Comscore Tracker

Agar Bisnis Lancar, 5 Tips Memilih Rekan Kerja untuk Memulai Usaha

Rekan kerja juga dapat menentukan masa depan bisnis

Membuka suatu bisnis atau usaha baru tentu menjadi tantangan tersendiri bagi semua orang. Memilih rekan kerja tentu dapat menjadi penentu dari keberhasilan suatu usaha karena sekaligus menjadi poros roda bagi keberlangsungan bisnis.Hal ini tentu menjadi alasan mengapa banyak orang yang tak ingin sembarangan dalam merekrut seseorang dalam membuat lapangan bisnis. 

Jika kamu merupakan calon pengusaha baru, tentu kamu perlu memahami tips dan cara memilih rekan kerja yang tepat agar bisnis usahamu dijalankan oleh orang-orang yang tepat. Simak yuk! 

1. Paham akan bisnis yang dijalankan

Agar Bisnis Lancar, 5 Tips Memilih Rekan Kerja untuk Memulai UsahaUnsplash/Hunters Race

Hal yang satu ini seakan menjadi sesuatu yang paling dasar untuk kamu ketahui sebelum menentukan rekan kerja, ya. Meskipun kamu sudah lama mengenalnya, namun apabila ia tidak paham mengenai bisnis yang akan dijalankan, maka sebaiknya kamu perlu mempertimbangkan ulang hal tersebut. Pilihlah rekan kerja yang memang sudah familier dan paham akan bisnis yang akan dijalankan sehingga ke depannya apabila ada hal yang memerlukan solusi cepat, maka ia dapat membantu. 

2. Memiliki satu visi dan misi

Agar Bisnis Lancar, 5 Tips Memilih Rekan Kerja untuk Memulai UsahaUnsplash/Thomas Drouault

Percuma saja bila rekan kerjamu sangat pandai dalam bisnis yang akan dijalankan, namun justru visi dan misi dalam berbisnisnya bertolak belakang denganmu. Bukannya akan mendulang kesuksesan, justru usahamu dikhawatirkan akan rentan terhadang konflik internal. Oleh sebab itu, temukan rekan kerja yang memiliki visi dan misi yang sama sehingga usaha pun dapat dijalankan dengan semestinya.  

Baca Juga: Bingung Mau Bisnis Apa? 6 Tanda Passion Cocok Dijadikan Bisnis

3. Dapat dipercaya

Agar Bisnis Lancar, 5 Tips Memilih Rekan Kerja untuk Memulai UsahaUnsplash/Headway

Ketahuilah terlebih dahulu mengenai rekan bisnismu sebelum kamu memutuskan untuk mengajaknya dalam merintis sebuah bisnis. Kunci dari suksesnya suatu usaha adalah kejujuran dan kepercayaan. Meski banyak orang yang mengatakan bahwa mencari orang jujur pada saat ini sangat sulit, namun bukan berarti tidak ada, ya.

Temukan rekan kerja yang dapat dipercaya dan jujur dalam bekerja sehingga kamu dapat menjalankan usaha bersamanya dengan tenang tanpa perlu khawatir akan hal-hal lain. 

4. Paham akan hak dan kewajiban

Agar Bisnis Lancar, 5 Tips Memilih Rekan Kerja untuk Memulai UsahaUnsplash/Austin Distel

Meskipun mungkin kamu telah menemukan sosok rekan kerja yang handal pada bidangnya dan telah lama kamu kenal, bukan berarti kamu dapat fleksibel dalam hal berbisnis, ya. Tetap ikuti aturan yang ada dengan membuat perjanjian yang jelas antara kamu dan rekan kerja, sehingga satu sama lain dapat mengetahui akan hak dan kewajiban masing-masing yang harus ditunaikan. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting diingat guna menjaga keberlangsungan usaha yang dijalankan. 

5. Carilah rekan kerja yang gemar berdebat secara sehat

Agar Bisnis Lancar, 5 Tips Memilih Rekan Kerja untuk Memulai UsahaUnsplash/Nik MacMillan

Temukan rekan kerja yang memiliki pemikiran kritis dan tanggap akan hal-hal berbisnis. Seseorang dengan tipe seperti itu cenderung akan gemar berdebat mengenai suatu hal, namun bukan berarti debat kusir, melainkan debat secara sehat. Melalui perdebatan itu nantinya akan muncul ide-ide terbaru dari perspektif masing-masing yang akan membantu dalam keberlangsungan usaha dan bisnis. 

Nah, sebab berbisnis bukan lah hal yang sederhana dan mudah, maka kamu perlu pertimbangan yang tepat dalam memilih rekan kerja, ya. Catat dan pahami, ya! 

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya