Comscore Tracker

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!

Foto yang tepat bisa membuat kamu lebih dilirik recruiter!

Foto profilmu di situs pencarian kerja merupakan bagian dari first impression bagi para perekrut. Ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan untuk bisa memilih foto yang tepat, seperti 9 poin di bawah ini nih. Simak ya!

1. Pilih background foto yang netral

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!unsplash.com/@bantersnaps

Latar foto yang terlalu ramai akan mendistraksi perhatian orang yang melihat fotomu. Karena itu, pilih background yang netral sehingga kamu menjadi fokus atau focal point dari foto tersebut.

Kamu bisa memilih tembok bercat putih, abu-abu atau biru. Atau, bisa juga memakai latar wallpaper gambar kayu atau batu-bata.

2. Kenakan outfit formal yang akan kamu pakai saat kerja

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!pexels.com/Moose Photos

Pemilihan busana juga penting untuk foto profilmu, lho! Kalau kamu akan bekerja di sektor formal, pilihlah baju dengan nuansa formal juga seperti suit and tie. Atau, kalau kamu bekerja sebagai digital designer, kamu bisa pilih outfit yang memperlihatkan style pribadimu.

Pikirkan baik-baik apakah pilihan baju tersebut akan pantas untuk kamu kenakan di lingkungan kerja, baik saat bekerja di kantor atau meeting dengan bos atau klien.

3. Pilih ekspresi wajah terbaikmu!

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!pexels.com/Christina Morillo

Dikutip dari Business.linkedin, ada penelitian yang menunjukkan kalau lebih dari 800 foto profil di LinkedIn yang lebih disukai adalah mereka yang menunjukkan ekspresi yang ramah dengan tersenyum. Terlebih lagi jika mereka tersenyum dengan menunjukkan gigi.

Tapi, gak perlu terpaku dengan itu! Pilihlah ekspresi wajah yang membuatmu merasa nyaman dan relaks. Jadi, tersenyumlah dengan tulus dan buat kontak mata dengan kamera agar orang yang melihat fotomu akan lebih tertarik.

4. Jangan kebanyakan pakai filter foto!

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!pexels.com/Christina Morillo

Keinginan untuk tampil flawless di foto memang gak bisa dihindari! Tapi, ketika memilih foto yang akan digunakan untuk keperluan formal, ada baiknya kamu gak terlalu berlebihan dalam mengeditnya ya!

Perbaiki hal-hal minor di fotomu seperti brightness, contrast, atau saturation sehingga fotomu akan lebih bagus kualitasnya. Tapi, jangan memakai filter foto yang akan mengubah tampilan wajahmu secara drastis karena itu akan membuatmu terlihat kurang profesional.

Baca Juga: 5 Tips Cari Kerja di Tengah Wabah Virus Corona, Gak Perlu Waswas

5. Pakai foto terbaru

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!pexels.com/Christina Morillo

Pastikan kalau foto yang akan kamu gunakan adalah foto yang sudah up to date atau diambil dalam waktu dekat. Jangan pakai foto yang sudah terlalu lama dan menunjukkan adanya perubahan dalam dirimu, seperti warna rambut dan sebagainya.

6. Pakai foto sendiri, jangan pakai foto berkelompok!

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!pexels.com/mentatdgt

Poin ini penting banget untuk menunjukkan keseriusanmu. Jadi, walau pun kamu sangat menyukai group photo yang kamu miliki, ada baiknya ambil foto sendiri yang terlihat proper, ya!

Kamu harus menonjolkan dirimu dan menunjukkan potensi terbaik dari dirimu di dalam foto profil.

7. Gunakan foto dengan resolusi tinggi

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!pexels.com/@fauxels

Ukuran yang ideal untuk foto profil LinkedIn adalah 400 x 400 pixels. Semakin besar ukurannya biasanya kualitas fotonya akan semakin bagus. Jadi, baiknya kamu hindari foto dengan ukuran dan resolusi yang rendah ya! Supaya profilmu juga akan terlihat bagus tanpa foto profil yang pecah.

8. Pilih foto yang terfokus pada wajahmu

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!Instagram.com/mario_houses

Untuk membuat impresi yang baik pada foto profilmu, tunjukkan siapa dirimu dengan memilih foto yang berfokus pada wajahmu. Usahakan pilih foto yang fokus pada 60 persen wajahmu di frame. Atau, pilih foto portrait yang menunjukkan ujung kepala sampai ke dada.

Jangan gunakan aksesoris yang distracting, seperti topi dengan warna yang mencolok atau kacamata dengan bentuk yang unik.

9. Berpose dengan sederhana dan simpel

Tips Pasang Foto di LinkedIn yang Bagus dan Profesional, Penting Nih!ml4t.org

Agar tampak rapi dan profesional, pilih foto profil dengan pose yang sederhana. Gak perlu pusing memikirkan pose, semakin simpel justru semakin bagus untukmu!

Itu dia 9 tips penting untuk memilih foto profil di LinkedIn. Semoga membantu ya!

Baca Juga: Susah Dapat Kerja? Ikuti 5 Tips Jitu Memaksimalkan LinkedIn Kamu

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya