Comscore Tracker

Sering Merasa Malas? 5 Cara Ini Bisa Membangkitkan Etos Kerjamu

Jangan mau menetap di zona nyaman terus!

Setiap orang wajib bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya masing-masing. Dengan bekerja pula, maka kita akan mendapatkan sokongan materi guna menghidupi keluarga.

Namun, pada masyarakat sekarang terkadang etos kerja bukanlah sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Banyak yang merasa bahwa bekerja hanya sebatas aktivitas monoton untuk mencari uang tanpa melihat kepada hal positif dan hikmah yang didapat saat bekerja.

Untuk para millennial muda yang masih sangat berpotensi untuk menjadi generasi kompeten di masa depan, 5 cara ini bisa kamu lakukan untuk membangkitkan etos kerja lho! Mari simak!

1. Menemukan motivasi utamamu dalam bekerja

Sering Merasa Malas? 5 Cara Ini Bisa Membangkitkan Etos KerjamuPexels/bruce mars

Melakukan usaha tanpa ada niat maka akan sia-sia. Sama halnya bekerja tanpa memiliki motivasi, maka tidak akan berkembang sama sekali, yang ada hanyalah keluh kesah karena melakukan aktivitas yang tidak disukai.

Hal utama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan motivasi utamamu dalam bekerja. Bagi sebagian orang tentunya motivasi utama mereka dalam bekerja adalah keluarga. Ketika mengingat keluarga maka etos kerja seseorang bisa naik dengan pesat dalam sesaat.

2. Bekerjalah dengan hati

Sering Merasa Malas? 5 Cara Ini Bisa Membangkitkan Etos KerjamuPexels/bruce mars

Banyak orang yang merasa terbebani dengan pekerjaannya sehingga tidak dapat menikmati proses bekerja dan hanya mendapatkan lelah saja. Hal yang dapat diatasi dari persoalan di atas adalah bagaimana seseorang harus mampu bekerja dengan hati sehingga segala sesuatu yang mereka lakukan dapat dikerjakan secara ikhlas dan mudah.

Apabila sudah seperti itu maka segala pekerjaan tidak akan membuatmu lelah atau pusing karena semuanya dikerjakan dengan hati.

Baca Juga: Gak Usah Panik Kalau Karir Gak Sesuai Jurusan, Asal Punya 6 Hal Ini

3. Temukan role model-mu dalam bekerja

Sering Merasa Malas? 5 Cara Ini Bisa Membangkitkan Etos KerjamuPexels/rawpixel.com

Bagi sebagian orang memiliki role model tersendiri dalam bekerja bisa menjadi acuan semangat bagi seseorang untuk mampu bekerja secara maksimal dengan memanfaatkan etos kerjanya yang baik.

Mungkin banyak orang yang menjadikan para penguasaha sukses sebagai role model sehingga akan tercipta semangat dan keinginan untuk menjadi seperti mereka dengan mengikuti jejaknya.

4. Diskusikan setiap permasalahan dalam pekerjaan dengan orang yang lebih paham

Sering Merasa Malas? 5 Cara Ini Bisa Membangkitkan Etos KerjamuPexels/Helena Lopes

Tidak mungkin dalam bekerja akan selalu mulus tanpa hambatan meski hanya berupa hambatan kecil yang tidak terlalu berarti. Jangan terlalu mudah mengambil sebuah keputusan dalam perkejaan tanpa dipikirkan secara matang terlebih dahulu.

Kamu dapat menemukan seseorang yang handal dalam bidangnya dan berdiskusilah perihal masalah yang kamu miliki sehingga kamu akan menemukan banyak jawaban untuk menjadi referensi bagimu dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam pekerjaan.

5. Berlibur untuk menenangkan pikiran

Sering Merasa Malas? 5 Cara Ini Bisa Membangkitkan Etos KerjamuPexels/rawpixel.com

Jangan hanya terfokus untuk bekerja dan bekerja tanpa memiliki waktu senggang bagi diri sendiri. Etos kerja seseorang dapat ditingkatkan dengan cara berlibur dan mamanjakan diri. Hal ini dikarenakan seseorang akan memiliki pikiran yang segar dan lebih siap untuk memulai aktivitas bekerja secara produktif.

Jangan lupa untuk menuliskan liburan ke dalam list wajibmu setiap minggu, bulan, atau tahunnya sehingga kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk menyegarkan pikiranmu dari kerumitan pekerjaan.

Itulah cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan etos kerjamu sehingga semangat dalam bekerja secara baik dan produktif dapat terwujud. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 8 Kebiasaan di Akhir Minggu ini Jadi Penyebab Kamu Capek di Hari Kerja

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Mahasiswa yang ingin produktif. Mari berteman antar Writer di ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You