleh karier yang baik meski minim pengalaman dengan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Memiliki semangat dan dedikasi yang tinggi untuk bekerja

5 Tips Memperoleh Karier Baik untuk Kamu yang Minim Pengalaman, Catat!ilustrasi bekerja (unsplash.com/@christinhumephoto)

Hal pertama yang mungkin akan diperhatikan adalah mengenai semangat dalam bekerja. Bukan hanya mengenai semangat, dedikasi juga akan dipertimbangkan apabila kamu ingin memperoleh karier yang baik.

Meskipun kamu masih minim pengalaman, semangat dan dedikasi justru dapat mendorong prestasi kerjamu. Hal inilah yang membuat dua hal tersebut bisa menjadi bekal penting untuk kamu miliki dalam berkarier.

2. Rajin dan mau untuk terus belajar

5 Tips Memperoleh Karier Baik untuk Kamu yang Minim Pengalaman, Catat!ilustrasi karier (unsplash.com/@linkedinsalesnavigator)

Kadang kala memang tidak mudah untuk dapat memperoleh pengalaman yang banyak. Namun, bukan berarti kamu jadi berkecil hati untuk dapat mencapai potensi karier yang sukses.

Selama kamu memiliki keinginan dan rajin untuk terus belajar, pengalaman tersebut akan diperoleh secara perlahan. Hal terpenting adalah dengan menguatkan niat yang kuat sehingga mampu dalam mempelajari banyak hal baru.

Baca Juga: 5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!

3. Tak ragu menunjukan kontribusi dalam pekerjaan

5 Tips Memperoleh Karier Baik untuk Kamu yang Minim Pengalaman, Catat!ilustrasi circle di kantor (pexels.com/@RODNAE_Productions)

Memperoleh pekerjaan meski minim pengalaman tentu menjadi salah satu hal yang harus kamu syukuri. Selain itu, kamu juga tentu harus memberikan usaha yang ekstra untuk dapat membuktikan posisimu.

Salah satunya bisa dilakukan dengan cara menunjukkan kontribusi penting dalam setiap pekerjaannya. Meski kamu masih terhitung minim pengalaman, hal tersebut akan membuat potensi kariremu turut melejit.

4. Peroleh rekomendasi dari orang-orang terpercaya

5 Tips Memperoleh Karier Baik untuk Kamu yang Minim Pengalaman, Catat!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@campaign_creators)

Terkadang memang minim pengalaman membuat seseorang jadi mudah berkecil hati dalam berkarier. Padahal, sebetulnya ada banyak cara untuk dapat memperoleh posisi dalam pekerjaan sehingga mungkin dapat menjadi pertimbanganmu.

Salah satunya adalah dengan memperoleh rekomendasi dari orang-orang terpercaya, entah itu dosen atau atasan di tempat magangmu. Rekomendasi tersebut tentunya dapat sangat bermanfaat untuk meningkatkan potensi kariermu ke depannya.

5. Tunjukkan portofolio yang kamu miliki

5 Tips Memperoleh Karier Baik untuk Kamu yang Minim Pengalaman, Catat!ilustrasi bermain sosmed (unsplash.com/@luisviol)

Kamu mungkin merasa pengalaman yang dimiliki belumlah cukup, namun bukan berarti kamu juga tidak memiliki karya. Apalagi, jika kamu memang berfokus pada bidang tertentu seperti industri kreatif sehingga tentu hal ini bisa dimaksimalkan.

Salah satu caranya adalah dengan menunjukkan portofolio yang kamu miliki saat ini. Portofolio tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menunjang kariermu ke depannya.

 

Ternyata memang kamu tidak boleh langsung menyerah dengan pengalaman yang minim. Jadikan hal tersebut sebagai pembuktian bahwa kamu juga dapat memperoleh potensi yang maksimal dalam bekerja. Tunjukkan dedikasi, ya!

Baca Juga: 5 Tipe Time Management Skill, Ampuh Membantu Menunjang Karier!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya