Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Bikin Panas Hati, Jangan Terpancing!

Jangan sampai kamu salah tingkah menghadapinya

Pada setiap dunia kerja, tentunya persaingan adalah hal lumrah yang umum terjadi. Persaingan tersebut kadang kala menimbulkan perdebatan dan panas hati antar satu sama lain. Oleh sebab itu, kamu perlu cara yang tepat dalam menghadapi rekan kerja yang seperti itu. Dengan begitu, maka kamu tetap dapat tampil elegan dan tidak salah dalam bertingkah.

Apa saja tips dalam mengatasi rekan kerja yang seperti itu? Berikut lima tipsnya.

1. Pertahankan kualitas komunikasi

5 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Bikin Panas Hati, Jangan Terpancing!Unsplash/KOBU Agency

Komunikasi merupakan hal terpenting yang perlu dijaga kualitasnya selama menjalankan pekerjaan di kantor. Dengan kualitas komunikasi yang baik, maka segala bentuk kesalah pahaman dapat terselesaikan dengan baik. Kamu juga tak perlu berdebat secara berlebihan apabila menemukan permasalahan di sana dengan rekan kerja.

2. Biasakan menjadi pendengar

5 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Bikin Panas Hati, Jangan Terpancing!Unsplash/LagosTechie

Memiliki perbedaan dalam pendapat adalah hal yang wajar. Kadang kala kamu hanya perlu mempersiapkan telinga untuk mendengar dari pada ikut berbicara, namun justru berakhir dengan perdebatan. Cukup dengarkan saja setiap keluhan, tapi jangan dimasukan ke dalam hati.

Baca Juga: Kalau Rekan Kerja & Kamu Punya 7 Ciri Ini, Jaga Baik-baik Hubunganmu!

3. Tetap tenang dalam bersikap

5 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Bikin Panas Hati, Jangan Terpancing!Unsplash/LinkedIn Sales Navigator

Selama melakukan apapun di kantor, pastikan untuk selalu tetap tenang dalam bersikap. Bersikap berlebihan justru hanya akan membuatmu berada di bawah tekanan, apalagi dengan rekan kerja yang tak cocok. Ketenangan adalah kunci utama dalam menyikapi permasalahan secara lebih elegan.

4. Memiliki gestur tubuh baik

5 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Bikin Panas Hati, Jangan Terpancing!Unsplash/Brooke Cagle

Dalam bersikap, tak hanya ucapan yang menjadi penentu dalam memperoleh kualitas bekerja secara baik. Sejalan dengan hal tersebut, justru gestur tubuh juga termasuk hal yang diperlukan. Memperlihatkan gestur tubuh yang baik secara tak langsung memberikan cerminan mengenai diri sendiri. Oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki gestur tubuh yang juga baik, ya.

5. Fokus pada tujuan bersama

5 Tips Mengatasi Rekan Kerja yang Bikin Panas Hati, Jangan Terpancing!Unsplash/Priscilla Du Preez

Selama menjalankan setiap rencana memang kadang kala selalu tak sesuai dengan ekspektasi awal. Namun, hal tersebut tetap menjadi gambaran untukmu agar fokus dalam menjalani tujuan. Dengan fokus terhadap tujuan awal, maka setiap permasalahan yang ditemui tetap dapat terkendali dengan baik.

Meskipun sulit, namun rekan kerja seperti itu perlu cara tertentu dalam menghadapinya agar tetap tampak elegan. Kamu setuju?

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Kompetitif, Jangan Minder!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya